Teks Tanggapan Kritis

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Teks Tanggapan Kritis – Pengertian, Struktur, Fungsi, Tujuan, Kaidah, Ciri, Unsur, Contoh, Yuk sama-sama kita bahas dibawah ini : Teks-Tanggapan-Kritis


Pengertian Teks Tanggapan Kritis

Teks tanggapan kritis merupakan suatu bacaan yang akan berisi tentang gagasan atau ide atau juga pendapat yang akan disampaikan oleh individu mengenai persoalan yang dihadapi. Persoalan tersebut dapat muncul karena adanya perbedaan antara harapan dengan kenyataan. Individu akan berusaha untuk mengkritisi persoalan tersebut, berdasarkan data, fakta, ataupun kenyataan, dan alasan yang dapat sangat meyakinkan orang lain tentang pendapat yang kita sampaikan.

Oleh sebab itu, pemahaman yang akan mendalam tentang fakta, sangat dibutuhkan dalam tanggapan kritis. Tanggapan yang akan disampaikan dapat yang melemahkan maupun menguatkan pandangan dan pendapat yang akan disampaikan dalam teks. Penolakan terhadap pandangan dalam artikel, harus didasarkan pada bukti yang sangat kuat. Pendapat lain menyatakan bahwa teks tanggapan kritis adalah suatu teks yang dapat berkaitan dengan kritikan pedas terhadap suatu kesalahan. Teks ini sering digunakan dalam forum, di mana kita akan dituntut untuk menganalisis pendapat dapatat menerima semua kritikan dari orang lain yang berbeda-beda pendapatnya.nah, Bagaimana kita bisa menuliskan pendapat yang baik?

Pendapat yang baik akan disampaikan berdasarkan pada referensi yang akan diperoleh, sehingga dapat diterima oleh orang lain tersebut. Bahasa yang akan disampaikan dalam tanggapan kritis, dapat disampaikan secara lisan maupun dalam bentuk tulisan. Tanggapan kritis dapat pula kita disampaikan lewat sebuah puisi maupun cerita pendek. Dengan menggunakan kata – kata yang sangat menarik, akan dapat membuat pembaca tertarik untuk dapat mendengar ataupun membacanya.


Struktur Teks Tanggapan Kritis

Adapun beberapa struktur teks tanggapan kritis yaitu:


A. Evaluasi

Bagian ini berisi tentang pernyataan-pernyataan umum yang akan berkaitan dengan permasalahan yang telah disampaikan penulis. Evaluasi merupakan bagian awal dari teks tanggapan kritis.


B. Deskripsi teks

Bagian yang akan berisi tentang informasi. Informasi tersebut akan berkaitan dengan alasan yang sering digunakan untuk mendukung pernyataan ataupun menolak suatu pernyataan. Deskripsi teks adalah bagian tengah dari teks tanggapan kritis.


C. Penegasan ulang

Bagian ini merupakan bagian yang akan berisi tentang penegasan ulang terhadap sesuatu yang telah diputuskan ataupun sesuatu yang telah dikerjakan oleh seorang individu dalam teks tanggapan kritis.


Fungsi Teks Tanggapan

Fungsi teks respon kritis adalah untuk memberikan kritik yang membangun pada masalah yang dianggap tidak benar untuk alasan yang dapat mengubah pandangan seseorang.


Tujuan Teks Tanggapan Kritis

Tujuan teks tanggapan kritis adalah untuk memilih salah satu pernyataan, karena teks ini mengandung alasan yang baik alasan pendukung dan sebuah penolakan.


Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis

Adapun kaidah kebahasaan dalam teks tanggapan kritis, yaitu:

  • Kalimat yang sering digunakan dalam teks tanggapan kritis merupakan kalimat yang bersifat kompleks. yang Artinya kalimat tersebut terdiri dari 2 verba maupun 2 stuktur.
  • Menggunakan konjungsi ataupun penghubung. Konjungsi ini dapat berfungsi untuk menghubungkan antar kalimat maupun antar kata dalam teks tanggapan kritis.
  • Menggunakan pimilihan kata. Tujuan pimilihan kata yaitu untuk dapat memilih suatu kata yang yang tepat yang bisa digunakan dalam teks tanggapan kritis tersebut.
  • Menggunakan rujukan. Rujukan ini dapat berfungsi untuk memberikan penguatan pada pendapat ataupun argumen yang akan disampaikan penulis, mengingat teks tanggapan kritis banyak membutuhkan bukti dalam penulisannya.

Ciri – Ciri Teks Tanggapan Kritis

  • Tanggapan yang akan disamapaikan dalam sebuah bacaan akan berhubungan dengan kejadian maupun fenomena yang sedang terjadi di lingkungan sekitarnya.
  • Tanggapan yang diberikan oleh penulis berisi tentang fakta atauppun alasan.yang Tujuannya agar untuk memberikan penguatan pada pendapat yang disampaikan.
  • Perbedaan teks tanggapan kritis dengan teks jenis lain adalah, dilihat dari peristiwa ataupun kejadian yang akan disampaikan yang didasarkan pula pada data ataupun fakta yang ada. Pembahasan yang selanjutnya akan diberitahukan tentang kaidah – kaidah kebahasaan yang sering dimiliki oleh teks tanggapan kritis.

Unsur Unsur Teks Tanggapan

  • Kalimat kompleks, kalimat yang memiliki lebih dari dua struktur dan dua kata kerja.
  • Konjungsi, sebuah kata subjunctive yang menghubungkan setiap kata dan struktur.
  • Kata rujukan, sesuatu yang seorang informan (pembicara) gunakan untuk secara eksplisit mendukung atau memperkuat pernyataan. Hal ini juga dikenal sebagai referensi.
  • Pemilihan kata, pilihan kata yang sesuai saat menggunakan dan membuat teks respons kritis.

Contoh Teks Tanggapan Kritis

  • Memilih Pendidikan SMA atau SMK?

Bagi kamu yang telah selesai menempuh pendidikan di SMP, tentu akan banyak sekali mengalami kebingungan dalam 2 pilihan, antara SMA atau SMK. Setiap pilihan akan mengandung berbagai konsekuensi tertentu pada masa depan.yang Menentukan pilihan antara SMA atau SMK tentu harus akan berdasarkan pada beberapa pertimbangan.

Memilih lanjut di SMA yang akan memudahkan kita dalam memasuki duduk di perguruan tinggi. Tentu saja, sesuai dengan bidang yang kita pilih pada waktu di SMA. yang contohnya ketika SMA, kita di jurusan IPA, maka pilihan di perguruan tinggi yang akan berkaitan dengan ilmu IPA, begitu pula dengan jurusan IPS ataupun Bahasa. Memilih lanjut di SMK, setelah lulus kita langsung dapat pekerjaan. Pekerjaan tersebut sesuai dengan jurusan yang akan dipilih pada waktu SMK.

Kemudian ditinjau dari segi praktek lapangan. Di SMA lebih mengutamakan pada teori, dibandingkan dengan praktek lapangan. walaupun ada praktek, itu hanya untuk mata pelajaran tertentu yang akan membutuhkan praktek tersebut.lalu Sedangkan di SMK, pelajaran yang sering diberikan, fokus pada kegiatan praktek yang akan dibandingkan teori.


  • Teks Tanggapan Kritis Tentang Kesehatan

Evaluasi

Di era globalisasi dan dunia serba mudah semua jenis Rokok yang tersedia dan banyak orang yang suka mengkonsumsi, bahkan jika Kemasan rokok jelas menyatakan bahwa Rokok sangat berbahaya, menyebabkan banyak penyakit dan menyebabkan Polusi udara tapi masih ada orang yang mengkonsumsi itu, bahkan jika mereka tidak satu hari tanpa Merokok ditambah banyak Rokok, yang harga murah sehingga orang kelas rendah dapat membelinya.

