Paragraf Klasifikasi Adalah

Diposting pada

Pada pembahasan kita kali ini akan mengulas mengenai paragraf klasifikasi, yang mana akan meliputi pengertian, contoh dan ciri, untuk lebih mengerti dan untuk lebih memahaminya berikut ulasan lengkap di bawah ini.Paragraf-Klasifikasi


Daftar Isi Artikel Ini :

Pengertian Paragraf klasifikasi

Paragraf Klasifikasi adalah sebuah paragraf yang mana topik utama dikembangkan dengan mengelompokan ke beberapa kelompok yang berdasarkan sifat atau ciri ciri tertentu.

Paragraf Klasifikasi merupakan salah satu pengembangan paragraf eksposisi sehingga paragraf ini mempunyai tujuan untuk memberikan suatu informasi yang jelas kepada para pembaca.


Ciri-ciri Paragraf Klasifikasi

  • Berikut dibawah ini merupakan ciri-ciri Paragraf Klasifikasi diantaranya :
  • Paragraf ini menggunakan ungkapan seperti “digolongkan”, “diklasifikasi”, “dibagi” dan lain-lain. Kata ini biasanya dijumpai pada awal atau dijadikan gagasan utama paragraf
  • Paragraf Klasifikasi mempunyai sifat informatif, oleh karena itulah kalimat dalam paragraf klasifikasi adalah kalimat dalam bentuk fakta
  • Secara keseluruan paragraf ini mengandung penggolongan suatu hal berdasarkan acuan atau ciri-ciri tertentu

Contoh Paragraf Klasifikasi

Contoh 1

Sadar atau tidak ternyata kita mempunyai tiga jenis teman yang berada disekitar kita, kelompok teman yang pertama adalah teman disaat senang. Teman yang seperti ini akan selalu ada disaat senang dan sangat mudah sekali untuk dicari. Ada banyak sekali jumlahnya di luar sana. Teman yang seperti ini akan selalu ada disaat kita sedang dalam keadaan sedang atau gembira, tapi pada saat kita sedang ada masalah, mereka pasti akan menghilang tidak tau kemana.

Kelompok teman kedua adalah teman dekat, teman dekata atau sering disebut sahabat adalah teman yang sangat dekat sekali dengan kita. Mereka akan selalu menghabiskan waktu bersama kita hingga kita akan tahu segala sesuatu mengenai mereka. Teman seperti ini akan selalu ada disaat kita sedang susah ataupun senang. Akan tetapi mencari teman dekat sangat sulit, harus ada proses untuk menemukannya. Karena itulah mempunyai satu teman dekat saja sudah sangat cukup membuat bahagia.

Lihat Juga:   √ Jenis-Jenis Kenakalan Remaja : Pengertian, Faktor, Dampak, Cara Mengatasi dan Contohnya

Kelompok teman ketiga adalah teman biasa, kelompok teman yang seperti ini merupakan teman yang hanya sebatas kenal. Mereka tahu siapa kita dan kitapun tahu siapa mereka, tapi kita tidaklah terlalu dekat dengannya. Teman biasa ini diibaratkan seperti dua mata pisau, disatu sisi dia bisa menjadi saingan, tapi disisi lain dia juga bisa menjadi tolak ukur atau motivator bagi kita. Teman tipe ini biasanya lama kelamaan akan menjadi teman dekat atau teman pada saat senang.

Contoh 2

Sampah atau limbah rumah tangga yang setiap hari dihasilkan ternyata dapat dibedakan menjadi beberapa macam. Untuk jenisnyaa, sampah dibedakan menjadi sampah organi, anorganik dan sampah kimiawi.

Sampah organik adalah jenis sampah yang cepat terurai atau mengalami proses pembusukan dengan sangat cepat. Sampah organik dalam limbah rumah tangga seringkali dalam bentuk sisa makanan.

Sampah anorganik adalah barang-barang yang bukan organik dan memerlukan waktu yang sangat lama untuk bisa diuraikan oleh alam. Jika dibiarkan begitu saja, maka sampah anorganik akan memenuhi tempat pembuangan sampah.

Sampah kimiawi adalah sampah yang sangat berbahaya. Sampah kimiawi biasanya berbentuk benda cair atau terlarut dan menimbulkan efek negatif dalam kadar tinggi. Sampah kimiawi dalam limbah rumah tangga bersumber dari barang-barang yang biasanya digunakan setiap hari, contohnya shampoo, detergen, sabun, dan cairan kimia lainnya.

Contoh 3

Hewan bisa kita bagi menjadi tiga macam jenis berdasarkan makanannya. Diantaranya herbivora, karnivora, dan omnivora.

