Pendidikan Karakter

Diposting pada

Pada Kesempatan Kali ini pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Pendidikan Karakter Berikut Adalah Pembahasannya:


Pendidikan Karakter

Pengertian Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter adalah usaha sadar  dan terencana di dalam mewujudkan suasana serta proses pemberdayaan potensi dan juga pembudayaan peserta didik guna membangun karakter pribadi yang baik untuk warga negara Indonesia.

Jadi tercipta menjadi sebuah bangsa yang tangguh, berwawasan, bermoral dan mempunyai akhlak yang baik.


Fungsi Pendidikan Karakter

Fungsi pendidikan karakter adalah untuk mengembangkan potensi dasar seorang anak supaya berhati baik, mempunyai perilaku yang baik serta berpikiran yang baik. Dalam fungsi besarnya pendidikan karakter yakni untuk memperkuat serta membangun perilaku anak bangsa yang multikultur.

Selain itu, pendidikan karakter juga mempunyai fungsi untuk meningkatkan peradaban manusia dan menjadi bangsa yang baik di dalam pergaulan dunia. Pendidikan karakter tersebut tidak hanya didapatkan di bangku sekolah, melainkan dari bermacam media yang meliputi lingkungan, keluarga, media teknologi, dunia usaha serta pemerintahan.


Tujuan Pendidikan Karakter

Tujuan pendidikan karakter yakni untuk membentuk bangsa yang tangguh, bangsa yang bermoral, berakhlak mulia, bertoransi serta bekerja atau gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat. Pendidikan karakter pula bertujuan untuk membentuk suatu bangsa supaya mempunyai jiwa yang patriotik atau jiwa suka menolong antar sesama.

Selain itu, pendidikan karakter juga untuk membentuk jiwa seseorang supaya berkembang secara dinamis, berorientasi pada ilmu pengetahuan dan teknologi, guna menciptakan manusia yang beriman serta bertakwa pada Tuhan yang Maha Esa.

Lihat Juga:   Nota Kwitansi Faktur

Realisasi Pendidikan Karakter

Guna mewujudkan pendidikan karakter, secara umum bisa diperoleh dari pendidikan formal, pendidikan non formal ataupun informal.

Untuk mewujudkan hal itu mesti saling melengkapi, mempercayai serta di atur dalam peraturan undang – undang.

Dalam pendidikan formal dilaksanakan secara berjenjang dan dalam pendidikan itu mencangkup pada pendidikan umum, akademi, profesi, evokasi, kejujuran serta keagamaan.

Dengan pendidikan itu, maka peserta didik akan dibekali berbagai macam ilmu yang bisa di praktekkan langsung dalam kehidupan nyata.

Di dalam pelaksanaan pendidikan karakter bisa dilakukan lewat jenjang pendidikan yang diimplementasikan pada suatu kurikulum di tingkat satuan pendidikan yang memuat pelajaran secara normatif, produktif, adaptif, muatan lokal, serta pengembangan diri.

Sementara pendidikan karakter yang dikembangkan di sekolah yakni diimplementasikan pada pendidikan pengembangan diri antara lain: lewat kegiatan – kegiatan ektrakulikuler yang diadakan di sekolah contohnya, Pramuka, PMR, PKS, KIR, Seni, Olahraga, Keagamaan, kegiatan yang diadakan oleh pengurus OSIS, serta kegiatan positif lainnya.

Dengan kegiatan ektrakulikuler itu sangat menyentuh, telah dipahami oleh peserta didik, dan bisa dilakukan siswa sebagai penyaluran minat dan bakat yang bisa dikembangkan secara terus menerus sebagai perwujudan pendidikan karakter bangsa.


Nilai Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa

1. Religius

Sikap dan perilaku yang patuh dalam menjalankan ajaran agama yang dianutnya, mempunyai sikap toleran pada pemeluk agama lain serta hidup rukun dalam bermasyarakat dengan pemeluk agama lain.

2. Jujur

Mempunyai perilaku yang didasarkan pada usaha yang menjadikan dirinya sebagai orang yang dapat dipercaya baik dalam perkataan, tindakan ataupun perbuatan.

3. Disiplin

Suatu tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada semua peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Lihat Juga:   √Analisis Sistem

4. Kreatif

Berpikir dan melakukan sesuatu supaya dapat menghasilkan cara baru dari kemampuan yang dimiliki.

5. Mandiri

Mempunyai sikap yang tidak mudah tergantung dengan orang lain untuk menyelesaikan masalah atau tugas – tugas yang dihadapi.

6. Demokratis

Menciptakan cara untuk berpikir, bersikap serta bertindak yang menilai sama antara hak dan kewajiban pada dirinya dan orang lain.

7. Semangat Kebangsaan

Mempunyai sifat berpikir, bertindak serta berwawasan untuk menempatkan kepentingan bangsa serta negara diatas kepentingan pribadi atau kepentingan kelompok lainnya.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang Pendidikan Karakter Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Kita Semua!