Pencemaran Tanah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel mengenai Pencemaran Tanah, yuk disimak ulasannya dibawah ini :pencemaran tanah


Pengertian Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah adalah suatu kondisi di mana bahan kimia buatan manusia menembus dan mengubah lingkungan tanah alami. Pencemaran ini biasanya terjadi sebagai akibat dari: kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial; Penggunaan pestisida; Masuknya air tanah yang terkontaminasi di lapisan bawah tanah; kendaraan untuk kecelakaan, kimia atau limbah pengangkut; Air limbah dari tempat pembuangan sampah, serta limbah industri dibuang langsung ke tanah dengan tidak memenuhi syarat (ilegal dumping).

Ketika zat berbahaya/beracun mencemari permukaan tanah, ia dapat menguap, dilenyapkan oleh air hujan dan atau memasuki tanah. Polusi yang memasuki Tanah kemudian diserap sebagai bahan kimia beracun di dalam tanah. Racun dalam tanah dapat berdampak langsung pada manusia ketika kontak atau dapat mencemari air tanah dan udara pada mereka.


Jenis Jenis Pencemaran Tanah

Berikut dibawah ini beberapa jenis pencemaran tanah :

  • Pencemaran yang disebabkan oleh domestikasi

Jenis polusi tanah pertama adalah pencemaran yang disebabkan oleh limbah dosmetik. Pencemaran disebabkan oleh aktivitas sehari-hari manusia dalam kegiatan rumah tangga. Berbagai kegiatan manusia menghasilkan limbah rumah tangga, seperti sektor perdagangan, industri, bahkan pariwisata.

Dengan kata lain, limbah rumah tangga adalah limbah rumah tangga atau perdagangan yang sering muncul di sekitar kita. Contoh sampah rumah tangga meliputi plastik, kertas dan deterjen air sisa.

Ketika kita berada di pasar, kita akan menemukan banyak sampah plastik di sana dan sisanya dari sayuran juga akan ditinggalkan. Selama tetap, plastik akan mencemari dan mencemari tanah. Limbah rumah tangga sendiri sesuai dengan bentuk dibagi menjadi dua yaitu cair dan juga padat.

Limbah rumah tangga yang berbentuk cair misalnya sisa deterjen, sisa sabun mandi, limbah membuat Tempe, minyak, cat air, dan bekas luka lainnya, dan sebagainya. Sementara limbah padat adalah limbah yang sulit untuk diuraika oleh mikroorganisme seperti plastik.

  • Pencemaran Limbah Pabrik

Polusi tanah kedua adalah pencemaran dari limbah pabrik. Apa yang dimaksud dengan limbah pabrik adalah industri limbah yang hampir selalu Diperoleh dari setiap kegiatan produksi. Pencemaran dari limbah pabrik lebih dari maksudnya, karena Indonesia saat ini berubah menjadi negara industri, sehingga semakin banyak sektor industri yang sedang dibangun, termasuk industri kecil atau industri rumahan.

Limbah pabrik atau subsisten lebih berbahaya daripada limbah rumah tangga. Hal ini karena jumlah yang dibuang lebih besar dan biasanya isi kimia lebih dan lebih keras. Bahkan, untuk limbah industri ini dapat diharapkan dengan pengobatan yang tepat. Pemerintah juga telah menyediakan legislasi tentang pembuangan limbah.

Tapi kita tahu bahwa karakter manusia sering meremehkan ini tanpa berpikir lebih dalam, yang hanya memikirkan keuntungan itu mungkin, itulah sebabnya mengapa masih banyak orang yang melemparkan jubah mereka secara acak.

Limbah tanaman sesuai dengan bentuk, dibagi menjadi dua jenis, yaitu limbah padat dan juga limbah cair. Limbah padat biasanya membentuk Lumpur atau bubur. Sementara itu, limbah cair berbentuk air yang disediakan bahan kimia, sehingga warnanya tidak lagi jelas. Polusi limbah industri akan membuat tanah tidak subur dan sulit ditanam karena menyerap banyak bahan kimia.

  • Pencemaran yang disebabkan oleh Limbah Pertanian

Bentuk berikutnya dari polusi tanah adalah pencemaran yang disebabkan oleh kegiatan pertanian. Dibandingkan dengan kedua bentuk pencemaran di atas, polusi limbah pertanian ini dapat dikatakan setidaknya sedikit pun. Namun, hal ini tidak terjadi di semua daerah, karena kita tahu bahwa di daerah pedesaan lebih banyak beras dari pabrik.

Pertanian adalah upaya yang selalu mencakup obat-obatan atau pupuk untuk membuat tanaman subur, terkandung dan bebas dari hama. Tetapi meskipun tanaman ini subur, tanah juga subur? Dalam teori, memang benar bahwa pupuk dapat memberi makan tanah dan membuat tanaman lebih berkualitas, tetapi hanya berlaku untuk pupuk alami.

Lihat Juga:   Cepat Rambat Bunyi

Sekarang mencoba untuk melihat siapa yang masih bertahan hanya menggunakan pupuk alami? Tentu saja, hanya 1 dari 100 orang yang melakukannya. Tapi bahan kimia yang ditemukan dalam pupuk akan merusak struktur tanah dan akan membuatnya tidak subur.


Dampak Pencemaran Tanah

Berikut dibawah ini beberapa Dampak Pencemaran Tanah yang akan kita rasakan :

  • Mengurangnya Kesuburan Tanah

Dampak pertama yang akan kita rasakan dari adanya tanah yang terkontaminasi pasti akan menurunkan kesuburan tanah itu sendiri.  Seperti yang kita ketahui sebelumnya, negara ini pada dasarnya memiliki kelebihan. Keuntungan dari tanah adalah untuk menghargai kesuburan sehingga banyak tanaman dapat hidup dengan subur.

Namun, jika tanah ini terkontaminasi dengan berbagai zat berbahaya (baik kimia dan non-kimia), ini akan mengurangi tingkat kesuburan tanah. Tanah akan menjadi tidak subur karena polutan telah merusak jaringan kesuburan tanah. Akibatnya, banyak tanaman tidak akan mampu tumbuh dengan baik.

  • Membuat Tanaman Tumbuh dan Makhluk Hidup Lainnya Mati

Masih serangkaian efek polusi tanah yang akan mengurangi kesuburan. Ini juga akan mengakibatkan kehidupan tanaman. Tamanan yang awalnya tumbuh subur, akan tumpul untuk waktu yang lama, bahkan akan mati.

Selain tanaman, polusi di tanah ini juga akan mempengaruhi makhluk hidup lainnya (seperti hewan dan manusia). Polutan yang ada di dalam tanah berakhir di pabrik Janrungan. Dan ketika tanaman dimakan oleh manusia dan hewan, efek negatif dapat menyebar ke hewan atau orang yang makan tanaman.

  • Menyebabkan Polusi Pada Udara

Polusi tanah juga akan berdampak pada polusi udara. Hal ini karena zat yang mencemari tanah (seperti sampah) selama jangka waktu yang panjang akan membuat udara di sekitarnya tidak sehat. Akibatnya, udara menjadi tidak nyaman untuk bernapas. Selain itu, jika yang membuat pencemaran pada tanah adalah limbah, maka ketika proses dekomposisi akan menyebabkan bau yang seperti mneyenhole. Dan inilah yang disebut polusi udara.

  • Wabah Penyakit yang Ditimbulkan

Dampak pencemaran tanah adalah bahwa hal itu menyebabkan banyak bibit yang akan terpengaruh. Tanah terkontaminasi adalah rumah yang sangat nyaman bagi banyak patogen yang menyebabkan banyak penyakit. Ini dalam waktu yang tidak terlalu lama akan menyebabkan berbagai penyakit datang dan siap untuk menyerang makhluk hidup dan menempati tanah yang tercemar. Siapa yang akan menikmati kedatangan penyakit ini tidak hanya manusia, tetapi juga hewan dan tanaman lainnya tumbuh.

  • Merusak Ekosistem

Ekosistem adalah bentuk interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan dan komponennya (baik komponen biotik dan komponen abiotik). Tanah termasuk dalam komponen abiotik, sehingga kontaminasi tanah pasti akan menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem. Akibatnya, lingkungan menjadi tidak nyaman dan banyak fitur yang perlu diperoleh akan dikonversi menjadi bentuk kerugian.

  • Keindahan atau Estetika yang Menjadi Rusak

Hal yang perlu terjadi karena polusi tanah adalah kerusakan nilai keindahan atau lingkungan estetika. Keindahan lingkungan tidak hanya apa yang kita lihat, tetapi juga apa yang kita dengar dan apa yang kita rasakan. Polusi tanah akan menyebabkan banyak kerusakan pada nilai kecantikan.

