√Proxy Adalah

Diposting pada

Pada Kesempatan kali Ini Pengajar.co.id Ingin membagikan Artikel Tentang Proxy Berikut Adalah Penjelasannya:


Pengertian Proxy

Secara umumnya, proxy adalah sebuah server komputer yang bermanfaat meneruskan keinginan pengguna ke server lain di internet. contohnya, proxy server ini adalah penghubung diantara komputer pribadi yang akan bersama dengan jaringan internet. Proxy sendiri akan mempunyai lebih dari 1 macam kegunaan, antara lain yakni :

√ Apa Itu Proxy : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Contohnya

Untuk menyembunyikan alamat IP komputer klien atau pengguna, agar siapapun dapat berselancar secara anonim tanpa akan meninggalkan jejak alamat IP di halaman situs yang akan dikunjungi.contohnya, jika ada seorang klien yang akan mengunjungi Google lewat server proxy, maka Google akan bakal melihat bahwa yang akan mengunjunginya adalah proxy server, bukan si klien, agar Google pun tidak akan mampu melacak posisi klien pengguna tersebut.

Berselancar lebih cepat di internet. Semua juga keinginan berasal dari komputer klien bakal akan mencapai proxy server lebih-lebih dahulu.lalu Kemudian, proxy bakal akan mengecek apakah halaman situs yang akan dikunjungi pengguna berikut udah punyai caching yang akan tersimpan maupun belum. Jika ada, maka client bakal akan memperoleh feedback berasal dari data caching tersebut, agar klien dapat berselancar lebih cepat di internet.
Untuk memblokir situs yang tidak diinginkan. contohnya untuk jaringan internet di perkantoran, agar pekerja di kantor berikut tidak memanfaatkan internet untuk dapat bermain media sosial atau menonton.


Fungsi Proxy

Berikut di bawah ini merupakan beberapa fungsi proxy yakni:

1. Fungsi Connecting Sharing

Salah satu fungsi proxy merupakan sebagai connecting sharing yakni sebagai penghubung maupun perantara pengambilan data dari suatu alamat IP dan diantarkan ke alamat IP lainnya maupun kepada IP komputer user.

Lihat Juga:   DNA Adalah

2. Fungsi Filtering

Terdapat beberapa proxy yang dapat dilengkapi dengan firewall yang akan memblokir beberapa maupun sebuah alamat IP yang tidak diinginkan, sehingga ada beberapa website yang tidak dapat diakses dengan memakai proxy tersebut. Itulah salah satu fungsi dari proxy sebagai filtering.

3. Fungsi Caching

Dan fungsi proxy yang lainnya yakni sebagai fungsi caching, disini maksudnya proxy juga dapat dilengkapi dengan media penyimpanan data dari suatu web, dari query maupun permintaan akses user. contohnya, permintaan ini untuk dapat mengakses suatu web akan lebih cepat jika telah ada permintaan akses ke suatu web pada pemakai proxy sebelumnya. Itulah fungsi proxy sebagai chacing,semoga bermanfaat.


Cara Kerja Proxy

Cara kerja sebuah proxy merupakan sangat sederhana, ketika pengguna atau user memakai layanan suatu proxy lalu meminta file atau data yang terdapat di public server maka proxy akan meneruskannya ke internet, jadi seolah-olah proxy tersebut yang meminta. Proxy akan menunjukan respon kepada user atau pengguna seolah-olah dia merupakan public servernya, saat proxy server telah akan mendapatkan apa yang diminta oleh user. Itulah cara kerja proxy.

Setiap komputer yang menggunakan internet memerlukan alamat IP atau IP address. IP address bisa disamakan dengan nama jalan komputer Anda. Jika kantor pos perlu mengirim sesuatu ke rumah Anda, mereka perlu tahu nama jalan di mana Anda tinggal. Konsep IP address juga sama. Internet perlu tahu IP Address Anda agar mereka mengirim data yang benar ke komputer yang benar.

Pada dasarnya, proxy adalah sebuah komputer dengan internet yang memiliki IP address mereka sendiri tetapi diketahui oleh komputer Anda. Ketika Anda mengirim sebuah permintaan website, permintaan Anda agar masuk ke server proxy dulu. Dari situ, server proxy akan membuat permintaan, mengambil response dari server website, dan mengantarkannya ke browser Anda.

