Kas Adalah

Diposting pada

Kali ini Pengajar.co.id ingin membagikan Artikel Tentang Kas Berikut penjelasannya secara lengkap:

Kas Adalah


Pengertian Kas Adalah

Kas adalah harta kekayaan perusahaan yang bersifatnya sangat likuid dan berjangka pendek yang bisa dipakai dengan bebas guna kegiatan operasional perusahaan.

Ada yang bilang Kas adalah suatu aktivas perusahaan berbentuk uang tunai yang disimpan oleh perusahaan bersangkutan maupun disimpan di Bank serta bisa dipakai untuk kegiatan umum perusahaan bersangkutan.

Di dalam dunia bisnis, besarnya kas sebuah organisasi menjadi salah satu indikator kinerja organisasi itu. Dengan kata lain, semakin besar nilai kas sebuah perusahaan maka kinerja perusahaan itu dikira semakin baik.


Pengertian Kas Menurut Para Ahli

1. Rizal Effendi

Rizal Effendi Menyatakan Kas adalah segala sesuatu (baik yang bentuknya uang atau bukan) yang bisa dipakai sebagai alat pembayaran atau alat pelunasan kewajiban.

Contoh dari kas adalah rekening giro di bank (cash in bank), serta uang kas yang ada diperusahaan (cash on hand). Kas dalam perusahaan adalah harta yang paling lancar, sehingga dalam perhitungan ditempatkan paling atas dalam kelompok paling atas.

2. Dwi Martani

Dwi Martani Menyatakan Kas adalah aset keuangan yang paling likuid yang dipakai guna kegiatan operasional perusahaan serta membayar kewajiban perusahaan.

3. Thomas Sumarsan

Thomas Sumarsan menyatakan Kas adalah aset lancar yang bersifat sangat likuid serta bisa dipakai secara langsung guna keperluan operasional perusahaan.

Lihat Juga:   √ Pengertian Haji dan Umrah : Pengertian, Hukum, Jenis dan Perbedaan

4. Rudianto

Rudianto menyatakan Kas adalah sebuah alat pertukaran yang dipunyai oleh perusahaan serta siap guna dipakai dalam transaksi perusahaan setiap saat diperlukan.

5. Dwi Martani dkk

Dwi Martani menyatakan Kas adalah aset keuangan perusahaan yang dipakai guna kegiatan operasional perusahaan itu. Kas adalah alat pembayaran yang bisa dipakai secara bebas guna membiayai kegiatan entitas.


Ciri-ciri Kas

  1. Kas adalah aset perusahaan yang paling likuid.
  2. Kas bisa dipakai sebagai standar pertukaran yang paling umum.
  3. Kas bisa dipakai sebagai basis perhitungan serta pengukuran.

Fungsi Kas

  1. Kas Kecil guna membayar pengeluaran-pengeluaran perusahaan yang jumlah angkanya kecil.
  2. Untuk dana talangan guna membayar pengeluaran yang bersifat mendadak.
  3. Untuk dana langsung guna jenis-jenis pembayaran yang tak praktis jika memakai cek.
  4. Untuk mempercepat proses pembayaran yang tak praktis jika memakai lampiran keuangan yang wajib ditandatangani direktur terlebih dahulu.

Jenis-jenis Kas

1. Petty Cash (Kas Kecil)

Petty cash adalah kas dalam bentuk uang tunai yang digunakan oleh perusahaan untuk membayar bermacam-macam pengeluaran yang nilainya relatif kecil serta tidak ekonomis jika membayarnya dengan cek.

2. Kas di Bank

Kas di Bank adalah uang yang disimpan oleh perusahaan di rekening Bank yang jumlahnya lumayan besar serta membutuhkan keamanan yang lebih baik. Dalam hal tersebut, kas di Bank selalu berkaitan dengan rekening koran perusahaan di Bank itu.

3. Pelaporan Kas

Pelaporan kas bisa dilakukan secara langsung. Tapi, pada pelaksanaanya bisa terjadi beberapa masalah, yaitu:

  • Cash Equivalents: Kelompok aset perusahaan yang kurun waktunya kurang dari 3 bulan.
  • Restricted Cash: Kas yang dipisahkan khusus gna membayar kewajiban di masa mendatang yang nilainya lumayan besar.
  • Bank Overdrafts: Rekening negatif yang terjadi disebablan nasabah menulis cek yang melebihi jumlah dana yang ada di rekeningnya serta dianggap sebagai utang sehingga bisa dilaporkan sebagai sebuah ekspansi kredit.
Lihat Juga:   √Apa Itu Bioteknologi : Pengertian, Jenis, Manfaat, Dampak dan Contohnya

Cara Pembuatan Kas

Di mulai dengan menyiapkan terlebih dahulu berapa banyak dana yang dibutuhkan untuk pembayaran yang akan memakai kas selama periode tertentu.

Selanjutnya perusahaan akan mengisi dana kas dengan mencairkan dana di bank terlebih dahulu. Pada sistem pengendalian intern, wajib dipisahkan antara pengelolaan dana kas kecil serta pengelolaan dana kas  pusat (kasir umum).

Pengelola serta yang bertanggungjawab atas dana kas kecil adalah petugas yang disebut dengan pemegang kas kecil serta bertanggung jawab atas penyimpanan serta pemakaian dana perusahaan itu.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang Kas Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua