Pengertian Agama Islam

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel mengenai Pengertian Agama Islam, yuk disimak ulasannya dibawah ini:

pengertian agama islam


Pengertian Agama Islam

Agama Islam adalah agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad ‘ alaihi wa sallam. Itu dengan agama ini bahwa Allah menutup agama sebelumnya. Allah telah menyempurnakan agama ini untuk hamba-hambaNya. Dengan agama Islam ini juga Allah menyempurnakan kebaikan mereka. Allah hanya dalam Islam sebagai agama yang akan dipeluk. Oleh karena itu, tidak ada agama yang diterima selain Islam.

Allah ta’ala berfirman,

مَّا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِّن رِّجَالِكُمْ وَلَكِن رَّسُولَ اللَّهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ وَكَانَ اللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيماً

“Muhammad itu bukanlah seorang ayah dari salah seorang lelaki diantara kalian, akan tetapi dia adalah utusan Allah dan penutup para Nabi.” (QS. Al Ahzab: 40)

Allah ta’ala juga berfirman,

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإِسْلاَمَ دِيناً

“Pada hari ini Aku telah sempurnakan bagi kalian agama kalian, dan Aku telah cukupkan nikmat-Ku atas kalian dan Aku pun telah ridha Islam menjadi agama bagi kalian.” (QS. Al Maa’idah: 3)

Allah ta’ala juga berfirman,

إِنَّ الدِّينَ عِندَ اللّهِ الإِسْلاَمُ

“Sesungguhnya agama yang benar di sisi Allah hanyalah Islam.” (QS. Ali Imran: 19)

Allah ta’ala berfirman,

وَمَن يَبْتَغِ غَيْرَ الإِسْلاَمِ دِيناً فَلَن يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ

“Dan barang siapa yang mencari agama selain Islam maka tidak akan pernah diterima darinya dan di akhirat nanti dia akan termasuk orang-orang yang merugi.” (QS. Ali ‘Imran: 85)

Allah ta’ala mewajibkan kepada seluruh umat manusia untuk beragama demi Allah dengan memeluk agama ini. Allah berfirman kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

قُلْ يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنِّي رَسُولُ اللّهِ إِلَيْكُمْ جَمِيعاً الَّذِي لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ لا إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ يُحْيِـي وَيُمِيتُ فَآمِنُواْ بِاللّهِ وَرَسُولِهِ النَّبِيِّ الأُمِّيِّ الَّذِي يُؤْمِنُ بِاللّهِ وَكَلِمَاتِهِ وَاتَّبِعُوهُ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Lihat Juga:   √ Kwitansi : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Ciri, Jenis, Contoh

“Katakanlah: Wahai umat manusia, sesungguhnya aku ini adalah utusan Allah bagi kalian semua, Dialah Dzat yang memiliki kekuasaan langit dan bumi, tidak ada sesembahan yang haq selain Dia, Dia lah yang menghidupkan dan mematikan. Maka berimanlah kalian kepada Allah dan Rasul-Nya seorang Nabi yang ummi (buta huruf) yang telah beriman kepada Allah serta kalimat-kalimat-Nya, dan ikutilah dia supaya kalian mendapatkan hidayah.” (QS. Al A’raaf: 158)


Pengertian Agama Islam Secara Umum dan Menurut Para Ahli

  • Menurut Massignon

Menjelaskan pendapatnya bahwa Islam adalah agama yang memiliki hak istimewa bahkan sebagai ide dari perbandingan yang benar oleh semua anggota masyarakat.

  • Menurut Leodourch

Islam sebagai agama kemanusiaan alami, ekonomi dan moralistik.

  • Menurut Tostoi

Menjelaskan pendapatnya bahwa Islam adalah ringkasan agama yang disiarkan oleh Muhammad dan mengatakan bahwa Allah adalah satu. Tidak ada Tuhan, tapi ia mungkin tidak menyembah banyak dewa.

