√ Perusahaan Dagang : Pengertian, Jenis, Ciri, Syarat, Contoh

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel mengenai Perusahaan Dagang, yuk disimak ulasannya berikut ini : Perusahaan Dagang


Pengertian Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatannya ialah membeli, menyimpan serta menjual kembali barang-barang dagang dan tidak memberi nilai tambah terhadapnya. peristiwa ini nilai tambahnya ialah seperti mengolah serta mengubah sifat atau bentuk barang asli sedemikian rupa sehingga barang tersebut memiliki nilai jual yang tinggi.

Dalam operasionalnya, perusahaan dagang memproduksi pendapatan tetapi pendapatan yang didapatkan asalnya dari transaksi jual beli barang. Kegiatan utama perusahaan dagang ialah melakukan jual beli barang dagang yang berupa bahan baku, bahan setengah jadi atau barang jadi. Kecuali itu, barang yang di perjual belikan terdiri dari hasil pertanian, perkebunan, hutan dan barang hasil industri olahan atau manufaktur.


Jenis Jenis Perusahaan Dagang

Terdapat 2 (dua) jenis perusahaan dagang, berikut diantaranya

A. Berdasarkan Produk Yang Diperdayakan

1). Perusahaan Dagang Barang Produksi

Perusahaan Dagang Barang Produksi adalah perusahaan yang kegiatan dagangnya berupa produk bahan baku (raw material) untuk bahan dasar membuat produk atau alat-alat produksi berfungsi menghasilkan produk lain. Contohnya seperti kayu gelondongan dan mesin gergaji.


2). Perusahaan Dagang Barang Jadi

Perusahaan Dagang Barang Jadi adalah perusahaan yang kegiatan dagangnya berupa produk final (final good) yang telah siap dipakai untuk konsumsi manusia. Conrohnya seperti buku, sepatu, sendal, TV LED, Komputer, PC dll


B. Berdasarkan Macam Konsumen Yang Terlibat

1). Perusahaan Dagang Besar (Wholesaler)

Perusahaan Dagang Besar (Wholesaler) merupakan perusahaan yang kegiatannya melakukan pembelian produk dari pabrik dengan jumlah yang cukup besar secara langsung. Perusahaan tersebut kemudiam menjual barang tersebut ke beberapa pedagang dengan perantara yang volume penjualan yang lumayan besar. Misalnya grosir


2). Perusahaan Dagang Perantara (Middlemane)

Perusahaan Dagang Perantara (Middlemane) yaitu perusahaan yang melakukan pembelian dalam jumlah besar kemudian dijual kembali ke pengecer dalam jumlah yang sedang atau tidak banyak Misalnya perusahaan dagang besar ialah subgrosir.


3). Perusahaan Dagang Pengecer (Retailer)

Perusahaan Dagang Pengecer (Retailer) merupakan perusahaan yang memiliki hubungan langsung dengan konsumen yang mana konsumen dapat membeli secara eceran atau ketengan. Contohnya seperti warung, kios, minimarket, toserba, toko swalayan dan lain-lain.


Ciri Ciri Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang dapat dibedakan dari jenis lain dengan melihat karakteristik terutama yang melekat dalam sebuah perusahaan dagang. Ciri-ciri perusahaan dagang ialah sebagai berikut :

1). Bentuk Produk yang Diperjuabelikan

Dalam perusahaan dagang, produk yang dijual belikan adalah sebuah barang yang berujud (tangible) sehingga dapat diindra. Contohnya seperti mebel, pesawat radio, beras dan lain sebagianya. dan pada perusahaan jasa produk yang dijual belikan adalah jasa dengan ciri-ciri dari jasa merupakan tidak berwujud (intangilble).


2). Tidak Adanya sebuah Perubahan Bentuk atau Sifat dari Produk Yang Didagangkan

Aktivitas utama perusahaan dagang adalah membeli dan menjual barang dagang tanpa adanya perubahan atau menambah bentuk serta sifatnya.


3). Akun-Akun Khusus

Terdapat beberapa akun-akun khusus yang didapat perusahaan dagang, contohnya seperti pada akun harga pokok penjualan, persediaan barang dagang, potongan dan retur penjualan dan sebagainya.


4). Penghitungan Laba/Rugi

Pola penghitungan laba atau rugi perusahaan dagang berbeda dengan sebuah perusahaan jasa, sebab terdapat akun-akun khusus. Dalam sebuah perusahaan jasa, laba didapat dengan cara mengurangi pendapatan dengan beban.


Syarat Pembayaran Perusahaan Dagang

  1. N/30, ketentuan pembayaran tersebut dapat berarti bahwa pembayaran ditarik setidaknya 30 hari setelah pembelian barang dan tanpa diskon penjualan.
  2. 3/10, N/30, syarat pembayaran ini dapat berarti bahwa penjualan akan dikenakan diskon 3 persen jika pembayaran dilakukan dalam waktu tidak lebih dari 10 hari setelah pembelian. Penjualan tidak akan ditagih jika terjadi setelah 10 hari dari pembelian barang dan pembayaran barang berlangsung selambat-lambatnya 30 hari setelah pembelian barang.
  3. 3/7, 1/14, N/30, yang berarti bahwa persyaratan pembayaran tersebut adalah 3 persen diskon jika pembayaran diselesaikan 7 hari setelah pembelian, dan dikenakan diskon 1 persen jika pembayaran dilakukan setelah lebih dari 7 hari tetapi tidak lulus 14 hari setelah pembelian barang dagangan. Pembayaran juga akan dilakukan selambat-lambatnya 30 hari setelah pembelian.
  4. EOM (End of Month) persyaratan pembayaran ini berarti pembayaran dilakukan pada akhir bulan atau pada akhir periode pada bulan berjalan.

