Seni Rupa Murni Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Seni Rupa Murni Adalah – Sejarah, Fungsi, Jenis dan 15 Contohnya, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini : seni-rupa-murni


Pengertian Seni Rupa Murni

Seni rupa murni adalah cabang seni yang menghasilkan lebih banyak pekerjaan pada keindahan untuk dinikmati, atau ekspresi lukisan seperti jiwa. Dalam penciptaannya, seni rupa visual hanya berkonsentrasi pada nilai keindahan atau estetika dan tidak peduli dengan nilai praktis dari karya yang dihasilkan.

Seni rupa memiliki nilai keindahan yang tinggi dalam produksi. Meskipun fungsinya hanya hiasan atau tampilan. Banyak jenis seni visual yang dapat menambah keindahan ketika dipamerkan atau digunakan sebagai hiasan dinding rumah atau kantor.


Fungsi Seni Rupa Murni

Dari pengertian seni rupa di atas, fungsi seni rupa murni hanya sebagai hiasan atau pameran. Fungsi seni rupa murni hanya paku ke pengindah belaka dan tidak dapat digunakan untuk membuat hidup kita lebih mudah.


Jenis Seni Rupa Murni

Seni lukisan adalah kegiatan pengolahan elemen seni seperti garis, bidang, warna dan tekstur di daerah dua dimensi, seperti untuk lukisan kita tahu hari ini di kanvas, seni warna modern dapat disebut.

Seni Graphics adalah cabang dari seni yang termasuk dalam bentuk dua dimensi. Pertama, jenisnya adalah kemampuan untuk mencetak atau mereproduksi font.


Contoh Seni Rupa Murni

Berikut dibawah ini merupakan 15 contoh seni rupa murni, yaitu :

  • Lukisan

Lukisan adalah karya seni rupa yang banyak ditemukan. Lukisan biasanya dibuat di atas kanvas, tetapi sekarang banyak lukisan yang dibuat di dinding. Seniman tidak banyak melukis.
Lukisan

  • Patung Patung

Seni rupa murni adalah seni yang karya seni dapat dinikmati oleh keindahan dan patung di dalamnya. Patung adalah karya seni tiga dimensi yang hanya dapat dibuat atau diukir oleh seniman berpengalaman.

  • Kaligrafi Kaligrafi

Kaligrafi adalah tulisan yang indah. Tapi selama ini banyak orang yang menganggap bahwa kaligrafi adalah aksara Arab yang indah. Meskipun tidak hanya aksara Arab, tulisan dalam setiap huruf yang dibuat cantik bisa disebut dengan kaligrafi.

  • Relief Relief

Relief adalah karya ukiran atau pahat yang dibuat di bebatuan. Relief dapat ditemukan di kuil kuno, monumen, Kuil atau situs bersejarah. Salah satu relief yang terkenal di Indonesia adalah relief Buddhisme Mahayana di Candi Borobudur.

  • Seni Grafis Seni-Grafis

Grafis adalah seni visual yang biasanya diproduksi menggunakan teknik pencetakan. Ada berbagai jenis grafis yang dibedakan sesuai dengan teknik pencetakan, seperti datar, pencetakan dan tekanan tinggi.

  • Seni Fotografi Fotografi

Meskipun beberapa orang menganggap fotografi sebagai karya yang diterapkan, namun fotografi pada dasarnya adalah seni visual yang dapat dinikmati oleh keindahannya. Seni fotografi Etrlogin sangat modern karena membutuhkan kamera untuk memproduksinya.

  • Mozaik Mozaik

Mozaik adalah sebuah karya seni yang merupakan noda keramik, kaca atau pecahan yang tersusun dalam satu. Dengan kreativitas yang sangat tinggi, mosaik dapat terlihat cantik dan sangat berkelas.

  • Ukiran Ukiran

Ukiran juga masuk ke dalam seni visual, karena hanya dapat dilihat oleh keindahannya. Keindahan ukiran ini biasanya dibuat pada kayu lunak dan dikombinasikan dengan peralatan rumah tangga seperti Meja, kursi, lemari, dinding dan banyak lainnya.

  • Kerajinan Keramik Kerajinan-Keramik

Kerajinan keramik diterapkan dalam seni visual dan. Dalam seni visual, kerajinan keramik yang dibuat hanya untuk pameran atau dekorasi tidak dapat digunakan sebagai wadah makanan atau kontainer lainnya.

  • Seni Topeng Topeng

Topeng juga memasuki seni visual, karena biasanya hanya menjadi menggantung dinding. Ada orang yang menggunakan masker untuk dansa atau properti teatrikal, tetapi topeng ini berbeda dari seni topeng murni.

  • Gantungan Kunci Gantungan-Kunci

Fungsi dari gantungan kunci hanya untuk hiasan kunci atau benda lain, sehingga tidak dalam seni terapan. Sangat banyak jenis ornamen benteng, beberapa terbuat dari kayu, akrilik, flanel, tempurung kelapa, dan banyak lainnya.

  • Arsitektur Desain-Arsitektur

arsitektur ialah seni memasuki seni visual, dan ada yang diterapkan. Untuk seni visual, misalnya desain bangunan untuk monumen dan gerbang.

  • Karikatur Karikatur

Karikatur biasanya dibuat untuk mengungkapkan saran atau kritik. Juga dapat dibuat untuk bersenang-senang. Namun, itu masih termasuk dalam seni visual karena sangat cocok untuk banyak orang untuk menikmati.

  • Digital Painting Digital-Painting

Lukisan digital adalah seni lukis yang telah dibuat dengan bantuan teknologi digital seperti Photoshop, Corel Draw dan sebagainya. Hal ini tidak murni tergores dengan tangan, tapi masih dalam kategori seni visual.

  • Seni Konseptual Seni-Konseptual

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Seni Rupa Murni Adalah – Sejarah, Fungsi, Jenis dan 15 Contohnya, semoga bisa bermanfaat.

Lihat Juga:   Bakteri Adalah