Surat Tugas Adalah

Diposting pada

Kali ini pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Surat Tugas Berikut adalah penjelasannya:

Surat Tugas Adalah


Pengertian Surat Tugas Adalah

Surat Tugas adalah surat resmi yang dibuat yang dikeluarkan oleh seorang pejabat yang berkuasa di instansi atau lembaga tertentu yang mana isinya menugaskan seorang pegawai atau staff guna melakukan suatu pekerjaan.

Biasanya surat tugas dikeluarkan guna satu jenis pekerjaan saja. Sesudah pekerjaan itu selesai dikerjakan, maka surat tugas itu menjadi tidak berlaku.

Banyak yang menganggap surat tugas ialah sama dengan surat dinas, padahal hal tersebut berbeda. Perbedaannya ialah surat tugas hanya guna satu jenis pekerjaan saja, sementara surat dinas adalah guna pekerjaan rutin.


Fungsi Surat Tugas

Dilihat dari sisi fungsi serta tujuannya, surat tugas ternyata memiliki kesamaan dengan surat kuasa. Biasanya surat tugas ditambahkan dengan surat kuasa sebagai dokumen pelengkap.

Fungsi surat tugas ialah sebagai dokumen pengesahan formal untuk pengemban tugas pada tugas yang wajib dijalankan. Selain itu, surat ini juga bisa membantu mempermudah tugas pejabat pelaksana tugas dalam berkaitan dengan instansi atau lembaga yang berkaitan dengan tugasnya tersebut.

Dengan kata lain, surat tugas itu adalah bukti legal atas penugasan seorang pejabat atas sebuah pekerjaan sesuai dengan isi surat itu.


Ciri-ciri Surat Tugas

Surat tugas yang baik biasanya mempunyai karakteristik khusus sesuai peruntukannya.

Berikut adalah ciri-ciri surat tugas :

  1. Di dalam surat tugas wajib dijelaskan mengenai adanya penugasan dari pimpinan pada seorang pegawai atau staf guna pekerjaan tertentu.
  2. Surat tugas memakai bahasa yang baku atau resmi, dimana isinya dibuat dengan singkat, padat, serta jelas.
  3. Di dalam surat tugas wajib dilengkapi dengan kop surat, judul surat, nomor surat, isi surat, tanggal, nama serta tanda tangan pejabat pemberi tugas, nama serta tanda tangan penerima tugas.
  4. Surat tugas wajib ditambahkan dengan stempel instansi yang berkaitan.
Lihat Juga:   √Pengertian Puisi

Bagian-bagian Surat Tugas

Jika membuat surat tugas, ada beberapa bagian yang wajib dibuat secara berurutan. Berikut ini adalah Bagian-bagian dari Surat Tugas:

  1. Kepala Surat atau Kop Surat.
  2. Judul Surat (SURAT TUGAS).
  3. Nomor Surat.
  4. Identitas Pejabat Pemberi Tugas.
  5. Identitas Pegawai atau Staff Penerima Tugas.
  6. Isi surat tugas yang menjelaskan mengenai pekerjaan yang wajib dilaksanakan penerima tugas, jangka waktu, serta pertanggungjawaban.
  7. Keterangan tempat serta waktu pemberian tugas.
  8. Kolom tanda tangan pemberi tugas serta penerima tugas.

Contoh Surat Tugas

  1. TERNAK JAYA SELAMANYA

Jl. Ratulangi No. 02 Metro, Lampung

No. Telepon 021.666.3662

____________________________________________________

SURAT TUGAS

Yang bertanda tanda di bawah ini:

Nama                       : Mael Lee

Jabatan                    : Direktur

Nama Perusahaan     : PT. Ternak Jaya Selamanya

Alamat                     : Jln. Ratulangi No. 01 Rt.018/ 014, Metro Pusat, Metro, Lampung, 12460. Telp. 021.777.3662

Dengan ini Saya  memberikan tugas dan tanggung jawab kepada :

Nama                        : Ricardo Milos

Jabatan                     : Marketing Staff

Alamat                      : Jl. Cengkeh No. 31, Rt 012/ 04 Metro

Nomor KTP                : 2214065784456

Untuk melaksanakan pengurusan dokumen karantina pada Balai Karantina Hewan Ternak, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Ternak Kelas I Metro II.

Pemberi kuasa menyatakan bertanggungjawab atas semua kewajiban berkenaan dengan surat tugas tersebut diatas.

Metro, 25 Mei 2018

Penerima Tugas,                                       Pemberi Tugas,

Ricardo Milos                                             Mael Lee

 

demikianlah artikel dari pengajar.co.id semoga dapat bermanfaat bagi kita semua