  • Menurut George Sarton

Menurut George, Islam adalah urutan keagamaan yang paling tepat dan indah.

  • Menurut Orientalis H.I

Menurut dia, Islam ialah sebaik baiknya agama yang sejauh ini terbukti menjadi keyakinan agama yang kuat.  Selain itu, memiliki aturan dibagi merata dan urutan yang kuat bangsawan.

  • Menurut Abu Said al Hasan Al-Nasri

Dan menurutnya. Islam adalah kepasrahan hati nurani kepada Allah SWT, maka setiap Muslim merasa aman dari gangguan.

  • Menurut Syekh Muhammad bin Abdul Wahab

Menurut dia, Islam ialah berserah diri kepada Allah. Selain itu, tunduk dan taat kepadanya dengan melakukan ketaatan dan menjauhkan diri dari melakukan syirik dan para pelaku.

  • Menurut Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah at Tawajiri

Menurutnya, menjelaskan bahwa Islam adalah penyerahan penuh kepada Allah SWT melalui cara menggunakannya dan melaksanakan Syari’at-Syari’at dengan ketaatan dan ketulusan sepenuhnya.

  • Menurut Umar bin Khattab

Menurutnya, Islam adalah agama yang di turunkan allah kepada Nabi Muhammad SAW. Dimana agama Islam meliputi akidah, syariat dan akhlak.

  • Nabi Muhammad SAW

Menurut dia, Islam adalah bahwa Anda mengakui tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah.  Dan Anda juga mengerjakan sholat dan mengeluarkan Zakat, puasa di bulan Ramadhan.  Dan Anda melakukan Haji di baitullah jika Anda mampu melakukannya.

Lihat Juga:   Statistik

Ruang Lingkup Agama Islam

Berikut dibawah ini ruang lingkup agama islam:

  • Aqidah

Aqidah berarti bahasa ikatan atau sshuttles. Bentuk jamak adalah aqa’id. Makna aqidah sesuai dengan istilah ini adalah iman hidup atau iman yang lebih khas. Sesuai dengan makna ini disebut aqidah adalah daerah iman dalam Islam dengan berurusan dengan semua hal yang harus dipercaya oleh seorang Muslim/beriman. Terutama bidang aqidah adalah pilar iman keenam, yaitu iman kepada Allah, para malaikatnya, buku-bukunya, kepada para rasul, sampai akhir zaman dan qada’dan Qadar.

  • Syari’ah

Syari’at makna bahasa jalan, makna istilah ini adalah pemerintahan Tuhan bahwa hubungan manusia dengan tiga sisi Allah, sesama manusia dan alam mengatur, pemerintahan Allah yang mengatur hubungan manusia dengan Allah yang disebut ibadah, dan yang mengatur hubungan manusia dengan sesama manusia dan alam adalah semua yang disebut kelima pilar Islam adalah shahadat, doa, Zakat, puasa dan Haji termasuk ibadah, yaitu penyembahan dalam arti khusus bahwa bahan dan peraturan parmanen dan rinci dalam Al Qur’an dan sunnah Rasululah ditentukan.

Selain itu, dapat diuraikan lebih lanjut sehingga terdiri dari

  1. Munakahat (perkawinan), termasuk ahli waris (Faraidh) dan Testamen
  2. Tijarah (hukum niaga) adalah soal sewa, h,tang Wakaf.
  3. Hudud dan Jinayat adalah hukum pidana Islam

Hudud adalah hukum untuk kejahatan perzinahan, tuduhan perzinahan, perampokan, mencuri dan minum minuman keras. Sementara Jinayat adalah hukum untuk tindakan pembunuhan kejahatan, melukai orang, memotong anggota, dan menghilangkan manfaat dari tubuh, di Tinayat berlaku qishas yaitu  “hukum balas “

  1. Khilafat (politik pemerintah/Islam)
  2. Jihad (perang), termasuk masalah ghanimah (rampasan harta perang) dan tahanan).

