Bola Voli Adalah

Diposting pada

Kali ini pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Bola Voli Berikut Penjelasannya:

Bola Voli Adalah


Pengertian Bola Voli Adalah

Bola Voli adalah sebuah cabang olah raga yang dimainkan oleh 2 tim yang saling berlawanan dimana setiap tim mempunyai 6 orang pemain. Antar lapangan kedua tim itu dibatasi oleh suatu net penghalang dengan ketinggian tertentu.

Dalam permainan bola voli ada gerakan mem-volley, yakni gerakan memukul bola sebelum jatuh terkena lapangan. Gerakan mem-volley serta memantulkan bola ke atas dapat dilakukan dengan semua tubuh dengan syarat pantulannya harus sempurna.


Sejarah Bola Voli

Permainan Bola Voli pertama kali dikenalkan oleh orang bernama William George Morgan, pada tahun 1985 di Holyoke, Massacusetts, Amerika Serikat. William George Morgan merupakan seorang instruktur pendidikan jasmani di suatu organisasi bernama Young Men’s Christian Association (YMCA).

Mulanya Morgan terinspirasi dari James Naismith, yakni penemu olah raga Bola Basket. Dengan mengadopsi serta menggabungkan beberapa permainan (baseball, tenis, bola basket, dan bola tangan), Morgan kemudian menciptakan olah raga baru yang diberi nama Mintonette (Bola Voli)..

Pada tahun 1896 nama Mintonette dirubah menjadi Volley Ball. Perubahan nama itu sekaligus menjadi pertandingan resmi pertama, yakni pada event International YMCA Training School.


Teknik Dasar Bola Voli

1. Teknik Dasar Service

  • Servis Lompat

Servis dengan cara melambungkan bola ke arah atas depan, kemudian pemain melompat serta memukul bola saat di udara ke arah lapangan lawan.

  • Servis Bawah
Lihat Juga:   Pasar Modal Adalah

Servis dengan cara melambungkan bola menyesuaikan, kemudian pemain memukul bola dari arah bawah bola dengan tangan mengepal.

  • Servis Atas

Servis dengan cara melambungkan bola ke arah atas dengan ketinggian ideal, kemudian pemain memukul bola dengan telapak tangan saat bola ada di atas kepala.

  • Servis Samping

Servis dengan cara melambungkan bola dengan ketinggian menyesuaikan, kemudian pemain memukul bola dengan cara menyamping dengan memutar tubuh.

2. Teknik Dasar Passing

  • Passing Bawah

Passing yang dilakukan pemain saat menerima bola yang mana posisi bola itu lebih rendah dari posisi kepala pemain. Teknik passing tersebut biasanya dipakai saat menerima servis dari lawan.

  • Passing Atas

Passing yang dilakukan saat menerima bola yang mana posisi bola itu ada di atas kepala pemain. Teknik passing tersebut biasanya dilakukan saat memberikan umpan kepada rekan setim, tapi bisa juga dipakai untuk menerima servis dari lawan.

3. Teknik Dasar Smash

  • Quick Smash (First Tempo)

Teknik smash yang dikerjakan oleh pemain depan tengah. Teknik menyerang tersebut dilakukan saat seorang setter memberikan umpan serta penyerang telah melompat guna memukul bola.

  • Semi Smash (Second Tempo)

Teknik smash yang dilakukan saat seorang setter memberikan umpan bola tak terlalu tinggi. Penyerang yang akan memukul bola telah mulai melompat sesudah tau arah bola lalu memukulnya.

  • Push Smash (Third Tempo)

Teknik smash yang dilakukan saat setter memberikan umpan bola sangat tinggi kemudian penyerang berlari serta melompat ke arah bola lalu memukulnya.

  • Ace Smash

Teknik smash yang dilakukan oleh seorang ace pada tim bola voli lalu memberikan pukulan keras ke daerah lapangan lawan.

  • Pull Smash

Teknik smash dengan gerakan menipu lawan dengan membuat lawan menebak teknik serangan yang dipakai, antara Quick Smash atau Semi Smash.

Lihat Juga:   √ Sejarah BPUPKI : Pengertian, Sejarah, Tugas, Tujuan dan Sidang

4. Teknik Dasar Blocking

Dalam olah raga volley ball, blocking ialah teknik bertahan guna menghalau serangan smash dari lawan supaya bola tidak melalui net. Selain itu, teknik blocking tersebut berfungsi untuk menjatuhkan bola ke dalam lapangan lawan.

Blocking hanya bisa dilakukan oleh pemain yang ada pada posisi depan garis serang. Sementara pemain yang ada pada posisi di belakang garis serang tak diperbolehkan untuk melakukan blocking.

Teknik bertahan tersebut biasanya diberikan kepada pemain yang mempunyai postur tubuh yang lebih tinggi. Dengan postur tinggi itu akan memudahkan pemain guna menghalau maupun membalikkan bola yang di-smash oleh tim lawan.


Peraturan Bola Voli

1. Ukuran Lapangan

Ukuran Lapangan Bola voli ialah 9 meter x 18 meter, mengacu pada peraturan yang dikeluarkan oleh Federasi Bola Voli Internasional (FIVB). Batas serang pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah, serta garis tepi lapangan wajib berukuran 5 cm.

Tinggi net untuk tim putera ialah 2,43 m, sementara untuk tim puteri adalah 2,24 m. Lebar net bola voli ialah 1 meter, serta jarak tiang net ke garis tepi lapangan sejauh 0,5 – 1 meter

2. Standar Bola yang Digunakan

Bola mesti terbuat dari bahan kulit lunak atau sintetis.

Bola mesti berdiameter 65-67 cm serta berat 260-280 gram.

Bola mesti mempunyai kombinasi warna sesuai ketentuan.

3. Jumlah Pemain Setiap Tim

Semua regu dalam permainan bola voli dimainkan oleh 6 orang, termasuk libero. Libero ialah pemain yang dapat keluar-masuk namun tidak diperbolehkan untuk melakukan smash. Dalam satu pertandingan, semua tim bola voli terdiri dari 10 pemain yang terdiri dari 6 pemain inti serta 4 pemain cadangan.

4. Aturan dan Larangan Dalam Bola Voli

Jersey atau baju seragam tim wajib mempunyai nomor punggung dan dada. Sementara nomor pada celana pendek ada pada bagian depan paha kanan. Para pemain juga wajib memakai kaos kaki serta sepatu karet.

Lihat Juga:   Pengertian HAM

Saat pertandingan berlangsung, para pemain tak boleh menyentuh net atau melalui batas tengah lapangan. Kalau melanggar, maka tim lawan akan mendapatkan poin.

Pemain mesti melakukan servis dari luar lapangan serta tidak boleh menginjak atau melewati garis lapangan.

Pemain tak boleh menangkap atau melempar bola, tapi mesti dipantulkan dengan sempurna dengan memakai tangan, kepala, atau kaki.

Bola dianggap out kalau telah menyentuh bagian luar permukaan lapangan. Jika pemain masih bisa memantulkan bola sebelum jatuh ke permukaan lantai jadi belum dianggap out.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang Bola Voli Semoga Dapat Bermanfaat: