√ Administrasi Perkantoran : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Tugas dan Unsur

Diposting pada

Administrasi kantor adalah kegiatan yang terkait langsung dengan sistem administrasi dalam ruang lingkup kantor. Sistem manajemen dalam Ruang lingkup kantor ini adalah salah satu bagian dari manajemen yang memberikan informasi sesuai dengan bidang administrasi yang diperlukan untuk mendukungnya menjalankan suatu kegiatan secara efektif.Untuk memahaminya, Anda harus tahu arti administrasi perkantoran. Ada banyak yang berpendapat dalam mendefinisikan administrasi perkantoran. Secara keseluruhan ada dua sumber tentang pengertian administrasi kantor, yaitu secara umum dan menurut para ahli.

√ Administrasi Perkantoran : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Tugas dan Unsur

Pengertian Administrasi perkantoran secara Umum

Secara umum, Pengertian Administrasi perkantoran adalah kegiatan perencanaan keuangan, penagihan dan pencatatan, personalia, dan distribusi barang juga logistik dalam suatu organisasi. Biasanya seorang karyawan yang bertugas dalam hal ini disebut administrator kantor atau manajer kantor.

Pengertian Administrasi Perperkantoranan terbagi menjadi dua, yaitu pengertian administrasi perkantoran secara luas dan administrasi perkantoran secara sempit. pengertian administrasi perkantoran secara luas merupakan kolaborasi secara sistematis dan terkoordinasi sesuai pembagian tugas sesuai dengan struktur organisasi yang ada di dalamnya mencapai tujuan dengan efektif dan efisien. Sementara pengertian administrasi perkantoran dalam arti sempit adalah semua kegiatan yang bersifat teknis dalam melaksanakan pekerjaan operatif, memberikan informasi untuk pimpinan, dan membantu kelancaran pengembangan organisasi.

Pengertian Administrasi Perkantoran Menurut Para Ahli

Menurut WH EVANS

pada tahun 1963 menjelaskan bahwa administrasi perkantoran adalah fungsi yang berkaitan dengan manajemen dan mengarahkan semua tahapan operasi perusahaan tentang penggunaan informasi, memori, dan komunikasi organisasi.

Menurut Institute of Administrative management

pada pertengahan tahun 1990-an, dinyatakan bahwa manajemen perkantoran adalah salah satu cabang ilmu manajemen berfokus pada layanan untuk dapat memperoleh, mencatat, dan menganalisis semua informasi apakah direncanakan atau dikomunikasikan yang bermanfaat mengamankan aset organisasi serta mempromosikan layanan administrasi sendiri dalam mencapai tujuan organisasi.

Menurut George Terry

pada tahun 1966 menjelaskan bahwa administrasi perkantoran adalah perencanaan, pengendalian dan pengorganisasian suatu pekerjaan perkantoran dan menjadi penggerak bagi mereka yang menjalankannya agar tujuan yang ditetapkan dapat tercapai.

Menurut Arthur Grager

pada tahun 1958, administrasi perkantoran memiliki fungsi dalam tata penyelenggaraan layanan dan komunikasi warkat dari sebuah organisasi.

Menurut William Leffingwell dan Edwin Robinson

pada 1950 mengatakan bahwa administrasi perkantoran adalah cabang ilmu manajemen yang berbicara pada pelaksanaan pekerjaan dalam perkantoran secara efisien, di mana, dan kapan pekerjaan harus dilakukan.

Fungsi Administrasi

Menurut Quible (2001), ada lima jenis fungsi pendukung administratif di perkantoran, yaitu fungsi rutin, fungsi teknis, fungsi analitis, fungsi interpersonal, dan

fungsi manajerial. Untuk detail lebih lanjut, lihat uraian berikut.

Fungsi interpersonal

Fungsi interpersonal, yaitu fungsi administrasi yang membutuhkan penilaian dan analisis sebagai dasar pengambilan keputusan dan keterampilan yang terkait dengan orang lain, seperti mengoordinasi tim.

Fungsi teknis

Fungsi teknis adalah fungsi administrasi yang membutuhkan keputusan, pendapat, dan keterampilan yang memadai.

Fungsi rutin

Fungsi rutin, yaitu fungsi administrasi yang membutuhkan pemikiran minimal termasuk pengarsipan dan penggadaan.

Fungsi analisis

Fungsi analisis adalah fungsi administratif yang membutuhkan pemikiran kritis dan kreatif bersama dengan kemampuan untuk membuat keputusan, seperti keputusan pembelian barang.

Fungsi manajerial

Fungsi manajerial, yaitu administrasi yang membutuhkan perencanaan, pengorganisasian, pengukuran, dan motivasi.

Tujuan Administrasi Perkantoran

Tujuan dari proses manajemen administrasi perkantoran adalah untuk mencapai tujuan secara efisien, yang berarti bahwa mereka dapat memenuhi persyaratan dalam hal teknis, ekonomi dan psikologis.

  • Ekonomis, berarti sesuai dan pantas atau tidak murah dalam hal biaya.
  • Psikologis. Dalam arti ada kepuasan.
  • Teknis. Dalam arti yang bermakna atau berguna.
  • Tujuan dapat dicapai dengan menerapkan fungsi manajemen dengan benar. Jadi, tujuan lengkap administrasi kantor adalah sebagai berikut:
  • Menyediakan semua informasi secara penuh untuk pihak-pihak yang perlu melaksanakan tugas organisasi secara efektif dan efisien.
  • Membuat catatan yang relevan, up to date (terkini) akurat dan bertanggung jawab sehingga laporan akan dianggap lengkap.
  • Membantu perusahaan / organisasi untuk mempertahankan dan memenuhi kebutuhan perusahaan.
  • memberikan catatan dan laporan yang berguna dan biaya yang sesuai.
  • Memberikan suatu pekerjaan yang cermat dan memberikan layanan yang efektif kepada mitra atau pelanggan.

Unsur -Unsur Administrasi Menurut Para Ahli

Beberapa ahli telah menjelaskan beberapa elemen administrasi secara umum. Berikut ini penjelasannya:

Sondang P Siagian

  • Unsur administrasi menurut Sondang P Siagian adalah:
  • Terdiri dari dua orang atau lebih
  • Ada tugas yang harus dilakukan
  • Miliki tujuan
  • Ketersediaan perlengkapan dan peralatan

Sondang P Siagian mengatakan empat elemen diatas adalah unsur mutlak dalam administrasi.

The Liang Gie

Unsur-unsur administratisi menurut The Liang Gie, terdiri dari 8 elemen yang saling berhubungan satu sama lain, yaitu:

  • Organisasi
  • Keuangan
  • Komunikasi
  • Manajemen
  • Kepegawaian
  • ketatausahaan
  • pembekalan

Demikianlah artikel tentang √ Administrasi Perkantoran : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Tugas dan Unsur dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √Fungsi Xilem dan Floem : Pengertian, Perbedaan dan Letaknya
Lihat Juga:   √Apa Itu Kata Baku : Pengertian, Ciri, Fungsi, Syarat dan Contohnya
Lihat Juga:   √Anatomi Tubuh Manusia : Pengertian, Struktur dan Penjelasanya
Lihat Juga:   √Dampak Kesenjangan Sosial : Pengertian, Faktor, Dampak dan Contohnya