Visi dan Misi Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Visi dan Misi Adalah: Pengertian, Perbedaan dan Contohnya, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini : Visi-dan-Misi-Adalah


Pengertian Visi dan Misi

Visi merupakan serangkaian kata atau kalimat yang menunjukkan sebuah impian, cita-cita atau nilai inti sebuah perusahaan, organisasi atau instansi pemerintahan. Visi memiliki tujuan masa depan yang di rancang dalam perusahaan, organisasi atau instansi yang terkait. Visi juga merupakan pandangan mengenai arah sebuah manajemen. Mau dibawa kemana kah atau kearah kemanakah manajemen tersebut? Jadi, pada intinya visi adalah gagasan tertulis mengenai tujuan utama pendirian sebuah perusahaan, organisasi atau instansi tersebut.

Sedangkan misi merupakan suatu tahapan-tahapan untuk mencapai visi tersebut. Bisa dikatakan misi merupakan penjabaran dari visi. Jika visi hanya dituliskan dalam kalimat yang singkat, maka dari itu misi dijabarkan dengan beberapa kalimat yang mudah untuk dipahami pembaca atau siapa saja yang melihatnya. Dapat disimpulkan misi merupakan penjabaran- penjabaran untuk merangsang adanya pencapaian visi utama.


Perbedaan Visi dan Misi

Sudah terlihat dari pengertian visi dan misi diatas bahwasannya keduanya sangatlah berbeda, berikut adalah perbedaan antara visi dan misi :

  1. Visi adalah tujuan utama atau gambaran besar, cita-cita suatu perusahaan, organisasi, pribadi atau instansi di masa depan. Sedangkan misi adalah langkah-langkah atau penjabaran yang akan dilakukan untuk mencapai dan mewujudkan visi tersebut.
  2. Visi dapat berupa cita-cita jangka panjang dan berorientasi kedepan. Sedangkan misi adalah bentuk cita-cita yang tertulis berjangka pendek dan berorientasi pada masa kini.
  3. Visi akan bersifat permanen, saat suatu perusahaan, organisasi maupun instansi terkait membuat visi. Pantang bagi mereka untuk merubah tersebut karena berkaitan dengan kredibilitas dan konsistensi. Sedangkan misi, biasanya bisa diubah ketika misi-misi tersebut dianggap gagal mewujudkan suatu visi yang telah disepakati.
  4. Visi pada umumnya terdiri dari satu deretan kalimat atau poin yang jelas, padat dan mewakili segalanya. Sedangkan Misi terkadang hanya terdiri dari beberapa kalimat penjelesan atau berbagai macam poin yang lebih banyak dari visi.
  5. Visi berisi pernyataan-pernyataan umum di dalamnya. Sedangkan misi berisi pernyataan yang bersifat khusus dan lebih detail.
Lihat Juga:   Pengertian Flowchart Adalah

Fungsi Visi dan Misi

Adapun visi dan misi yang memiliki fungsi dan kegunaannya tersendiri, yaitu diantaranya :

  1. Visi dan misi memiliki fungsi untuk mewujudkan cita-cita bersama dalam sebuah perkumpulan atau organisasi didalamnya.
  2. Berfungsi sebagai dorongan untuk selalu maju dan berkembang.
  3. Visi dan misi juga berfungsi untuk menghindari adanya perubahan arah yang terlalu jauh dari tujuan awal didirikannya suatu perkumpulan.
  4. Berfungsi untuk senantiasa membuat perkumpulan tetap hidup dan berkembang.
  5. Juga berfungsi untuk dijadikan sebagai pertimbangan untuk memudahkan anggotanya yang ingin masuk kedalam perkumpulan tersebut.

Sarana Visi dan Misi

  • Visi

Visi mengkomunikasikan alasan keberadaan organisasi dalam arti tujuan dan tugas pokok, memperlihatkan framework hubungan antara sebuah organisasi dengan stakeholders. Sarana untuk menyatakan sasaran utama kinerja organisasi dalam arti pertumbuhan dan perkembangan. Serta pernyataan visi, baik yang tertulis atau diucapkan perlu ditafsirkan dengan baik, tidak mengandung multi makna sehingga dapat menjadi acuan yang mempersatukan semua pihak dalam sebuah organisasi.


  • Misi

Sarana misi untuk menunjukkan secara jelas mengenai apa yang hendak dicapai oleh organisasi dan bidang kegiatan utama dari organisasi yang bersangkutan. Dan secara eksplisit mengandung apa yang harus dilakukan untuk mencapainya, dan juga mengandung partisipasi masyarakat luas terhadap perkembangan bidang utama yang digeluti organisasi.


Cara Merumuskan Visi dan Misi

  • Visi

Sebuah visi harus dapat memberikan panduan atau arahan dan juga motivasi. Dan harus disebarkan dikalangan anggota organisasi atau stakeholder. Dan Visi juga harus digunakan untuk menyebaruaskan keputusan dan tindakan organisasi yang penting. Visi bukanlah sebuah fakta, namun gambaran ideal masa depan yang ingin diwujudkan. Dapat memberikan arahan dan mendorong anggota untuk menunjukkan kinerja yang baik. Visi harus menimbulkan inspirasi dan siap menghadapi tantangan, menjembatani masa kini dan masa yang akan datang, juga gambaran yang realistis dan kredibel dengan masa depan yang menarik. Visi pun bersifat tidak statis dan tidak untuk selamanya.

Lihat Juga:   Plasenta adalah

  • Misi

Cara merumuskan misi adalah harus menjelaskan tentang produk atau pelayanan yang ditawarkan yang sangat diperlukan oleh masyarakat. Sebuah misi pun harus jelas memiliki sasaran public yang akan dilayani. Kualitas produk dan pelayanan yang ditawarkan harus memilik daya saing yang sangat meyakinkan masyarakat. Penjelasan aspirasi dalam misi pada masa yang akan datang juga bermanfaat dan keuntungannya bagi masyarakat dengan produk dan pelayanan yang tersedia.


Contoh Visi dan Misi

Berikut ini adalah beberapa contoh visi dan misi yang diambil dari beberapa perusahaan, instansi atau organisasi, yaitu :

Contoh visi dan misi perusahaan

  1. Visi

“Menjadi perusahaan marketplace terbesar di Indonesia.”

  1. Misi
  2. Memberikan pelayanan yang terbaik untuk pengguna.
  3. Sistem keamanan yang terpercaya.
  4. Memperlakukan pelanggan sebagai sahabat istimewa.

Contoh visi dan misi organisasi

  1. Visi

“Menjadikan generasi muda yang tangguh tahan banting, mandiri dan terampil serta berakhlak mulia.”

  1. Misi

Sebagai upaya untuk mewujudkan visi diatas, maka misi organisasi adalah :

  1. Mengadakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat.
  2. Mengadakan pelatihan guna memberikan edukasi yang bermanfaat bagi anggota.
  3. Membantu dalam penegakkan lingkungan.
  4. Mempererat persaudaraan dengan melakukan pertemuan yang rutin diselenggarakan.

Contoh visi dan misi pendidikan

  1. Visi

“Menjadi perguruan tinggi terbaik 10 tahun yang akan datang.”

  1. Misi
  2. Memberikan akses secara adil serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas.
  3. Menciptakan lulusan terbaik yang berbudi luhur, berintelektual tinggi serta mampu bersaing secara global.
  4. Menciptakan kegiatan akademik yang mampu mendukung dalam mewujudkan visi.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Visi dan Misi Adalah: Pengertian, Perbedaan dan Contohnya, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.