Talamus

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berudulu Talamus yang mana akan mengulas Pengertian, Fungsi, Letak, Struktur dan Bagian. Mari kita bahas bersama-sama di bawah ini.Talamus


Daftar Isi Artikel Ini :

Pengertian Talamus

Talamus atau thalamus berasal dari bahasa Yunani yang berarti ruang bagian dalam. Talamus merupakan salah satu struktur yang letaknya ada di tengah otak. Lebih tepatnya antara korteks serebral dan otak tengah. Talamus adalah struktur terbesar yang terdapat pada diencephalon, atau bagian otak yang posisinya berada diantara otak tengah dan otak depan (telecephalon).

Fungsi kelenjar talamus adalah untuk menghantarkan sinyal sensorik dan motorik yang berkaitan dengan kesadaran, tidur dan kewaspadaan ke korteks otak. Atau, singkatnya, fungsi talamus, yaitu sebagai pesan sensorik setafet yang menyampaikan tubuh ke otak dan juga mengatur tingkat kesadaran. Talamus adalah sub-organ dari diencephalon.

Pengertian lain mengenai talamus adalah bagian dari sistem limbrik dan sebagai daerah penghubung dari korteks serebral yang bertanggung jawab untuk mengontrol gerakan dan persepsi sensorik dengan bagian-bagian lain dari otak yang berhubungan dengan fungsi yang sama.


Struktur dan Bagian-Bagian Thalamusthalamus

Struktur thalamus terdiri dari dua massa berbentuk telur dari jaringan saraf. Setiap jaringan syaraf yang seukuran buah kenari dan memiliki fungsi otak yang dalam. Di thalamus, ada amygdala yang fungsinya untuk mengendalikan emosi. Thalamus terdiri dari sistem lamel yang memisahkan berbagai sub-bagian thalamic. Di thalamus, ada banyak nukleus karena merupakan persinggahan informasi panca indera dari dan ke otak. Nukelus di thalamus adalah :

  • Nukleus ventralis anterior
  • Nukleus thalamus anterior
  • Nukleus vebtralis posterolateralis
  • Nukleus ventralis lateralis
  • Nukleus medial
  • Sentrum medianum
  • Korpus genikulatum mediale
  • Faormasi retikularis
  • Nukleus pulvinar
Lihat Juga:   Gelombang Mekanik

Letak Talamus

Posisi thalamus pada manusia berada dibagian atas cabang otak. Otak manusia biasanya memiliki berat 3 pon. Bagian atas dibagi menjadi dua bagian.

Bagian bawah otak berinteraksi dengan sumsusm tulang belakang oleh cabang-cabang otak. Talamus terletak di atas batang otak yang terdiri dari gugusan 2 bagian yang biasa disebut lobus.


Fungsi Thalamus

Berikut dibawah ini fungsi utama Talamus/Thalamus :

  • Fungsi utama kelenjar thalamus adalah untuk mengirimkan informasi yang berkaitan dengan kesadaran, siklus tidur dan kewaspadaan.
  • Thalamus berfungsi untuk mentransmisikan dan meneruskan informasi tentang reseptor indera (pendengaran, penglihatan, sentuhan, rasa) kecuali penciuman.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Talamus : Pengertian, Fungsi, Letak, Struktur dan Bagian, semoga dengan adanya artikel ini bisa sangat membantu dan lebih menambah wawasan anda.