Sastra Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Sastra Adalah : Pengertian, Manfaat, Ciri, Fungsi, Jenis & Contoh, yuk kita bahas sama-sama dibawah ini : Sastra-adalah


Pengertian Sastra

Sastra adalah ungkapan ekspresi manusia dalam bentuk karya tulis atau lisan berdasarkan pemikiran, pengalaman, pendapat, perasaan dalam bentuk imajinatif, cermin kenyataan atau data asli yang dibalut dalam kemasan estetis melalui media bahasa.


Pengertian Sastra Menurut Para Ahli

Menurut Panuti Sudjiman

Sastra merupakan sebagai karya lisan atau tertulis yang menghadirkan berbagai karakteristik keunggulan seperti orisinalitas, artistik, keindahan konten dan ekspresi.

Menurut Semi

Sastra adalah suatu bentuk dan hasil karya seni kreatif yang objeknya adalah manusia dan hidupnya menggunakan bahasa sebagai media.


Manfaat Sastra

Berikut dibawah ini merupakan beberapa manfaat sastra, yaitu :

  1. Sastra menunjukan kebenaran hidup
  2. Sastra untuk memperkaya rohani
  3. Sastra melampaui batas bangsa dan zaman
  4. Dengan sastra dapat memiliki santun berbahasa
  5. Sastra dapat menjadikan manusia berbudaya

Ciri-Ciri Sastra

Berikut dibawah ini merupakan ciri ciri sastra, yaitu :

  1. Isinya itu menggambarkan manusia dengan berbagai persoalannya
  2. Gaya penyajiannya yang menarik yang berkesan dihati pembacanya maupu pendengarnya
  3. Bahasanya yang indah atau juga tertata baik

Fungsi Sastra

Berikut dibawah ini merupakan fungsi sastra, yaitu :

  1. Fungsi rekreatif adalah sastra yang memberikan kesenangan atau hiburan bagi pembaca dan pendengarnya
  2. Fungsi didaktfi adalah sastra yang memberikan wawasan pengetahuan bagi pembaca dan pendengarnya.
  3. Fungsi estetis adalah sastra yang mampu memberikan keindahan pembaca dan pendengar
  4. Fungsi moralitas adalah sastra yang memberi para pembaca dan pendengar pengetahuan tentang moral yang baik dan buruk.
  5. Fungsi religius adalah sastra yang menyajikan karya-karya yang berisi ajaran agama yang menjadi teladan bagi pembaca dan pendengarnya.
Lihat Juga:   √Amandemen UUD 1945

Jenis-Jenis Sastra

Berikut dibawah ini merupakan jenis jenis sastra, yaitu :

  1. Prosa

    Prosa adalah jenis karya sastra yang berbeda dari puisi, meskipun banyak yang percaya itu sama. Prosa itu sendiri memiliki lebih banyak ritme. sedangkan penggunaan kata yang tidak bermajas. Lebih jelasnya, prosa sering disebut sebuah tulisan bebas yang tidak terikat oleh aturan-aturan tertentu dalam pembuatannya

  2. Puisi

    Untuk puisi, lebih spesifik lagi jika dibandingkan dengan prosa. Dalam puisi, Anda harus memperhatikan diksi. Sedangkan pilihan bahasa yang digunakan lebih banyak yang bermajas atau lebih konotatif. Puisi ini memiliki jenis yang berbeda berdasarkan temanya. Untuk puisi yang umumnya sangat digemari oleh anak muda, tentu saja puisi cinta. Terutama untuk saat-saat menyatakan cinta, puisi seperti ini dicari.

  3. Drama

    Drama juga merupakan karya sastra. Di sini, drama ini menggambarkan mengenai cerita kehidupan manusia melalui gerakan. Jadi tidak hanya cerita tertulis, dalam drama tokoh, cerita dan sebagainya bisa dilihat dari peran serta dialog tokoh.

  4. Dongeg

    Dongeng ini adalah karya sastra kuno yang berisi cerita-cerita yang cenderung menjadi fiksi atau hayalan yang luar biasa. Masyarakat percaya bahwa dongeng ini tidak benar-benar terjadi. Sementara asal usul dongeng itu sendiri telah diturunkan dari generasi ke generasi oleh nenek moyang sebagai cerita rakyat tradisional.

  5. Hikayat

    Hikayat umumnya merupakan karya sastra dalam bentuk prosa. Didalamnya terdapat kisah, cerita dan dongeng. Namun, sebagian besar hikayat ini menggunakan bahasa Melayu yang bisa sangat sulit dipahami, terutama bagi orang awam. Biasanya hikayat dibaca agar menjadi hiburan.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Sastra Adalah : Pengertian, Manfaat, Ciri, Fungsi, Jenis & Contoh, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.