Akomodasi Adalah

Diposting pada

Kali ini pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Akomodasi Simak dibawah ini!

Akomodasi Adalah


Pengertian Akomodasi Adalah

Akomodasi adalah sebuah usaha yang dikerjakan tujuanya menyelesaikan masalah atau konflik yang terjadi antara 2 pihak atau lebih sehingga tergapai sebuah keadaan yang kondusif.

Akomodasi adalah sebuah cara guna menyelesaikan masalah antara beberapa pihak tanpa menjatuhkan pihak manapun. Dengan adanya akomodasi jadi diharapkan semua pihak yang bertikai mendapatkan solusinya.

Akomodasi adalah istilah yang sering digunakan sosiolog untuk mendeskripsikan sebuah keadaan dimana individu ataupun kelompok yang sedang bersaing atau berkonflik berusaha menyesuaikan hubungan mereka sehingga bisa mengatasi masalah yang sedang terjadi.


Tujuan Akomodasi

Berikut Tujuan Dari Akomodasi:

  1. Meminimalisir terjadinya konflik antar individu atau kelompok yang dikarenakan dari adanya perbedaan paham.
  2. Mencegah potensi munculnya konflik lebih besar yang dapat mengakibatkan peperangan.
  3. Dapat terwujudnya kerjasama antara beberapa kelompok sosial yang hidup secara terpisah sebab perbedaan budaya serta faktor sosial.
  4. Menggabungkan kelompok-kelompok sosial yang berlatar belakang berbeda tapi mempunyai tujuan yang sama.

Karakteristik Akomodasi

Berikut adalah Karakteristik Dari Akomodasi:

  1. Kebutuhan akan akomodasi terjadi sebab adanya konflik atau pertentangan.
  2. Akomodasi sifatnya universal.
  3. Akomodasi ialah proses yang berkelanjutan atau terjadi secara terus menerus.
  4. Akomodasi adalah perpaduan antara perasaan cinta serta kebencian.

Jenis-Jenis Bentuk Dari Akomodasi

1. Kompromi

Kompromi adalah bentuk akomodasi dar pihak-pihak yang berkonflik mengerjakan musyawarah untuk mengurangi tuntutannya sehingga konflik bisa diselesaikan dengan lebih mudah dan segera.

2. Konsiliasi

Konsiliasi adalah bentuk akomodasi dari pihak-pihak yang bertikai melakukan pertemuan guna mencari solusi dari masalah yang terjadi sehingga pertikaian bisa diselesaikan.

Lihat Juga:   Negara Terkaya di Dunia

3. Stalemate

Stalemate adalah bentuk akomodasi darisalah satu pihak yang bertikai berhenti pada satu titik tertentu sebagai akibat munculnya keseimbangan kekuatan pada masing-masing pihak.

4.Coercion

Coercion adalah bentuk akomodasi dari pelaksanaannya dilakukan dengan cara paksa. Biasanya Coercion dilakukan karena salah satu pihak yang bertikai ada pada posisi yang lebih lemah, atau kekuatannya tak seimbang.

5. Arbitrasi

Arbitrasi adalah bentuk akomodasi dari pelaksanaannya menghadirkan pihak ketiga yang perannya sebagai penengah atau perantara. Pihak ketiga itu dipilih atas persetujuan pihak-pihak yang berselisih sehingga mereka bisa melakukan kompromi.

6. Toleransi

Toleransi adalah bentuk akomodasi dari pelaksanaannya mengandalkan asas saling pengertian antara pihak yang berselisih. Toleransi dikerjakan tanpa adanya persetujuan dari salah satu pihak yang berselisih.

7. Ajudikasi

Ajudikasi adalah bentuk akomodasi dari pelaksanaannya lewat proses pengadilan untuk menyelesaikan masalah. Biasanya ajudikasi dilakukan jika pihak-pihak yang berselisih tidak bisa menyelesaikan masalah dengan berbagai cara.

8. Segregation

Segregation adalah bentuk usaha penyelesaian sengketa dengan cara kedua pihak saling menghindari konflik supaya tak berkelanjutan.

9.Elimination

Elimination adalah bentuk usaha penyelesaian sengketa disebabkan adanya salah satu pihakyang bersedia  untuk mengalah, meminta maaf serta mengundurkan diri dari persaingan.

10. Mediasi

Mediasi adalah bentuk usaha menyelesaikan konflik antara 2 kelompok atau lebih yang mana kedua belah pihak itu tak mampu mencari solusi sehingga kedua belah pihak yang berkonflik atau bermasalah mendatangkan pihak  ketiga dengan bertujuan supaya konflik terselesaikan.

Mediasi tersebut beda jika dibandingan dengan arbitrasi karena dalam mediasi, pihak yang ketiga tidak mempunyai hak mengambil keputusan atau disebut bersifat netral sedangkan Pada Arbitrasi, pihak ketiga memiliki hak mengambil keputusan jika terjadi kebuntuan atau disebut bersifat tidak netral.

Lihat Juga:   Pramuka Indonesia

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang Akomodasi Semoga Dapat Bermanfaat.