Pengertian Organisasi

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel mengenai Pengertian Organisasi, yuk disimak ulasannya dibawah ini:

Pengertian Organisasi


Pengertian Organisasi

Sebuah organisasi adalah wadah bagi sekelompok orang yang bekerja sama secara rasional dan sistematis dan yang dipandu atau dipantau untuk mencapai tujuan tertentu yang menggunakan sumber daya di dalamnya.

Dalam bisnis, organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan komersial dengan struktur yang jelas dan budaya kerja khusus.


Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini beberapa pengertian organisasi menurut para ahli:

  • Menurut Stoner

Pemahaman Stoner organisasi adalah pola hubungan yang membuat orang di antara atasan berusaha untuk tujuan bersama

  • Menurut Stephen P. Robbins

Pemahaman organisasi adalah entitas yang terkoordinasi secara sosial, dengan keterbatasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja secara relatif berkesinambungan untuk mencapai tujuan bersama atau kelompok tujuan.

  • Oleh W.J.S. Poerwadarminta

Arti dari organisasi ini adalah pengaturan dan penyediaan berbagai pihak (orang atau kelompok) untuk menjadi entitas biasa.

  • Menurut James D. Mooney

Definisi organisasi menurut James D. Mooney adalah bentuk masing-masing kesatuan manusia untuk mencapai tujuan yang sama.

  • Oleh Janu Murdiyatmoko

Organisasi adalah sistem sosial yang memiliki identitas kolektif dengan cara yang ketat, program kerja yang jelas, prosedur juga langkah dalam bekerja.

  • Menurut Chester I. Bernard

Menurut Bernard, pentingnya organisasi ini merupakan sistem kegiatan kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

  • Menurut Drs. H. Malayu S, P, Hasibuan

Organisasi adalah proses penentuan, pengelompokan, dan pengaturan kegiatan yang berbeda yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang sama.

  • Oleh Max Weber

Menurut Max Weber, pemahaman organisasi adalah kerangka hubungan terstruktur di mana ada otoritas, dan tanggung jawab dan pembagian pekerjaan memiliki sesuatu yang spesifik.

  • Menurut Prof. Sondang P. siagian

Penyelenggara adalah setiap jenis masyarakat antara dua atau lebih orang yang bekerja sama dan secara resmi terikat untuk melaksanakan pencapaian tujuan yang ditetapkan dalam ikatan yang ada pada seseorang atau beberapa orang yang dikenal sebagai atasan dan orang atau kelompok orang yang dikenal sebagai bawahan

  • Menurut Paul Preston dan Thomas Zimmerer

Sebuah organisasi adalah sekelompok orang yang disusun dalam kelompok yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama-sama.

  • Menurut Victor A. Thompson

Pemahaman organisasi adalah integrasi dari sejumlah spesialis yang bekerja sama dengan yang paling rasional dan impersonal untuk mencapai beberapa tujuan spesifik yang telah diumumkan sebelumnya.

  • Menurut Richard Scott

Definisi organisasi adalah kelompok yang sengaja dibentuk untuk mencapai tujuan tertentu, yang didasarkan sedikit pada prinsip keberlanjutan.

Lihat Juga:   Sop Adalah

Sejarah Organisasi

Organisasi bisa saja sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu karena ruang lingkup organisasi sangat luas, tidak menyadari semua orang dari kelahiran sudah berpartisipasi dalam organisasi, sebuah organisasi dapat menjadi fokus pusat kehidupan seseorang atau ia hanya bisa menjadi pelayan untuk sementara waktu. Sebuah organisasi bisa sangat kaku,  “dingin “, tanpa kepribadian, atau kadang dapat menghasilkan hubungan yang fleksibel dan bermakna bagi anggotanya.

