√ Lembaga Keuangan : Pengertian, Jenis, Fungsi, Tujuan dan Manfaatnya

Diposting pada

Pengertian Lembaga Keuangan

Lembaga keuangan merupakan salah satu badan usaha yang mengumpulkan sebuah asset dalam bentuk dana dari masyarakat dan disalurkan untuk pembiayaan sebuah proyek pembangunan dan untuk kegiatan ekonomi dengan memperoleh hasil dalam berupa bunga sebesar presentase khusus dari besarnya dana yang dikirimkan.

Jenis-jenis Lembaga Keuangan

Terdapat beberapa jenis lembaga keuangan, berikut dibawah ini penjelasannya

1). Lembaga Keuangan Bank

lembaga keuangan Bank merupakan sebuah lembaga intermediasi keuangan didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menciptakan promes atau yang dikenal sebagai banknote.

2). Lembaga Keuangan Bukan Bank

lembaga keuangan bukan Bank merupakan lembaga keuangan yang menawarkan berbagai jasa keuangan dan menarik dana dari masyarakat secara tidak langsung (non depository). Beberapa jenis lembaga keuangan non bank diantaranya yaitu perusahaan asuransi, perusahaan leasing, perusahaan dana pensiun, reksadana, bursa efek, pegadaian, perusahaan modal ventura dll.

Fungsi Lembaga Keuangan

Adapun fungsi lembaga keuangan ialah sebagai berikut

1). sebuah lembaga keuangan dalam menjalankan aktivitasnya mempunyai fungsi yakni :
2). melancarkan pertukaran produk (barang dan jasa) dengan memakai uang dan instrumen kredit
3). mengumpulkan dana yang berasal dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya ke masyarakat berbentuk pinjaman. Atau dengan bahasa lain. Lembaga keuangan mengumpulkan dana dari pihak yang mempunyai dana lebih dan menyalurkannya ke pihak yang kekurangan dana.
4). Memberikan pengetahuan dan informasi, yaitu:
Lembaga keuangan menjalankan sebuah tugas sebagai pihak yang ahli didalam menganalisis ekonomi dan kredit untuk suatu keperluan sendiri dan keperluan lain (nasabah)
Lembaga keuangan wajib untuk melakukan penyebaran informasi dan aktivitas yang bermanfaat dan memberikan keuntungan bagi nasabahnya.

Tujuan Lembaga Keuangan

Adapun tujuan lembaga keuangan ialah sebagai berikut

1). Bank mengumpulkan dana dari masyarakat dengan mengeluarkan dokumen berharga agar dana masyarakat lebih aman.
2). Bank menyalurkan kembali dana yang dikumpulkan tersebut untuk dipakai dalam pembiayaan di bidang ekonomi dan pembangunan.
3). Bank memberikan bantuan modal berupa kredit kepada masyarakat maupun perusahaan untuk modal usaha.
4). Pengadaian memberikan pinjaman kepada nasabah dengan jaminan barang atau surat berharga.
5). Koperasi memberikan jasa simpan-pinjam bagi para anggotanya supaya pemakai uang lebih produktif dan anggotanya terbebas dari rentenir.

Manfaat Lembaga Keuangan

Adapun manfaat dari lembaga keuangan yaitu sebagai berikut

1). Pengalihan Aset

Sebuah peran penting dari lembaga keuangan ialah melakukan pengalihan aset (Assets Transmutation). Aset lembaga keuangan dalam bentuk dana dipinjamkan kepada pihak lain untuk diproses dalam masa waktu tertentu. dan dana tersebut diperoleh dari simpanan masyarakat yang menabung di Bank.

2). Likuiditas

Peran lembaga keuangan berikutnya yaitu yang berhubungan dengan likuiditas (Liquidity) maupun keahlian memperoleh uang tunai saat diperlukan.

3). Realokasi Pendapatan

Manfaat lembaga keuangan lainnya yaitu sebagai badan usaha yang mampu melakukan realokasi pendapatan (Income Reallocation). Dalam hal ini lembaga keuangan berperan sebagai tempat realokasi pendapatan supaya bisa dipakai di masa depan.

4). Transaksi

Lembaga keuangan mempunyai peranan penting dalam penyediaan jasa dan mempermudah transaksi moneter.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang √ Lembaga Keuangan : Pengertian, Jenis, Fungsi, Tujuan dan Manfaatnya semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Pengertian Pangsa Pasar : Segmentasi, Tujuan, Contoh dan Strateginya
Lihat Juga:   √ Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka : Pengertian dan Nilai
Lihat Juga:   √ Cerita Rakyat Jawa Barat : Asal Usul Kota Bandung
Lihat Juga:   √Apresiasi Seni Rupa : Pengertian, Fungsi, Tingkatan, Jenis, Manfaat dan Contohnya