Lihat Juga:   Radioaktif Adalah

Ketika server proxy meneruskan permintaan web Anda, proxy dapat membuat perubahan pada data yang Anda kirim dan masih mendapatkan informasi yang Anda harapkan untuk dilihat. Server proxy dapat mengubah alamat IP Anda, sehingga server web tidak tahu persis di mana Anda berada di dunia. Ini dapat mengenkripsi data Anda, sehingga data Anda tidak dapat dibaca saat transit. Dan terakhir, server proxy dapat memblokir akses ke halaman web tertentu, berdasarkan alamat IP.


Jenis-Jenis Proxy

Berdasarkan karakteristiknya, setidaknya jenis-jenis proxy sanggup dapat dibagi menjadi 4 macam, yaitu Anonymous Proxy, High Anonymity Proxy, Transparent Proxy dan Reverse Proxy. Berikut ini penjelasan berasal dari jenis-jenis proxy tersebut yakni:

1. Anonymous Proxy/Proksi Anonim

Merupakan Proxy type ini merupakan type proxy yang dapat memerikan informasi computer pengguna. Ketika pengguna akan melaksanakan request berasal dari sebuah website, maka web site selanjutnya akan dapat memahami alamat IP proxy yang akan digunakan oleh pengguna, tetapi tidak akan memahami alamat IP pribadi berasal dari pengguna. Karena server web site tidak akan sanggup mengakses alamat IP pengguna, maka dari itu, komunikasi pada pengguna dan proxy server selanjutnya akan terenkripsi sehingga keamanan pun terjaga.

2. High Anonymity Proxy

Merupakan Jenis proxy yang satu ini tidak akan mengidentifikasi dirinya sebagai proxy server, sehingga tidak akan dapat menyediakan alamat IP original. Proxy type ini akan pakai header REMOTE_ADDR bersama sebuah alamat IP menuju proxy server, sehingga berasal dari pengguna akan terlihat bahwa proxy servernya berperan sebagai klien.

3. Transparent Proxy/ Proxy Transparan

Merupakan Contoh simpel berasal dari proxy transparan ialah server yang melanjutkan keinginan pengguna kepada source yang di inginkan tanpa akan membeberkan informasi computer pengguna. Proxy transparan ini sudah cukup banyak diaplikasikan didalam perkantoran, di mana tiap-tiap alamat IP yang akan melaksanakan request nampak oleh server lewat http header.

Lihat Juga:   √ Esai Adalah

4. Reverse Proxy

Merupakan Jenis proxy yang satu ini biasanya dapat digunakan untuk menyediakan jalur atas beraneka keinginan pengguna berasal dari internet, lewat sebuah firewall yang akan terisolasi ataupun jaringan pribadi. Reverse proxy banyak juga digunakan untuk menghindar klien terhadap internet mengakses bersama akses yang tak termonitor, yang akan melibatkan knowledge peka konten berasal dari sebuah jaringan yang tertutup layaknya seperti intranet. Jika caching terhadap reverse proxy jika diaktifkan, maka traffic jaringan juga sanggup juga diturunkan.


Resiko Menggunakan Proxy

1. Tidak semua layanan free proxy itu aman

Siapa yang tidak mau menggunakan layanan gratis? Tetapi untuk layanan proxy, tidak semua layanan proxy gratis itu aman. Kebanyakan layanan proxy gratis tidak memiliki enkripsi atau backend hardware yang aman. Kinerjanya mungkin tidak akan sebagus layanan berbayar dan layanan proxy yang tidak dienskripsi mungkin saja memiliki isu keamanan. Jika Anda menemukan layanan proxy yang benar-benar gratis, ingat untuk tetapi hati-hati.

2. Log sejarah browsing (browsing history)

Proxy yang Anda gunakan memiiki IP address original dan informasi request Anda. Coba cek apakah proxy Anda me-log dan menyimpan semua data Anda. Lalu kenali juga terms and conditionsnya. Apakah data Anda benar-benar aman. Jika Anda ingin menggunakan proxy untuk melindungi data Anda padahal layanan yang Anda lakukan menjual data Anda ke pihak ketiga tentunya Anda tidak mendapatkan privacy yang Anda inginkan.

3. Ada proxy yang tidak dienskripsi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada proxy yang tidak dienskripsi. Memang apa artinya kalau tidak dienskripsi? Kalau tidak dienskripsi, berarti Anda mengirim request Anda dalam bentuk plain text. Semua orang bisa melihat username, password, dan informasi akun Anda dengan mudah. Jadi pastikan bahwa layanan proxy yang Anda gunakan sudah dienskripsi.

demikianlah artikel tentang √Proxy Adalah : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Contohnya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.