Tidak hanya itu, dan terutama polusi negara ini akan memastikan bahwa kondisi lingkungan kita menempati tidak nyaman sama sekali. Jika tanah disebabkan oleh limbah. Sampah akan memiliki berbagai kerugian bagi makhluk hidup. Selain mata jelek, limbah juga akan menyebabkan bau yang sangat kuat. Hal ini tidak sangat nyaman untuk digunakan sebagai tempat untuk menetap.


Penyebab Pencemaran Tanah

Berikut dibawah ini beberapa penyabab pencemaran tanah :

  • Limbah Cair

Penyebab kontaminasi tanah pertama adalah limbah cair. Kita semua tahu apa itu dosa, bukan? Limbah adalah sisa dari produksi barang tertentu. Biasanya limbah yang dihasilkan oleh industri, baik kecil atau rumah industri atau industri besar atau perusahaan. Limbah cair berarti limbah yang berbentuk cairan atau air.

Tapi rupanya yang menghasilkan limbah cair tidak hanya pabrik, tetapi kegiatan rumah juga menghasilkan limbah cair. Beberapa contoh limbah cair sebagai hasil kegiatan rumah tangga digunakan untuk mencuci air, baik dengan deterjen maupun sabun. Limbah cair dapat mencemari tanah karena sifat yang menembus tanah, sehingga dapat merusak kandungan zat yang baik yang ada di dalam tanah.

  • Limbah Padat

Limbah tidur hanya cair, tetapi ada juga bentuk yang solid. Nama limbah, meskipun bentuk yang terus mencemari atau mencemari. Limbah padat adalah sisa produksi atau konsumsi yang padat. Limbah padat diproduksi oleh pabrik dalam bentuk bubur atau Lumpur, serta yang disebabkan oleh kegiatan rumah tangga seperti plastik, kertas, daun, dll.

Lihat Juga:   Akomodasi Adalah

Limbah padat pasti tidak akan pernah luput dari kehidupan manusia. Bayangkan, suatu hari sangat sulit bagi orang untuk berpisah dengan plastik, maka mari kita menghitung berapa banyak limbah plastik yang dihasilkan oleh manusia setiap hari? Tentu saja, ini akan memiliki dampak yang sangat buruk pada kesehatan manusia, karena plastik adalah benda padat yang sulit untuk menguraikan. Limbah padat akan mencemari tanah dan menganggu. Selain itu, limbah padat juga dapat memperburuk lanskap.

  • Limbah Anorganik

Limbah anorganik adalah limbah yang sulit untuk diuraikan atau dapat dijelaskan, tetapi untuk jangka waktu yang sangat lama. Limbah ini sering ditemukan dalam kegiatan konsumsi manusia. Beberapa contoh limbah anorganik sering diproduksi oleh manusia dan juga sering kita Teukan, antara lain, plastik, botol, kaleng dan lain-lain.

Limbah ini tidak hanya menyebabkan perlakuan terhadap tanah saja, tetapi juga menyebabkan sarang Nyakum karena sifatnya yang cocok untuk air hujan. Limbah ini dapat dihilangkan segera dengan menjadi dibakar. Sebagian besar sampah anorganik berupa limbah padat.

  • Limbah Organik

Ada sampah anorganik, ada juga sampah organik. Seperti namanya, sampah organik adalah limbah yang keberadaannya dapat dijelaskan segera atau dalam waktu singkat. Limbah ini juga sangat umum di industri domestik dan kecil.

Beberapa contoh sampah organik seperti residu beras, sisa, sisa daun dan sebagainya. Limbah ini dianggap lebih baik dan kurang berbahaya bagi tanah dibandingkan dengan limbah di atas, karena struktur dapat dijelaskan dengan cepat. Tapi kelebihan kadar limbah organik masih akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman yang ada di dekatnya.

  • Limbah Pertanian

Penyebab lain pencemaran tanah disebabkan oleh limbah pertanian. Siapa bilang pertanian tidak memiliki limbah? Cukup banyak. Salah satunya adalah pupuk limbah dan juga pestisida yang keduanya senjata pertanian yang sangat kuat.

Pupuk dan juga pestisida yang mengandung banyak bahan kimia ini akan dapat meresap di dalam tanah untuk kemudian merusak jaringan tanah sehingga tanah yang sudah lama menjadi tidak subur dan tidak produktif seperti tanaman yang digunakan tumbuhan.

  • Limbah Industri

Seperti halnya dengan limbah pertanian yang dihasilkan dari kegiatan produksi masyarakat, limbah industri juga terjadi. Limbah adalah limbah yang dihasilkan oleh kegiatan industri masyarakat atau kegiatan produksi instalasi. Limbah industri biasanya memiliki skala yang lebih besar, sehingga hasilnya lebih dari sekadar limbah pertanian.