Teks Deskripsi

Banyak jenis Rokok dengan berbagai merk dan harga membuat masyarakat semakin suka mengkonsumsi Rokok, tapi Rokok Apadaya yang sebenarnya perlahan-lahan mengurangi penggunaan kehidupan. Rokok membuat pengguna tergantung, sehingga pengguna Rokok harus terus-menerus membeli Rokok yang menyebabkan pemborosan yang menghabiskan uang, terutama para remaja, sehingga mereka tidak dapat menaruh uang saku mereka dan orang tua yang menaruh uang samping. untuk memenuhi kebutuhan keluarga, tetapi digunakan untuk membeli Rokok, dan jika mereka tidak punya uang, maka mereka akan melakukan semua sarana untuk bahkan mendapatkan Rokok mencuri, oleh karena itu di hari ini banyak terjadi kekerasan rumah tangga, Selain itu Rokok dapat menyebabkan banyak penyakit, termasuk Bebas Rokok, yang terjadi karena asap rokok dan Rokok sangat berbahaya.

Pendapat ini benar, tetapi masyarakat Merokok berpendapat bahwa merokok pertama membuat mereka terlihat lebih maskulin, yang kedua mereka pikir tidak membuat mereka boros karena mereka akan lebih mampu untuk menaruh uang mereka seperti melalui tidak membeli barang yang tidak penting, ketiga dapat mengurangi stres dan mereka yakin suatu hari tanpa makan selama mereka Merokok akan menjadi pekerjaan yang kuat sepanjang hari.

Penegasan

Sebenarnya, sebagai komentar, saya setuju dengan pernyataan bahwa Rokok sangat berbahaya bagi tubuh, tidak hanya Rokok, tapi asap juga berbahaya, karena dalam Rokok ada bahan yang sangat berbahaya yang menyebabkan penyakit dan membuat pecandu, Rokok juga membuat kita hidup mewah.


Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Budaya

Anime

Di zaman sekarang beberapa orang yang mencintai anime, terutama semua remaja dan anak. Anime adalah animasi produksi Jepang yang sering ditandai dengan gambar berwarna-warni yang menunjukkan angka dari banyak cerita dan tempat.

Anime memiliki kekhasan dari gaya manga (komik Jepang). Dengan grafis yang bagus untuk sebuah plot yang menawan, ia berhasil membuat orang di Indonesia sering melihat anime, dari anak hingga orang dewasa.

Sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik, tapi anime untuk menonton. Jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menonton Anime, itu akan mengganggu teknik berkomunikasi dengan orang lain dan menyebabkan orang untuk menjadi antisosial.

Selain itu, orang yang mencintai anime sering akan melupakan istirahat malam karena waktu malam digunakan untuk terus menonton film anime. Tapi keesokan harinya mereka harus pergi ke sekolah. Hal ini dapat menyebabkan penurunan manfaat anak.

Namun, ada sisi positif yang dapat diambil dari anime. Ada banyak cerita dalam anime yang berisi pesan moral yang baik dan dapat diterapkan dalam hidup. Anime, yang bukan dari Jepang, tentu saja akan memberikan hal positif yang dapat diambil dari Jepang.

Ini sebenarnya baik atau buruk, anime tergantung pada orang yang mengamati itu. Jika Anda dapat memilah antara baik dan anime yang buruk, maka tentu saja menghindari anime yang buruk. Jadi membuat anime hanya sebagai hiburan. Jangan terlalu banyak bersenang-senang untuk menonton Anime membuat seseorang datang dengan beberapa poin yang lebih penting.


Demikianlah artikel tentang Teks Tanggapan Kritis – Pengertian, Struktur, Fungsi, Tujuan, Kaidah, Ciri, Unsur, Contoh dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √Basis Data Adalah

Lihat Juga:   Sinopsis Adalah

Lihat Juga:   Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional dan Persamaannya

Lihat Juga:   √Akuntansi Adalah