Implementasi Adalah

Diposting pada

Kali ini pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Implementasi apa sih artinya? simak dibawah ini!

Implementasi Adalah


Pengertian Implementasi Adalah

Implementasi adalah sebuah penerapan atau tindakan yang dilaksanakan berdasarkan rencana yang sudah disusun atau dibuat dengan cermat serta terperinci terdahulu.

Pendapat lain menyatakan bahwa implementasi adalah sebuah tindakan atau bentuk aksi nyata dalam melakukan rencana yang sudah dirancang dengan matang. Implementasi hanya bisa dilakukan kalau telah ada perencanaan serta tak hanya sekedar tindakan semata.

Dari penjelasan itu kita bisa melihat bahwa implementasi bermuara pada mekanisme sebuah sistem. Penerapan implementasi wajib sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat supaya hasil yang digapai sesuai dengan yang diharapkan.


Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli

1. Prof. Tachjan

Prof. Tachjan Menyatakan Implementasi adalah sebuah tindakan atau kegiatan yang dilaksanakan sesudah adanya kebijakan.

2. Budi Winarno

Budi Winarno Menyatakan Implementasi adalah sebuah tindakan yang wajib dilakukan oleh sekelompok individu yang ditunjuk dalam penyelesaian sebuah tujuan yang telah ditetapkan terdahulunya.

3. Hanifah Harsono

Hanifah Harsono Menyatakan Implementasi adalah sebuah proses guna melakukan kebijakan demi tindakan kebijakan dari politik terhadap administrasi serta Pengembangan kebijakan dalam tujuan penyempurnaan sebuah program.

4. Nurdin Usman

Nurdin Usman Menyatakan Implementasi adalah sesuatu yang bertujuan pada akhtivitas, aksi, tindakan atau aktivitas yang dilaksanakan secara berurutan serta terikat oleh mekanisme. Kemudian implementasi bukan hanya aktivitas, namun sebuah kegiatan yang terencana guna mencapai tujuan kegiatan.

Lihat Juga:   Kerajaan Islam Di Indonesia

5. Solichin Abdul Wahab

Solichin Abdul Wahab Menyatakan Implementasi adalah semua tindakan yang dilakukan, baik individu ataupun kelompok di dalam pemerintah atau swasta, yang ditargertkan pada tergapainya tujuan-tujuan yang sudah ditentukan dalam keputusan kebijakan.

6. Pressman dan Wildavsky

Pressman dan Wildavsky Menyatakan Implementasi adalah sebuah tindakan untuk melaksanakan, mewujudkan, serta menyelesaikan kewajiban ataupun kebijakan yang sudah dirancang.


Tujuan Implementasi

  1. Untuk melakukan rencana yang sudah disusun dengan cermat, baik oleh individu ataupun kelompok.
  2. Untuk menguji serta mendokumentasikan sebuah prosedur terhadap penerapan rencana atau kebijakan.
  3. Untuk mewujudkan tujuan-tujuan yang mau digapai di dalam perencanaan atau kebijakan yang sudah dirancang.
  4. Untuk bisa tau kemampuan masyarakat dalam menerapkan sebuah kebijakan atau rencana sesuai apa yang diharapkan.
  5. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan sebuah kebijakan atau rencana yang sudah dirancang demi perbaikan dan peningkatan kualitas.

Contoh-contoh Dalam Implementasi

1. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila

Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang mengajarkan mengenai nilai-nilai luhur yang wajib dilakukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Nilai-nilai Pancasila itu menjadi pedoman untuk masyarakat Indonesia serta menjadi moral kehidupan.

Selanjutnya, nilai-nilai Pancasila itu wajib diimplementasikan oleh masyarakat Indonesia supaya tujuan-tujuan berbangsa serta bernegara bisa tercapai.

Berikut Contoh implementasi nilai-nilai Pancasila sebagai berikut:

  1. Menjaga kebersihan lingkungan dengan cara membuat kegiatan kerja bakti secara bergotong-royong.
  2. Menjaga ketertiban serta keamanan di lingkungan masyarakat dengan cara memperkuat kesatuan serta persatuan masyarakat dengan bersama-sama mengamankan lingkungan kita.
  3. Memberikan pertolongan pada tetangga yang membutuhkan, khusunya mereka yang tertimpa musibah.

2. Implementasi Kebijakan Publik

Pemerintah mempunyai pertimbangan sering mengeluarkan kebijakan publik, contohnya kebijakan publik di bidang pendidikan. Setiap kebijakan publik di bidang pendidikan pasti ada tujuan yang mau dicapai.

Lihat Juga:   Pakaian Adat Jawa Barat

Contoh implementasi kebijakan di bidang pendidikan sebagai berikut:

  1. Pergantian kurikulum yang bertujuan supaya pendidikan di Indonesia semakin maju.
  2. Pemberian bantuan dana operasional sekolah (BOS) yang tujuannya untuk membantu membangun serta memperbaiki sekolah sampai menjadi tempat belajar yang nyaman untuk siswa.
  3. Penerapan pendidikan budaya serta karakter di sekolah supaya generasi muda penerus bangsa mempunyai pengetahuan mengenai budaya Indonesai serta mereka mempunyai moral yang lebih baik.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id semoga bermanfaat