Resume Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Resume Adalah: Pengertian, Jenis, Contoh dan Cara Membuatnya, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini : resume-adalah


Pengertian Resume

Pengertian Resume adalah ringkasan atau rangkuman dari sebuah tulisan/ karangan yang panjang lalu kemudian dipangkas dan hanya mengambil bagian inti dan menyisihkan rincian dan ilustrasinya.

Resume adalah suatu cara yang sangat efektif dalam menjelaskan suatu inti atau pokok dari informasi yang akan disampaikan terhadap orang lain. Contohnya pada saat meresume buku atau sebuah karanga, resume bisa menjelaskan isi dari pikiran seseorang pengarang dengan lebih ringkas.

Kata “Resume” pada saat seorang pelamar sedang melamar sebuah pekerjaan di sebuah perusahaan pasti sangat sering menggunakana daftar riwayat hidup, yang mana dokumen tersebut berisi sebuah rangkuman pengalaman, keahlian dan jenjang pendidikan calon pelamar tersebut yang disusun dengan sedemikian rupa. Tujuan membuat remuse lamaran pekerjaan tersebut ialah sebagai informasi mengenai kualifikasi dari seseorang dengan secara detail, padat dan jelas.


Jenis – Jenis Resume

Berikut dibawah ini merupakan jenis jenis resume, yaitu :

  1. Abstrak

Abstrak merupakan salah satu jenis ringkasan yang sangat singkat dan padat. Dalam sebuah karangan karya ilmiah, abstrak merupakan sebuah ringkasan yang mana menampilkan gambaran besar dari pengarang. Dalam pembuatan sebuah karya ilmiah, abstrak biasanya akan diletakkan di awal sebelum masuk ke materi inti.

  1. Ringkasan Stricto Sensu

Adalah hasil pencarian isi artikel, bentuk tertulis dari ringkasan ini menggunakan kata-katanya sendiri. Jenis ringkasan resume ini hanya merangkum pemikiran utama.

Lihat Juga:   √ Teori Atom Rutherford

Jenis resume ini harus mengikuti proporsi dan juga urutan naskah asli, bukan menambahkan pandangan pribadi.

Dengan kata lain, segala sesuatu di yang luar naskah asli tidak boleh dimasukkan ke dalam resume ini. Resume dengan tipe ini banyak digunakan dalam kebutuhan sekolah.

  1. Ikhtisar

Yaitu yang memberi kebebasan kepada mereka yang membuat ringkasan untuk mengikuti urutan karangan asli atau merangkum dengan menggunakan tatanan mereka sendiri.

Menggunakan bahasa yang lebih fleksibel, inti utama dari jenis resume ini adalah bentuk tulisan yang disesuaikan dengan gaya membuat resume. Kebebasan ini tentu memiliki batasan. Pikiran harus tetap sesuai dengan karangan asli.


Perbedaan Resume dengan Ikhtisar

  1. Pengertian Resume

    Resume adalah isi dari ide-ide utama dari sebuah karangan yang dibuat dalam bentuk yang lebih pendek. Isi resume tidak berbeda dari ide utama dalam teks asli.

  2. Pengertian Ikhtisar

    Dilihat dari tujuannya, ikhtisar ini juga merupakan ringkasan dari karangan yang dibuat lebih pendek dari aslinya. Namun, ikhtisar tidak mempertahankan urutan ide-ide utama yang membangun karangan.


Cara Membuat Resume

  1. Baca Naskah Aslinya

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membaca naskah. Bacalah naskah hingga selesai dan berulang. Jadi, anda paham isi dari naskah atau bacaan yang disampaikan oleh penulis.

Saat membaca naskah, Anda harus membawa alat bantu demi memahami kata yang belum dipahami. Ini sangat berguna saat membaca naskah. Alat bantu yang anda gunakan bisa berguna untuk membantu memahami kalimat dalam naskah.

  1. Menemukan Gagasan Utama

Setelah membaca berulang dan memahami bacaan tersebut. Langkah selanjutnya adalah menemukan sebuah gagasan utama. Cara Anda dapat menemukan gagasan utama dengan mencari kalimat-kalimat penting.

Kalimat penting ini biasanya sudah merangkum beberapa gagasan utama. Anda dapat melakukan ini dengan menulis kembali kalimat penting tersebut. Anda juga dapat menandai kalimat yang mengandung gagasan utama.

  1. Menulis Resume

Setelah menemukan ide utama, mulailah untuk menulis resume. Kalimat yang didapat dari gagasan utama ditulis sesuai dengan naskah aslinya. Perlu dicatat bahwa dalam meresume tidak boleh menambah pendapat pribadi anda.

Hal ini akan menimbulkan perbedaan antara pendapat pribadi dan naskah asli. Jadi, cukup tulis gagasan utama kalimat yang Anda baca. Untuk memudahkan pembaca, gunakan bahasa yang sederhana.

Untuk menulis resume gunakan bahasa yang bisa dicerna oleh siapa saja. Tidak perlu menggunakan bahasa yang bertele-tele. Cukup hanya menggunakan bahasa Anda, tetapi masih mengandung konten isi naskah.

  1. Membaca Ulang Resume yang dibuat

Setelah Anda selesai menulis naskah, bacalah kembali resum yang telah dibuat. Hal ini untuk mengantisipasi jika ada kesalahan dalam penulisan. Di antara ini yang dapat Anda lakukan ialah:

Periksa ejaan yang benar, periksa tanda baca, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan yang terakhir periksa kembali kesesuaian isi naskah asli dengan resume.


Contoh Resume

Berikut dibawah ini merupakan contoh resume kerja yang bisa dijadikan sebagai acuan :

Lampung, 11 Januari 2020

Kepada Yth
HRD Manager PT. Sprite
Jl. Jagabaya No. 10 Lampung

Perihal: Lamaran Kerja

Dengan Hormat,
Sesuai informasi yang saya terima dari media sosial Facebook, terkait dengan lowongan kerja di perusahaan yang dipimpin Bapak/Ibu. Melalui surat lamaran ini saya berniat mengajukan diri dan mengisi jabatan sesuai yang dibutuhkan perusahaan. Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Dadang
Tempat/Tanggal lahir: Lampung, 22 Februari 1996
Jenis Kelamin: Laki-Laki
Pendidikan terakhir: SMA 1 Bandar Lampung
Alamat: Jagabaya No. 10 Lampung Rt/Rw 002/001
Telepon: 085374735678

Guna melengkapi sejumlah data sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan diwaktu yang akan datang, berikut saya lampirkan beberapa data diri berikut ini:

  1. Pas foto ukuran 3×4
  2. Foto copy KTP
  3. Foto copy Ijazah terakhir
  4. Daftar riwayat hidup
  5. Foto copy Surat Keterangan Sehat
  6. Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  7. Foto copy sertifikat

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Resume Adalah: Pengertian, Jenis, Contoh dan Cara Membuatnya, semoga bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.