Tujuan Perusahaan Dagang

Untuk Maksimalkan profit yang akan dihasilkan. Profit atau profit adalah selisih antara jumlah yang diterima oleh perusahaan untuk penjualan barang atau jasa kepada pelanggan dari jumlah yang akan dibelanjakan dalam rangka untuk memproduksi dan menjual barang atau jasa.


Karakteristik Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang mempunyai tiga karakteristik, diantaranya :

  1. Kegiatan untuk pembelian barang, Penyimpanan dan penjualan kembali
  2. Tidak ada proses manufaktur barang yang dijual
  3. Manfaat dari penjualan-(pembelian + biaya operasional)

Macam Macam Transaksi Perusahaan Dagang

Macam Macam Transaksi Perusahaan Dagang yang sering terjadi :

  1. Pembelian barang dagan secara kredit
  2. Retur pembelian
  3. Potongan penjualan
  4. Pembelian barang dagang secara tunai
  5. Potongan pembelian
  6. Penjualan barang dagang secara kredit
  7. Beban angkut pembelian
  8. Penjualan barang dagang secara tunai
  9. Retur penjualan

Kegiatan Utama Perusahaan Dagang

Membeli dan Kemudian Menjual Kembali Barang yang sudah dibeli


Contoh Perusahaan Dagang

  • Toko bahan bangunan
  • Toko sembako
  • Toko peralatan tulis
  • Dealer motor

Contoh Akun Perusahaan Dagang

Berikut dibawah ini contoh akun perusahaan dagang, yaitu :

  • Akun pembelian

Akun yang mencatat pembelian barang yang memasuki perusahaan sebelum dijual kepada konsumen. Pembelian perusahaan selain pembelian barang tidak termasuk dalam akun ini.


  • Akun penjualan

Akun yang menyimpan semua aktivitas penjualan barang perusahaan kepada konsumen dan perantara. Sama seperti akun pembelian, tidak ada perusahaan penjualan pada akun penjualan di luar penjualan barang.


  • Akun inventaris

Bagian dari Departemen Akuntansi dari perusahaan perdagangan yang menyimpan data tentang kuantitas persediaan selama periode waktu.


  • Haraga Pokok Penjualan atau HPP

Harga dasar yang digunakan untuk menentukan harga pembelian barang yang akan dijual pada waktu tertentu dan dipengaruhi oleh harga pasar.


  • Akun Potongan Tunai

Rekening dialokasikan sebagai penggunaan diskon atau dikurangi harga yang disediakan oleh Penjual kepada konsumen, karena dibayar untuk barang secara langsung pada saat transaksi dengan uang tunai.


  • Akun Potongan Pembelian

Bagian dari perusahaan perdagangan akuntansi yang mencatat diskon yang diberikan oleh produsen ke perusahaan perdagangan karena telah membayar tunai atau secara penuh untuk jangka waktu tertentu.


  • Akun Iklan Penjualan

Akun tersebut digunakan untuk menyimpan dan menganalisa data tentang barang yang dijual kepada konsumen namun kembali ke perusahaan karena kondisinya yang tidak bersahabat atau salah dan tidak sesuai dengan pemesanan.


  • Beban Pemasaran

Beban ini digunakan untuk segala sesuatu yang ditanggung oleh perusahaan perdagangan untuk menjual pasokan ke tangan konsumen.


Contoh Transaksi Perusahaan Dagang dengan Syarat Penyerahan Barang dan Syarat Pembayaran

Maret 15Dibeli barang dagang dengan harga Rp. 6.600.000,- dari PT. Work at Home, dengan syarat 2/10 n/30 faktur nomor 019. Jasa angkut barang Rp. 350.000,-FOB Shipping Point.
Maret 18Dijual barang dagang Rp. 8.000.000,-kepada PK Sotware House faktur nomor 008 syarat EOM
Maret 19Diteruma lagi barang dagang yang sudah dijual tanggal 15 maret lalu dengan harga Rp.1.000.000,-karena bahan tidak sesuai dengan pesanan.
Matert 21Dilunasi Faktur pembelian Nomor 019 tanggal 15 maret yang lalu atas PT. Work at Home.
Maret 23Diterima pelunasan Faktur Nomor 008 dari PK Sotware House tanggal 18 Maret yang lalu.

Demikianlah artikel tentang √ Perusahaan Dagang : Pengertian, Jenis, Ciri, Syarat, Contoh dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √Jaringan Epitel Adalah

Lihat Juga:   Materi Sepak Bola

Lihat Juga:   Alat Musik Tradisional Indonesia

Lihat Juga:   √Arti Golongan Darah