  • Akhlak/Etika

Akhlak berasal dari bahasa Arab Jamat dari  “khuluq ” yang berarti moderasi atau kebiasaan. Menurut arti dari bahasa ini, itu adalah bagian dari ajaran Islam yang mengatur perilaku masyarakat. Ibn Maskawaih memiliki  “semangat seseorang yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan tanpa menghakimi”.

Moralitas ini termasuk moral manusia kepada Allah, kepada nabi/rasul, untuk dirinya sendiri, kepada keluarga, kepada tetangga, kepada sesama muslim, kepada non Muslim.

Lihat Juga:   √ Cerita Rakyat Jawa Barat : Asal Usul Kota Bandung

Dalam Islam selain moralitas, ada juga istilah etika yang diketahui. Etika adalah ilmu yang menjelaskan arti dari yang baik dan yang buruk, menguraikan apa yang orang harus lakukan kepada orang lain, menjelaskan tujuan dari siapa manusia harus dibahas dalam tindakan mereka dan menunjukkan jalan untuk melakukan apa yang perlu dilakukan (Amin, 1975:3)

Jadi, etika adalah perbuatan baik yang berasal dari orang yang melakukannya dengan sengaja dan didasarkan pada kesadaran sendiri dan dalam melakukan perbuatan dia tahu bahwa itu termasuk perbuatan baik atau buruk.

Etika harus digunakan lebih awal, sebagai anak kecil ketika makan dan minum digunakan untuk menjelaskan bagaimana etika makan atau minum etis, Makan etika dan minum sejak kecil akan berdampak setelah dewasa. Seperti dengan etika berpakaian, gadis digunakan untuk menggunakan seorang wanita berpakaian seperti jilbab sementara laki-laki memakai kopi dan sebagainya. Islam sangat terlibat dalam penggunaan etika sebagaimana dimaksud dalam Surat Al-Ahsab di atas.

Secara simpul ruang lingkup agama islam adalah meliputi:

  1. Aqidah
  2. Syari’ah
  3. Akhlak/Etika

Tujuan Islam

Berikut dibawah ini beberapa tujuan islam, yaitu:

Islam didirikan pada tahun 10 MASEHI oleh Nabi Muhammad SAW, orang yang menganut agama Islam yang dikenal sebagai Muslim. Islam tidak tanpa tujuan sebagai nama Islam yang juga berasal dari kata salam bahwa kesejahteraan atau keamanan yang sama berarti Islam. Tujuannya adalah untuk memberikan keselamatan atau kesejahteraan di dunia ke akhirat bagi rakyatnya. Islam berusaha juga sebagai pemimpin di dunia ke akhirat bagi rakyatnya.


Inti Ajaran Islam

Berikut dibawah ini inti ajaran islam yang harus kamu ketahui:

  1. RUKUN ISLAM
  2. RUKUN-RUKUN IMAN
  3. PEMBAGIAN TAUHID & SYIRIK
  4. RUKUN IHSAN
  5. SURAT AL-FATIHAH DAN SURAT-SURAT PENDEK
  6. SYARAT-SYARAT SHALAT
  7. RUKUN-RUKUN SHALAT
  8. WAJIB-WAJIB SHALAT
  9. KETERANGAN TENTANG TASYAHHUD
  10. SUNNAH-SUNNAH SHALAT
  11. YANG MEMBATALKAN SHALAT
  12. SYARAT-SYARAT WUDHU
  13. FARDHU-FARDHU WUDHU
  14. YANG MEMBATALKAN WUDHU
  15. AKHLAK YANG HARUS DIMILIKI SETIAP MUSLIM
  16. ADAB ( SOPAN SANTUN ) ISLAMI
  17. BERHATI-HATI TERHADAP PERBUATAN SYIRIK DAN MAKSIAT
  18. MENGURUS JENAZAH, MENSHALATKAN DAN MENGUBURKANNYA

Demikianlah ulasan dari pengajar.co.id mengenai Pengertian Agama Islam, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.