√ Negara Adalah : Pengertian, Sifat dan Unsurnya

Diposting pada

Pengertian negara

Negara ialah sebuah organisasi dari satu kelompok atau beberapa kelompok manusia yang bersama-sama menempati sebuah wilayah tertentu dan memiliki satu sistem pemerintahan yang melayani rakyatnya dengan adanya aturan-aturan serta kesejahteraan dan kemakmuran satu kelompok atau beberapa kelompok rakyat yang mendiami negara tersebut.

√ Negara Adalah : Pengertian, Sifat dan Unsurnya

Sifat-Sifat Negara

Menurut seorang pakar yang bernama Budiarjo, Negara memiliki sifat-sifat inti yang merupakan hasil dari kedaulatan yang dimiliki oleh Negara dan hanya ada pada sebuah Negara saja. Sifat-sifat itu ialah sifat yang mengharuskan, monopoli dan sifat yang menyatakan keseluruhan diantara nya ialah:

Sifat Mengharuskan

Negara memiliki sifat mengharuskan yakni memiliki kekuasaan untuk menggunakan kekerasan fisik secara legal. Dalam hal ini hanyalah polisi dan tentara yang memang di bidang pertahanan dan keamanan. Unsur paksa bisa dilihat, misalnya, pada aturan sistem pembayaran pajak. Tiap-setiap warga negara wajib membayarkan pajak dan orang yang tidak membayar pajak atas keharusan ini dapat dikenakan sanksi atau hukuman. Demikian juga bagi orang yang terjerat kasus kejahatan kemudian tidak menjalani pemanggilan polisi dan pihak penyelidik maka orang tersebut bisa dijemput paksa oleh pihak berwajib.

Sifat monopoli

Negara mempunyai sifat monopoli dalam menyatakan tujuan bersama warga masyarakat. Dalam hal ini, negara dapat memutuskan bahwasannya suatu keberpihakan atau aliran politik tertentu tidak dapat ada dan idpublikasikan dikarenakan berlawanan dengan apa yang sudah menjadi tujuan dari masyarakat.

Sifat mencakup semua

keseluruhan tata tertib dan perundang-undangan di sebuah negara berlaku atas semua orang tanpa pandang ras ataupun agama, hal ini berguna demi menuju ke tercapainya warga yang diharapkan semuanya.

Unsur negara

Pada sesungguhnya negara memiliki beberapa unsur diantaranya ialah :

Wilayah

Wilayah ialah sebuah teritorial yang menjadi kekuasaan negara dan menjadi tempat bermukimnya bagi rakyat sebuah negara. Wilayah negara diantaranya wilayah darat, laut dan udara.

Rakyat

Rakyat ialah penduduk yang berdiam di wilayah sebuah Negara dan tunduk pada atuan yang telah disepakati bersama dan mendukung negara untuk menjadi maju dan sejahtera.

Pemerintah

Pemerintah ialah sebuah bagan organisasi yang bertugas atas nama negara dan melaksanakan kekuasaan negara. Pemerintah berkewajiban untuk merancang dan mengambil keputusan-keputusan untuk semua warga negara di dalam kepemimpinannya/kekuasaannya.

Kedaulatan

Kedaulatan ialah kekuasaan tertinggi untuk merancang dan mengesahkan undang-undang dan mengaplikasikanya dengan berbagai cara yang ada. Negara memiliki kekuasaan tertinggi untuk mengharuskan seluruh penduduknya mentaati aturan aturan atau undang-undang dan mempertahankan kemerdekaan dari serangan-serangan dan negara lain serta memperjuangkan kedaulatan ke luar. Untuk itu Negara menharapkan loyalitas yang pasti dari warga negaranya.

Demikianlah artikel tentang √ Negara Adalah : Pengertian, Sifat dan Unsurnya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Lihat Juga:   √Cara Membuat Proposal : Pengertian, Jenis, Unsur, Tujuan dan Fungsinya
Lihat Juga:   √Contoh Tumbuhan Monokotil : Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contohnya
Lihat Juga:   √ Konsep Dasar Geografi : Ruang Lingkup, Struktur dan Aspeknya
Lihat Juga:   √ Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka : Pengertian dan Nilai