Seni Rupa Terapan

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Seni Rupa Terapan – Pengertian, Sejarah, Jenis, Contoh, Fungsi, yuk kita bahas sama-sama dibawah ini. Seni-Rupa-Terapan


Pengertian Seni Rupa Terapan

Pengertian seni adalah cabang seni yang dapat menghasilkan sesuatu yang indah dengan kualitas dan ekspresi yang dapat dilihat oleh indra penglihatan dan indera peraba manusia.

Oleh karena itu, jenis seni rupa terapan adalah salah satu jenis seni rupa yang, dalam karya ini, mengandung dua unsur sekaligus, yaitu estetika dan fungsi atau praktis. Namun, penggunaan seni rupa terapan lebih mengutamakan fungsi praktis atau kegunaannya daripada fungsi estetika dari karya seni rupa itu sendiri.

Menurut bahasanya, seni rupa terapan dalam bahasa Inggris lebih dikenal sebagai seni rupa terapan atau seni yang dapat diaplikasikan. Menurut pengertiannya, kita dapat melihat bahwa penggunaan seni rupa terapan sangat sering digunakan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Karena itu, seni rupa terapan memiliki sifat praktis dan bermanfaat.

Tetapi ada juga orang yang menilai bahwa seni rupa terapan hanya memiliki nilai praktis dan bukan nilai estetika atau keindahannya. Dan beberapa yang lain juga berpendapat bahwa seni rupa terapan ini hanya memperhatikan nilai praktisnya dalam bentuk seni.

Namun jangan salah dalam penerapan hariannya karya seni rupa terapan, beberapa orang berpendapat bahwa karya seni ini masih memiliki unsur seni yang indah. Kita kemudian dapat menyimpulkan bahwa karya seni rupa terapan tertentu, selain memiliki nilai estetika yang dapat dihargai oleh bentuk dan keindahannya, juga karya seni yang memiliki fungsi praktis dalam penggunaan sehari-hari.

Lihat Juga:   Sosiologi Adalah

Sejarah Seni Rupa

Di Indonesia, sebuah karya seni terapan telah ada sejak zaman prasejarah sebelum memasuki abad masehi dan bahkan telah berkembang sejak masa lalu. Sejak zaman nenek moyang dan leluhur bangsa Indonesia sendiri, banyak yang menggunakan kapak batu dan tulang untuk berburu. Ini juga merupakan salah satu penerapan menggunakan karya seni terapan.

Memasuki era sebelum modern, perkembangan sebuah karya seni sangat cepat, terutama karya seni terapan. Jika pada zaman nenek moyang, penggunaan batu sebagai bahan dasar untuk membuat alat. Berbeda dengan era saat ini, tepatnya menuju era yang sedikit modern, para pendahulu telah menggunakan logam sebagai pengganti batu.

Caranya adalah dengan melelehkan logam untuk membuat perhiasan dan peralatan lainnya seperti wadah, neraca dan peralatan rumah tangga lainnya.


Jenis-Jenis Seni Rupa

Berikut dibawah ini merupakan jenis jenis seni rupa yaitu :

  1. Arsitektur

    Seni bangunan atau arsitektur adalah jenis seni yang diterapkan dalam bentuk bangunan.
    Contoh : perumahan, tempat ibadah, kantor dan bangunan lainnya.

  2. Dekorasi

    Seni dekorasi adalah jenis seni rupa terapan yang fungsinya untuk mendekorasi ruangan agar lebih indah. Nah, seni dekorasi ini umumnya ditemukan diberbagai acara.
    Contoh : dipernikahan, pameran dan acara lainnya.

  3. Ilustrasi

    Seni ilustrasi adalah karya dalam bentuk gambar atau foto, fungsinya adalah untuk menjelaskan sebuah naskah. Karya bergambar ini sering digunakan dalam buku pelajaran sekolah dasar. Dengan foto atau ilustrasi, akan lebih mudah bagi pembaca untuk memahami isi cerita atau artikel.

  4. Seni Kriya

    Seni kriya itu sering juga disebut keterampilan manual, memiliki fungsi untuk mengolah bahan baku yang mudah ditemukan di lingkungan sekitarnya. Biasanya, bahan baku ini ditransformasikan menjadi benda yang memiliki nilai estetika dan nilai guna.

  5. Seni Grafis

    Seni Grafis termasuk dalam seni rupa yang proses pembuatannya menggunakan teknik pencetakan, biasanya dengan kertas. Fungsi seni grafis sebagai alat komunikasi.


Fungsi Seni Rupa Terapan

Berikut dibawah ini fungsi seni rupa terapan, yaitu :

  1. Fungsi estetis

    Fungsi estetis adalah fungsi yang hanya dimaksudkan sebagai objek hias, misalnya batik atau karya tenun yang dirancang khusus untuk hiasan dinding, kerajinan tangan, topeng dan vas bunga.

  2. Fungsi Praktis

    Fungsi praktisnya adalah karya seni yang tujuan utamanya adalah sebagai benda pakai. Misalnya perabot rumah tangga, meja, kursi dan tekstil.


Contoh Seni Rupa Terapan

Berikut dibawah ini beberapa contoh seni rupa terapan, yaitu :

  1. Pakaian
  2. Peralatan Rumah Tangga
  3. Arsitektur Bangunan
  4. Poster
  5. Alat Transportasi
  6. Perhiasan
  7. Senjata Tradisional
  8. Barang Elektronik

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Seni Rupa Terapan – Pengertian, Sejarah, Jenis, Contoh, Fungsi, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.