Pengertian Limbah Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Pengertian Limbah Adalah: Jenis, Dampak, Contoh, Pengelolaan, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini : Pengertian-Limbah-Adalah


Pengertian Limbah

Pengertian Limbah menurut kamus besar Bahasa Indonesia adalah sesuatu yang tidak memiliki nilai atau tidak lagi berharga. Dan juga bisa diartikan sebagai sisa dari proses produksi. Sementara itu, sesuai dengan peraturan pemerintah No. 101 tahun 2014 berarti bahwa limbah adalah sisa dari bisnis atau kegiatan.

Limbah berbeda dari sampah, sampah dianggap sebagai sisa dari buangan yang sering ditemukan dalam kegiatan rumah tangga. Sedangkan untuk limbah ialah sisa yang dihasilkan oleh kegiatan industri.


Limbah Berdasarkan Bentuknya

Limbah sesuai bentuknya dibagi menjadi 4 yaitu limbah cair, limbah padat, limbah gas dan limbah bahan berbahaya dan beracun. Untuk limbah cair yang diproduksi oleh industri yang menggunakan banyak bahan cair dalam proses produksinya.

Limbah padat berasal dari kegiatan domestik seperti rumah tangga, perdagangan, dan toko. Lalu ada limbah dalam bentuk gas yang keluar dari cerobong asap pabrik yang bisa berupa uap air, debu dan asap. Dan yang sangat berbahaya adalah limbah B3 karena mengandung bahan berbahaya dan beracun.


Jenis Limbah Berdasarkan Senyawanya

Berikut dibawah ini jenis jenis limbah, yaitu :

  1. Limbah Organik

    Limbah organik adalah limbah yang terdapat senyawa karbon yang berasal dari makhluk hidup, contohnya kotoran hewan, buah busuk.

  2. Limbah Non-Organik.

    Limbah jenis ini merupakan limbah yang sangat sulit terurai seperti plastic, kaca.

  3. Limbah B3 (Bahan Berbahaya Beracun)

    Pengertian limbah B3 adalah bekas dari suatu kegiatan / perusahaan yang mengandung bahan berbahaya atau beracun yang, karena sifatnya, konsentrasi atau jumlahnya, dapat merusak dan mencemari sekaligus membahayakan kehidupan manusia. dan makhluk hidup lainnya.


Dampak Limbah

Jika tidak dikelola dengan baik, limbah ini tentunya akan berdampak pada kehidupan Anda dan lingkungan. Seperti dampak limbah pada manusia, mulai dari terkena berbagai penyakit seperti diare, tifus, gangguan syaraf, sesak napas, dan juga bisa menyebabkan keracunan yang berakibat kematian.

Dampak limbah ini terhadap lingkungan dimulai dengan gangguan ekosistem lingkungan sekitarnya dan jika limbah cair yang mengandung bahan kimia memasuki tanah dan bercampur dengan air tanah, ini akan secara signifikan mempengaruhi kesuburan tanah dalam air. yang akan dikonsumsi oleh manusia.


Pengelolaan limbah

Limbah dengan kandungan berbahaya seperti limbah industri dapat kembali diolah lagi secara fisik, kimiawi, atau biologi. Pengolahan limbah secara fisik mencakup penyaringan, filtrasi, flotasi dan teknologi membran. Pengolahan limbah secara kimia bisa berupa pengobatan dengan proses redoks atau pengolahan tanpa melalui proses reduksi-oksidasi. Pengolahan limbah dengan cara biologi bisa dilakukan secara aerob atau anaerob.


Contoh Limbah

Berikut dibawah ini merupakan contoh limbah, yaitu :

Contoh Limbah Organik

  1. Sisa sayuran
  2. Tulang hewan
  3. Daun-daun
  4. Kotoran hewan
  5. Sisa-sisa makanan
  6. Bangkai hewan
  7. Sobekan kertas
  8. Ranting pohon
  9. Sisa kapas
  10. Kulit telur
  11. Ampas kopi
  12. Potongan rambut
  13. Buah busuk
  14. Rumput liar
  15. Jerami sisa

Contoh Limbah Anorganik

  1. Plastik
  2. Pecahan kaca
  3. Logam besi
  4. Air deterjen
  5. Sisa sabun cuci
  6. Potongan kain
  7. Botol minuman
  8. Limbah minyak
  9. Tas kresek
  10. Bungkus makanan
  11. Sterofoam
  12. Paku
  13. Pecahan keramik
  14. Tutup botol
  15. Ban bekas

Contoh Limbah Padat

  1. Plastik
  2. Pecahan kaca
  3. Kertas
  4. Logam
  5. Kayu
  6. Sisa makanan
  7. Kardus
  8. Limbah karet
  9. Daun kering
  10. Kaleng
  11. Botol minuman
  12. Ban bekas
  13. Ranting pohon
  14. Paku
  15. Bungkus makanan

Contoh Limbah Cair

  1. Air sabun
  2. Air hujan
  3. Sisa detergen
  4. Sisa minyak goreng
  5. Air tinja
  6. Cairan buangan industri
  7. Air sisa irigasi
  8. Sisa minuman
  9. Sisa air cucian
  10. Rembesan AC
  11. Limbah air kelapa
  12. Cairan tekstil
  13. Raksa
  14. Getah pohon
  15. Limbah laundry

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Pengertian Limbah Adalah: Jenis, Dampak, Contoh, Pengelolaan, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.

Lihat Juga:   √Akuntansi Biaya : Pengertian, Fungsi, Klasifikasi, dan Siklusnya