Hewan herbivora adalah sebutan untuk hewan yang mempunyai jenis makanannya adalah  tumbuhan. Posisi hewan herbivora merupakan tingkat pertama pada rantai makanan. Jenis hewan-hewan yang masuk herbivora adalah, belalang, sapi, kuda, keledai, dan kambing.

Lihat Juga:   √ Apa Itu Offline : Pengertian dan Perbedaannya Secara Lengkap

Hewan karnivora adalah jenis hewan yang memangsa hewan lain. Hewan karnivora bisa juga kita sebut sebagai predator untuk hewan-hewan herbivora. Jenis-jenis hewan yang termasuk sebagai hewan karnivora adalah serigalam, musang, dan harimau.

Hewan omnivora adalah jenis hewan yang makanannya berupa tumbuhan dan hewan lainnya. Jenis hewan yang termasuk kedalam kategori omnivora adalah, bebek, ayam, beruang, dan orang utan.

Contoh 4

Menurut bijinya, tumbuhan diklasifikasikan menjadi dua macam, pertama tumbuhan monokotil dan kedua tumbuhan dikotil. Tumbuhan monokotil  adalah tumbuhan yang mempunyai biji dengan satu keping. Tumbuhan ini mempunyai ciri-ciri diantaranya :

  • Akar serabut
  • Batang tidak berkayu
  • Bercabang serta mempunyai ruas-ruas
  • Daun dan tulang daun yang memanjang

Tumbuhan yang termasuk dalam kelas ini adalah pohon pisang, rumput, tebu, dan lain-lain

Selanjutnya tumbuhan dikotil adalah jenis tumbuhan yang bijinya berkeping dua. Tumbuhan yang termasuk kelas ini bisa diidentifikasi dengan cara melihat ciri-cirinya sebagai berikut :

  • Akar tunggang
  • Batang bercabang dan berkayu
  • Daun yang bervariasi (melengkung, majemuk, dan menyirip)

Tumbuhan yang termasuk dalam klasifikasi dikotil diantaranya : jeruk, pohon beringin, jati, pohon mangga, akasia dan lain sebagainya.

Contoh 5

Berdasarkan jenisnya, demam dapat dibedakan menjadi lima jenis yaitu : demam remiten, demam kontinyu, demam intermiten, dan demam bifasiq. Jenis demam ini bisa terjadi dikarenakan oleh penyakit atau infeksi yang mengjangkiti anggota badan.

Penyakit demam kontinyu disebabkan karena adanya virus pneumonia di dalam tubuh, penyakit remiten disebabkan karena terdapat penyakit demam jantung rematik dan infeksi endokarditis.

Penyakit demam intermiten disebabkan karena virus malaria, dan penyakit bifasiq disebabkan karena virus demam berdarah atau leptospirosis.

Contoh 6

Berdasarkan gejalanya batuk pneumonia terdiri dari batuk kering kemudian menjadi batuk disertai dahak yang berwarna kuning, hijau, atau merah kebiruan, demam, merasa nyeri ketika mengambil napas dalam-dalam, dan sulit bernafas.

Lihat Juga:   √ Esai Adalah : Pengertian, Struktur dan Contoh Esai

Jenis penyakit seperti ini bisa terjadi dikarenakan adanya virus dan bakteri. Karena itu, jika sedang mengalami gejala-gejala pneumonia yang ada diatas, segeralah periksakan diri ke dokter untuk diberi obat guna mengatasi virus dan kateri akibat pneumonia tersebut.

Contoh 7

Pertumbuhan merupakan sebuah proses alamiah secara umum terjadi pada setiap mahluk hidup sama halnya juga dengan manusia. Manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan melalui beberapa fase mulai dari dilahirkan hingga meninggal dunia.

Perkembangan dan pertumbuhan hidup manusia tergolong ke beberapa fase, yang mana diantaranya ialah balita, anak-anak, remaja, dewasa, dan manusia lanjut usia. Fase balita adalah manusia yang baru dilahirkan dengan rentan usia kurang dari satu tahun hingga usia lima tahun. Sedangkan mulai dari usia lima tahun hingga 19 tahun, manusia berada pada fase remaja. Fase dewasa berada pada usia 19 hingga 40 tahun. Sedangkan untuk manusia lanjut usia dari umur 40 tahun keatas, untuk fase tua ini adalah fase terakhir bagi manusia hingga akhir hayat mereka.

Demikianlah ulasan mengenai √ Paragraf Klasifikasi Adalah : Pengertian, 7 Contoh & Ciri semoga bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.