Administrasi Bisnis Adalah

Diposting pada

Pada Kesempatan Kali ini pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Administrasi Bisnis berikut Adalah Penjelasannya:

Administrasi Bisnis Adalah


Pengertian Administrasi Bisnis Adalah

Administrasi Bisnis adalah ilmu sosial yang mempelajari mengenai proses kerjasama antara 2 orang atau lebih dalam usaha guna mencapai tujuan tertentu. Jadi, Administrasi Bisnis adalah ilmu yang fokus terhadap perilaku manusia.

Di dalam Ilmu Administrasi bisnis memiliki objek, subjek, serta metode. Dalam kasus ini, tertuju pada manusia baik itu perilakuknya, subjek yang dipelajari,bentuk, bagian, serta mekanisme kerja sama, sementara metode adalah cara atau ide yang dinaikkan dalam usaha mencapai tujuan kerja sama yang dilakukan.

Tujuan Administrasi Bisnis guna membuat sebuah hubungan kerjasama yang saling menguntungkan antara 2 orang maupun dengan memanfaatkan semua sumber daya yang ada.


Pengertian Administrasi Bisnis Menurut Para Ahli

1. Prof. Dr. Mr. S. Prajudi admosudidjo

Prof. Dr. Mr. S. Prajudi admosudidjo menyatakan Administrasi Bisnis adalah sebuah organisasi niaga secara keseluruhan serta mengejar tercapainya tujuan-tujuan yang sifatnya bisnis objektif, serta Administrasi Niaga itu dijalankan oleh semua manager dalam sebuah organisasi niaga.

Lihat Juga:   Teks Eksemplum Adalah

2. Sukarno dan Ibrahim Lubis

Sukarno dan Ibrahim Lubis menyatakan Administrasi Bisnis adalah kegiatan dibidang produksi, transportasi, asuransi perbankan, dsb, di bidang perusahaan swasta.

3. Sheldo dan Urwik

Sheldo dan Urwik  menyatakan Administrasi Bisnis adalah industri yang berhubungan dengan sebuah kebijakan perusahaan, koordinasi produksi, keuangan dan distribusi, penentuan arah organisasi serta kontrol tertinggi eksekutif.

4. Y. Wayong

Administrasi Bisnis adalah semua kegiatan mulai dari produksi barang dan jasa sampai datangnya barang dan jasa itu kepada tangan konsumen.


Ciri-ciri Administrasi Bisnis

1. Terdiri Dari 2 Orang atau Lebih

Aktivitas administrasi bisnis biasanya dikelola oleh beberapa orang, tergantung terhadap skala bisnisnya. Perusahaan atau badan usaha tingkat menengah pasti membutuhkan tenaga administrator lebih banyak daripada dengan perusahaan kecil.

Selain itu, tenaga administrator wajib mempunyai kemampuan sesuai dengan ruang lingkup kerja administrasi bisnis. Jadi sistem administrasi bisa berjalan dengan baik serta teratur.

2. Terjadi Kerjasama

Administrasi Bisnis membutuhkan kerjasama yang baik dengan pihak-pihak bersangkutan. Kerjasama itu wajib dilandasi oleh kesadaran bahwa masing-masing pihak saling membutuhkan dalam usaha mencapai tujuan bersama.

Kerjasama yang solid bisa meningkatkan kinerja serta hasil yang maksimal. Supaya kerjasama menjadi solid jadu dibutuhkan komunikasi yang baik dalam menyusun administrasi bisnis.

3. Ada Proses dan Usaha

Administrasi bisnis bisa terjadi kalau ada proses usaha di dalamnya. Proses usaha itu akan menghsilkan data-data yang mesti dihimpun dan dikelola.

Selain berkaitan dengan data, proses bisnis pula melibatkan hal-hal lainnya, contohnya keperluan surat niaga, data karyawan, agenda, dsb. Itulah alasan mengapa administrasi bisnis sangat besar peranannya dalam operasional suatu bisnis.

4. Adanya Bimbingan serta Pengawasan

Semua jenis usaha mempunyai struktur organisasi, mulai dari tingkat bawah sampai tingkat atas. Pimpinan usaha erat kaitannya dengan administrasi bisnis sebab semua kegiatan administrasi mesti diketahui serta disetujui oleh pimpinan.

Lihat Juga:   √URL Adalah

Koordinasi yang baik antara bagian administrasi dengan pimpinan pasti menciptakan kondisi internal perusahaan yang sehat. Kemudian kinerja perusahaan akan berjalan sebagaimana seharusnya.

5. Memiliki Tujuan

Aktivitas administrasi bisnis tujuannya untuk mencapai tujuan yang jelas. Jadi maka dibutuhkan prasarana serta tenaga kerja yang kompeten guna mengisi bagian administrasi sebuah perusahaan.


Ruang Lingkup Administrasi Bisnis

Menurut para ahli, ada beberapa ruang lingkup administrasi bisnis sebagai berikut:

1. Prayudi Atmosudidjo

Prayudi Atmosudidjo menyatakan yang termasuk di dalam Ruang Lingkup Administrasi Bisnis adalah:

  • Organisasi
  • Manajemen
  • Tata usaha
  • Sejarah administrasi
  • Ensiklopedia administrasi
  • Filsafat administrasi

2. Drs. Soekarno

Drs. Soekarno menyatakan yang termasuk dalam Ruang Lingkup Administrasi Bisnis adalah:

  • Administrasi perusahaan
  • Administrasi non perusahaan

3. The Liang Gie

The Liang Gie menyatakan  yang termasuk dalam Ruang Lingkup Administrasi bisnis adalah:

  • Administrasi penjualan
  • Administrasi periklanan
  • Administrasi kepasaran
  • Administrasi keproduksian
  • Administrasi perbankan
  • Administrasi perhotelan
  • Administrasi pengangkutan

4. Sondang P. Siagan

Sondang P. Siagan menyatakan yang termasuk dalam Ruang Lingkup Administrasi Bisnis adalah:

  • Manjemen
  • Manejemen produksi
  • Industrial relation
  • Bussines education
  • Traffic management

Demikianlah artikel dari Pengajar.co.id tentang Administrasi Bisnis Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Kita Semua!