Namun, ada juga industri kecil yang menghasilkan banyak limbah, seperti industri rumah. Limbah industri biasanya lebih berbahaya karena kandungan kimianya lebih. Tapi itu dilakukan kembali ke jenis industri. Limbah industri yang memastikan bahwa limbah menjadi tidak subur dan memiliki struktur tanah yang kurang baik.

  • Limbah Rumah Tangga

Limbah rumah tangga juga disebut limbah rumah tangga, limbah yang dihasilkan oleh kegiatan rumah tangga. Ada banyak limbah yang kami hasilkan dari kegiatan sehari-hari, dari mencuci, memasak, dan sebagainya.

Limbah ini akan mencemari segala sesuatu yang jalan termasuk juga tanah. Limbah rumah tangga dapat berupa limbah padat atau cair. Misalnya, limbah rumah tangga seperti limbah cucian, dan juga sayuran.

  • Ekstraksi Limbah

Kegiatan penambangan tidak mustahil untuk menyebabkan limbah. Limbah penambangan adalah pemborosan banjir logam atau Lumpur. Kegiatan pertambangan banyak yang membawa limbah untuk membuat tanaman yang ada di sekitar orang mati karena tidak dapat bertahan hidup.

  • Kebakaran Hutan

Selain limbah yang disebabkan oleh aktivitas manusia, kebakaran hutan juga merupakan salah satu hal yang dapat menembus tanah. Hutan yang telah dibakar biasanya sulit untuk ditanam kembali. Hal ini karena kandungan zat penting yang ada di dalam tanah telah mati dan rusak akibat kebakaran.

  • Bencana Alam

Beberapa bencana alam juga dapat menyebabkan polusi tanah. Beberapa bencana alam yang dapat mencemari negara termasuk banjir dan juga pecah pegunungan.


Solusi dan Cara Mengatasi Pencemaran Tanah

Berikut dibawah ini beberapa solusi pencemaran tanah yang bisa kita lakukan :

  1. Jangan membuang sampah dengan sembarangan
  2. Memilih sampah yang dapat atau tidak dapat didaur ulang
  3. Penggunaan pestisida dikurangi
  4. Dan selalu mengolah limbah industri sebelum dibuang
  5. Menggunakan kembali atau mengolah limbah yang sulit di olah

Sumber Pencemaran Tanah

Berikut dibawah ini beberapa sumber pencemaran tanah :

  • Limbah Padat dan Cair

Dalam daftar sumber pencemaran tanah, tentu saja, ada salah satu komponen yang paling penting yang memiliki dampak terbesar di dalamnya. Dalam konteks ini, komponen utama tidak kurang dari limbah padat dan limbah cair.

Kedua hal ini dapat merusak banyak hal. Sedangkan untuk limbah itu sendiri berasal dari berbagai kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Tetapi dampaknya dapat dirasakan oleh semua makhluk hidup di bumi.

  • Pestisidan dan Pupuk

Dalam kegiatan pertanian, tentu saja sangat akrab dengan Pestisidan dan pupuk yang terbuat dari bahan kimia. Dimana pada akhirnya pertumbuhan tanaman juga memungkinkan untuk menjadi baik.

Lihat Juga:   √Kantong Empedu Adalah

Namun demikian, tanpa menyadari pestisida dan pupuk dalam hal ini, terjadinya polusi tanah juga dapat menyebabkan. Memang, seperti sifat bahan kimia, yang memang sangat berbahaya.

  • Bahan Kimia

Sejauh ini, kita telah secara alami menemukan bahwa ada banyak bahan kimia dalam tanah di permukaan bumi. Nah, berbagai jenis bahan kimia yang juga mempengaruhi negara atau konidi negara kita saat ini. Itu sebabnya kita harus berhati-hati atau cerdas jika kita ingin membersihkan bahan kimia.

Ini bukan alasan lain untuk lebih banyak bahan kimia yang masuk ke dalam tanah, sehingga polusi tanah yang terjadi juga akan lebih tinggi.

  • Deforestasi Hutan

Istilah terakhir mungkin sangat tidak dikenal untuk Anda semua. Deforestasi ini tidak istilah lain untuk jumlah besar pohon. Keberadaan pohon yang benar sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup kehidupan, terutama terkait dengan kesuburan tanah.

Tidak hanya itu, dengan pengurangan pohon, polusi udara juga akan meningkat, namun polusi udara akan menyebabkan terjadinya polusi tanah juga.


Cara Penanggulangan Pencemaran Tanah

Berikut dibawah ini beberapa cara dalam penanggulangan pencemaran tanah :

  1. Meningkatkan kesadaran dalam pembuangan sampah
  2. Mengurangi penggunaan pestisida.
  3. Limbah deterjen tidak dikubur di dalam tanah
  4. Mengurangi penggunaan pupuk anorganik

Contoh Pencemaran Tanah

Berikut dibawah ini beberapa contoh pencemaran tanah :

  • Sampah

Sampah merupakan contoh polusi tanah yang masuk ke dalam kategori permasalahan pemandangan di Indonesia. Ribuan ton limbah selalu menjadi bencana yang dihasilkan setiap hari.

Di Indonesia, pengelolaan limbah tidak cukup tepat. Hal ini dikarenakan limbah yang digunakan setiap hari belum mendapat banyak perhatian dari masyarakat. Sebagai contoh, banyak limbah yang ketika proses pembuangan tidak benar diklasifikasikan berdasarkan jenis.

Limbah yang tidak mudah terurai telah ditemukan untuk diintegrasikan dengan sampah lainnya. Jenis limbah yang tidak mudah untuk membedah, seperti popok, pembalut, kaleng aluminium, gelas, Sol karet dan styrofoam sangat mudah ditemukan.

Hal ini jelas jika dibiarkan berlama-lama akan menyebabkan polusi tanah yang membentuk berbagai efek, seperti merenda wabah, kerusakan estetika lingkungan, kerusakan ekosistem untuk polusi udara.

  • Penggunaan Pestisida

Sumber berikutnya dari polusi tanah adalah penggunaan pestisida secara berlebihan. Penggunaan bahan kimia ini sering terjadi di industri pertanian, perkebunan dan kehutanan.

Penggunaan pestisida secara berlebihan dapat membuat pertumbuhan tanaman tidak normal, merusak ekosistem untuk mengeluarkan hama baru.

Penggunaan pestisida yang berlebihan dengan intensitas yang tinggi juga mengurangi kesuburan tanah dan akan memicu lahan pertanian untuk membuat tanah terdekat asam.

  • Kebocoran Kimia Industri

Kebocoran kimia industri sangat sering faktor polusi tanah. Contoh dari polusi tanah ini dalam industri berskala besar seperti pertambangan, manufaktur dan manufaktur dalam waktu yang lama akan membuat bahan kimia mencemari tanah dan ini harus menjadi perhatian.

Tapi sayangnya ada banyak kasus di Indonesia yang tidak benar mengelola industri sehingga kebocoran dapat ditemukan yang dapat membahayakan lingkungan.

Biasanya kebocoran bahan kimia seperti timbale, benzena, merkuri, Sikoldenia dan lain-lain yang dapat berisiko menyebabkan penyakit pada manusia.

  • Pembuangan Limbah Pabrik

Limbah pabrik mirip dengan kebocoran bahan kimia industri, tetapi biasanya limbah pabrik dapat memiliki efek yang jelas segera. Limbah padat atau cair dapat menyebabkan polusi tanah, bahkan polusi serius lainnya dan dapat membahayakan banyak pihak. Sejumlah besar limbah atau limbah kebocoran dapat menjadi tragedi yang berbahaya.

  • Limbah Rumah Tangga

Limbah berikut dapat menjadi contoh pencemaran tanah adalah limbah rumah tangga. Limbah ini biasanya terjadi akibat penumpukan sampah rumah tangga dalam bentuk residu pangan yang sebenarnya bisa digunakan.

Belum lagi berlebihan penggunaan barang seperti jaringan dan plastik, yang akan menjadi limbah rumah tangga yang menyebabkan pencemaran tanah. Mungkin limbah rumah tangga sering menjadi penyebab pencemaran tanah karena banyak orang yang tidak mempraktekkan konsep 3R, yaitu reduce, Reuse dan Recycle.

  • Polutan Radioaktif

Polusi tanah dapat dibagi menjadi biopollutants (polutan dari makhluk hidup), kegiatan pertanian dan perkebunan, limbah perkotaan, limbah industri dan polutan radioaktif.

Polutan radioaktif sendiri adalah pencemaran tanah yang disebabkan oleh jenis polutan dan kontaminan. Polutan radioaktif dapat mengotori tanah dengan berbagai racun seperti Radium, thorium, uranium, nitrogen yang dapat memasuki tanah dan menyebabkan efek toksik.


Demikianlah ulasan dari pengajar.co.id mengenai Pencemaran Tanah, semoga bisa bermanfaat untuk anda