Untuk sejarahnya sendiri belum diidentifikasi sebagai pendirian organisasi, sebuah organisasi biasanya dianggap sebagai disiplin akademik baru digabungkan dengan munculnya manajemen ilmiah pada 1890-an, dengan Taylorisme sebagai puncak dari gerakan ini. Tokoh manajemen ilmiah berpendapat bahwa rasionalisasi organisasi dengan instruksi set dan studi waktu gerakan akan mengarah pada peningkatan produktivitas. Studi tentang sistem kompensasi yang berbeda dilakukan.

Setelah perang dunia pertama, fokus bergeser dari studi organisasi untuk analisis tentang bagaimana faktor manusia dan psikologis yang mempengaruhi organisasi. Ini adalah transformasi didorong oleh penemuan dampak Hawthorne. Gerakan hubungan manusia ini lebih terfokus pada tim, motivasi, dan memperbarui tujuan individu dalam organisasi.

Perang Dunia II mengakibatkan pergeseran lebih lanjut di daerah ini, ketika penemuan logistik besar-besaran dan penelitian bedah menyebabkan minat baru dalam sistem dan pendekatan rasionalistik untuk studi organisasi.

Pada 1960-an dan 1970-an, bidang ini sangat dipengaruhi oleh psikologi sosial dan tekanan dalam studi akademiknya difokuskan pada penelitian kuantitatif.

Sejak tahun 1980-an, pernyataan budaya dari organisasi dan perubahan telah menjadi bagian penting dari studi ini. Metode kualitatif studi ini menjadi lebih dan lebih dapat diterima, menggunakan pendekatan dari antropologi, Psikologi dan sosiologi.


Tujuan Organisasi

Berikut dibawah ini tujuan dari organisasi adalah:

  1. Tujuan dari organisasi ini adalah untuk mewujudkan keinginan atau harapan dan idealisme dengan anggota organisasi atau kelompok. Salah satu contoh adalah bahwa ada organisasi yang setara dalam bentuk tujuan untuk dapat membangun hubungan dan berbagi dengan satu sama lain.
  2. Tujuan kedua adalah hasil akhir yang diinginkan di masa depan. Katakanlah ada organisasi bisnis yang memiliki tujuan akhir, seperti menjadi organisasi yang besar dan terkenal, begitu banyak yang tertarik untuk bergabung.
Lihat Juga:   √ Perbedaan Data dan Informasi

Manfaat Organisasi

Berikut dibawah ini beberapa manfaat yang dapat anda rasakan dari organisasi:

  1. Memunculkan Semangat Kerjasama
  2. Mengembangkan Kemampuan Berkomunikasi
  3. Membantu Mengatasi Masalah
  4. Membangkitkan Jiwa Kepemimpinan
  5. Memperluas Wawasan Individu
  6. Memperluas Pergaulan
  7. Melatih Kedisiplinan Dan Time Management
  8. Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab
  9. Melatih Mental Individu Dalam Menghadapi Tekanan
  10. Membentuk Kepribadian Seseorang

Unsur Unsur Organisasi

Berikut dibawah ini unsur unsur dari organisasi yang harus kamu ketahui:

  • Personil (Man)

Adalah elemen yang paling penting dalam organisasi di mana setiap staf memiliki tingkat dan fungsi sendiri.

  • Kolaborasi (kerja sama tim)

Organisasi hanya dapat mencapai tujuan bersama jika anggota melakukan tugas dan tanggung jawabnya bersama-sama.

  • Tujuan Bersama

Ini adalah tujuan yang ingin dicapai organisasi, baik dari segi prosedur, program, pola, dan hasil akhir dari pekerjaan organisasi.

  • Peralatan (Equipment)

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, diperlukan sarana dan prasarana dalam bentuk kelengkapan organisasi, seperti; Di kantor/gedung, bahan, uang, sumber daya manusia, dan lain-lain.

  • Lingkungan (Environment)

Faktor lingkungan juga sangat berpengaruh dalam sebuah organisasi. Misalnya, budaya sosial, kebijakan, anggaran, peraturan dan kondisi ekonomi.

