Propaganda Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Propaganda Adalah : Pengertian, Jenis, Ciri, Contoh ( LENGKAP ), yuk mari kita bahas sama-sama dibawah ini :

Propaganda-adalah


Pengertian Propaganda

Propaganda adalah bentuk komunikasi dalam bentuk seni permainan kata-kata yang digunakan oleh kelompok terorganisir dengan tujuan menciptakan partisipasi aktif atau pasif untuk memberikan kebenaran sesuai dengan versi propagandis menggunakan cara persuasif untuk mengubah atau mempengaruhi opini, sikap dan perilaku masyarakat atau target massa, atau memperkenalkan hal-hal baru.

Istilah propaganda berasal dari bahasa neo-Latin, yaitu propagandus atau propagare yang berarti menyebarkan, mengembangkan, atau memekarkan. Kata propaganda pertama kali muncul dalam tulisan-tulisan CONGREGATIO DE PROPAGANDA FIDE pada tahun 1622 ketika Paus Gregory XV mendirikan sebuah organisasi yang bertujuan memekarkan dan mengembangkan Katolik Roma di Italia dan negara-negara lain.

Pengertian Propaganda Menurut Ahli

  1. Menurut Drs. R.A Santoso Sastropoetro

    Propaganda adalah penyebaran pesan yang telah direncanakan dengan hati-hati sebelumnya untuk mengubah sikap, sudut pandang, pendapat dan perilaku penerima komunikasi sesuai dengan pola yang ditentukan oleh komunikator.


Jenis-Jenis Propaganda

Berikut dibawah ini merupakan jenis jenis dari propaganda, yaitu :

  1. White Propaganda

    Ini adalah semacam propaganda yang dikenal sebagai kesahihan dan ketetapan cerita atau berita yang akan disampaikan. Jenis propaganda ini umumnya melalui saluran yang dimonopoli oleh pemerintah. Setiap informasi akan memberi manfaat dan menggarisbawahi kebaikan pemerintah.

  2. Black Propaganda

    Semacam propaganda tertutup atau tersembunyi, jenis propaganda ini menyediakan sumber informasi yang salah atau tidak benar. Penyebar propaganda ini juga akan menyebarkan informasi palsu dan memberikan kesan yang salah kepada orang tertuduh atau Negara yang dituduh.

  3. Grey Propaganda

    Merupakan jenis propaganda yang kurang tepat terhadap informasi atau berita yang disebarluaskan, jenis propaganda ini umumnya tidak diketahui oleh penyebar yang menyebarkan informasi tersebut. Ketika informasi disebarluaskan, kita jarang tahu identitas maklumat. Jenis propaganda ini juga merupakan kebiasaannya untuk menolak kekejaman yang dilakukan oleh orang yang berkuasa besar.

  4. Rasio Propaganda

    Merupakan sejenis propaganda positif, jenis propaganda ini lebih mengarah pada perpadua dan menciptakan nama baik. Selain itu, mempromosikan ikatan persahabatan dan meningkatkan moral sesuatu yang disebarkan.


Metode Propaganda

Berikut dibawah ini metode dari propaganda, yaitu :

  1. Metode Koersif

    Sebuah Komunikasi yang denga cara menimbulkan rasa takut bagi komunikan supaya secara tidak sadar bertindak sesuai dengan keinginan komunikator.

  2. Metode Persuasif

    Sebuah komunikasi yang menciptakan perasaan ingin melakukan dengan sukarela untuk komunikan sehingga ia dapat secara tidak sadar bertindak segera sesuai dengan keinginan komunikator.

  3. Metode Pervasif

    Sebuah komunikasi melalui penyebaran pesan dan dilakukan terus menerus atau berulang kali kepada komunikan sehingga meniru atau menjadi bagian dari apa yang diinginkan oleh komunikator.


Ciri-Ciri Propaganda

Berikut dibawah ini merupakan ciri ciri dari propaganda, yaitu :

  1. Komunikator, atau orang yang dilembagakan/lembaga yang menyampaikan pesan dengan isi dan tujuan tertentu.
  2. Komunikan, atau penerima pesan yang diharapkan menerima pesan dan kemudian melakukan sesuatu sesuai pola yang ditentukan oleh komunikator.
  3. Kondisi dan situasi yang memungkinkan dilakukannya kegiatan propaganda yang bersangkutan.
  4. Kebijaksanaan atau politik propaganda yang menentukan isi dan tujuan yang hendak dicapai.
  5. Sarana atau medium yang tepat dan sesuai atau serasi dengan situasi dari komunikan.
  6. Pesan tertentu yang telah di-encode atau dirumuskan sedemikian rupa agar mencapai tujuannya yang efektif.
  7. Teknik yang seefektif mungkin, yang dapat memberikan pengaruh yang setepatnya dan mampu mendorong komunikan melakukan sesuatu yang sesuai dengan keinginan atau pola yang ditentukan oleh komunikator.

Contoh Porpaganda

Berikut dibawah ini merupakan contoh dari propaganda :

  • Nasional

    Hal yang sangat nyata dalam kasus propaganda Nasional adalah kasus upaya untuk menjatuhkan Presiden Joko Widodo pada tahun 2014. Di masa tersebut Presiden Joko Widodo diisukan sebagai seorang PKI yang tidak pernah akan memihak untuk kepentingan masyarakat oleh majalah obor.

    Dengan kejadian ini maka tujuan propaganda dilakukan guna untuk memberi dampak negative pesta demokrasi di Indonesia. Terutama dalam upaya menjatuhkan pemilih Joko Widodo tahun 2014 silam. Tetapi kejadian tersebut gagal, dan membuat Joko Widodo berhasil terpilih sebagai pengemban sebagai seorang Presiden ke-7 Indonesia.

  • Internasional

    Contoh propaganda yang pernah terjadi di kanca Internasional misalnya adanya kasus yang diperbut secara illegal oleh Negara Korea Utara dengan memberikan pandang baik terhadap Kim Jong Un. Masyarakat Korea Utara terus disebarkan informasi bahwa orang nomor satu di Korut tersebut adalah titisan tuhan, sehingga kebijakan dari Kim Jong Un senantiasa bisa diterima oleh masyarakat Korea Utara tanpa ada perlawanan.

Lihat Juga:   √Xilem dan Floem Adalah