  • Sumber Daya Alam

Selain lingkungan, sumber daya alam juga merupakan elemen penting yang perlu diisi untuk membuat organisasi berjalan dengan baik. Beberapa contoh adalah; Air, kondisi iklim, kondisi tanah, cuaca, Flora dan fauna.


Ciri Ciri Organisasi

Berikut dibawah ini ciri ciri organisasi, yaitu:

  1. Adanya komponen (atasan dan bawahan)
  2. Terdapat Kerja sama
  3. Mempunyai Tujuan
  4. Memiliki sasaran
  5. Mempunyai keterikatan format dan juga tata tertib yang harus dipatuhi.
  6. Terdapat Delegasi kewenangan dan koordinasi tugas

Jenis-Jenis dan Macam Macam Organisasi

Berikut dibawah ini Jenis-Jenis dan Macam Macam Organisasi yang harus kamu ketahui:

Lihat Juga:   Paragraf Persuasif Adalah

1. Berdasarkan jumlah orang yang memegang pucuk pimpinan.

(1) bentuk tunggal, yaitu pucuk pimpinan berada ditangan, semua kekuasaan dan tugas pekerjaan bersumber kepada satu orang saja.
(2) bentuk komisi, pimpinan organisasi merupakan suatu dewan yang terdiri dari beberapa orang, semua kekuasaan dan tanggung jawab dipikul oleh dewan sebagai suatu kesatuan.

2. Berdasarkan sifat hubungan personal

(1) organisasi formal adalah organisasi yang diatur secara resmi, seperti : organisasi pemerintahan, organisasi yang berbadan hukum
(2) organisasi informal, adalah organisasi yang terbentuk karena hubungan bersifat pribadi, antara lain kesamaan minat atau hobby.

3. Berdasarkan tujuan

Organisasi ini dapat dibedakan, yaitu :
(1) organisasi yang tujuannya hanya mencari keuntungan atau ‘profit oriented’
(2) organisasi sosial atau ‘non profit oriented ‘.

4. Berdasarkan kehidupan dalam masyarakat, yaitu ;

(1) organisasi pendidikan
(2) organisasi kesehatan
(3) organisasi pertanian, dan lain lain.

5. Berdasarkan fungsi dan tujuan yang dilayani, yaitu :

(1) Organisasi produksi, misalnya organisasi produk makanan
(2) Organisasi berorientasi pada politik, misalnya partai politik
(3) Organisasi yang bersifat integratif, misalnya serikat pekerja
(4) Organisasi pemelihara, misalnya organisasi peduli lingkungan, dan lain lain.

6. Berdasarkan pihak yang memakai manfaat.

Organisasi ini meliputi :

(1) Mutual benefit organization, yaitu organisasi yang pemanfaatannya terutama dinikmati oleh anggotanya, seperti koperasi,
(2) Service organization, yaitu organisasi yang pemanfaatannya dinikmati oleh pelanggan, misalnya bank,
(3) Business Organization, organisasi yang bergerak dalam dunia usaha, seperti perusahaan-perusahaan,
(4) Commonwealth organization, adalah organisasi yang kemanfaatannya terutama dinikmati oleh masyarakat umum, seperti organisasi pelayanan kesehatan, contohnya rumah sakit, Puskesmas.


Contoh Organisasi

Berikut dibawahh ini adalah contoh contoh dari organisasi dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Panti Asuhan
  2. Partai Politik
  3. Lembaga Swadaya Masyarakat
  4. Pembinaan Kesejahteraan Keluarga
  5. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia
  6. Koperasi Simpan Pinjam
  7. Lembaga Bantuan Hukum
  8. Panti Jompo
  9. Karang Taruna
  10. Sistem Keamanan Lingkungan

Demikianlah ulasan dari pengajar.co.id mengenai Pengertian Organisasi, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.