SENI KRIYA adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul SENI KRIYA adalah – Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis, Contoh, yuk kita bahas sama-sama dibawah ini. SENI-KRIYA-adalah


Pengertian Seni Kriya

Istilah “kriya” diambil dari kata “Krya” yang merupakan bahasa Sansekerta yang berarti mengerjakan. Sehingga pengertian seni rupa kriya dapat diartikan sebagai hasil dari pengerjaan manusia.

Jika kita merujuk pada kata seni, seni adalah karya manusia yang memiliki nilai keindahan. Karena itu, seni rupa kriya merupakan karya seni yang mengandung keindahan.

Sederhananya, seni rupa kriya ini adalah kerajinan tangan manusia. Kerajinan tangan ini umumnya memiliki nilai guna bagi manusia. Sehingga seni rupa kriya bisa digunakan setiap hari.

Jadi, pada kenyataannya, setiap kerajinan yang dibuat oleh manusia dan memiliki nilai keindahan dapat dianggap sebagai seni rupa kriya.


Sejarah Seni Karya

Menurut beberapa sumber informasi, seni kriya telah ditemukan sejak zaman prasejarah. Hal ini dikarenakan adanya penemuan benda-benda dari zaman Neolitikum (zaman batu muda) yang berbentuk seperti seni Kriya.

Pada zaman prasejarah, benda-benda ini terbuat dari tanah liat, batu dan logam dengan berbagai fungsi dan keunggulan. Beberapa digunakan sebagai alat untuk berburu, wadah dan juga untuk pertanian.

Pada saat itu, seni Kriya dilakukan dengan sederhana dan mengedepankan aspek fungsional atau untuk kebutuhan fisik. Namun, manusia prasejarah sudah mulai memahami seni, ini bisa dilihat dari penemuan tembikar yang telah menghiasi dalam bentuk simbol-simbol kehidupan spiritual yang mereka yakini.

Lihat Juga:   Kalimat Tunggal Adalah

Fungsi Seni Kriya

Berikut dibawah ini merupakan fungsi seni kriya, yaitu :

  1. Dekorasi (Hiasan)

    Hasil kerajinan karya seni kriya banyak digunakan sebagai hiasan dekorasi dalam rangka mengelola permukaan benda agar lebih menarik untuk diapresiasi. Gambar dekorasi adalah gambar hiasan yang memiliki bentuk yang memberikan tampilan ruangan yang hidup dan yang memiliki nilai estetik. Banyak karya seni kriya yang berfungsi sebagai pajangan, karena seni kriya adalah kelompok seni rupa yang menekankan pada penampilan fungsi.

    Contoh : cinderamata, hiasan dinding, patung, ukir , dll.

  2. Benda Terapan (Siap Pakai)

    Jenis seni kriya ini lebih memilih fungsinya sebagai objek yang sudah jadi. Umumnya memiliki sifat yang nyaman, enak dipandang dan tidak kehilangan keindahan hasil kerajinan itu sendiri.

    Contoh : keramik, senjata, furnitur, dll.

  3. Benda Mainan

    Tanpa dapat kita sadar, kita menemukan banyak jenis kerajinan seni kriya dalam kehidupan sehari-hari. Seperti pahatan terapan yang berfungsi sebagai alat bermain, secara umum produk kerajinan ini hanya dikemas, bahan yang digunakan mudah didapat dan harga yang ditawarkan tidak mengalangit, murah tapi tidak murahan.

    Contoh : kipas kertas, boneka, dakon, dan banyak lagi.


Jenis-Jenis Seni Kriya Nusantara

Berikut dibawah ini jenis jenis seni kriya nusantara, yaitu :

  1. Seni Kriya Kayu
  2. Seni Kriya Tekstil
  3. Seni Kriya Keramik
  4. Seni Kriya Logam
  5. Seni Kriya Kulit
  6. Seni Kriya Batu

Macam-Macam Seni Kriya seni-kriya

Berikut dibawah ini merupakan macam-macam seni kriya berdasarkan teknik pembuatannya, yaitu :

  1. Seni Kriya Ukir / Pahat

    Seni kriya atau pahatan sangat beragam dalam proses pembuatannya. Selain menggunakan kayu, seni ukir atau seni pahat juga bisa dengan menggunakan berbagai logam, batu dan fosil hewan sebagai bahan dasarnya.

  2. Seni Kriya Batik

    Proses pembuatan untuk kain batik ini dapat dilakukan dengan cara yang berbeda-beda, termasuk menggunakan teknik tulis, cap dan tulis. Teknik batik adalah salah satu teknik batik yang paling banyak digunakan di nusantara.

  3. Seni Kriya Tenun

    Tenun terdiri dari 2 jenis, yaitu tenun songket dan ikat. Perbedaannya terletak pada teknik pembuatan dan bahan yang digunakan. Hampir di setiap wilayah Indonesia memiliki gaya tenun yang sangat unik sesuai dengan tradisi dan budaya masyarakat setempat. Inilah sebabnya mengapa nusantara kaya akan budaya, salah satunya adalah seni kriya ini.

  4. Seni Kriya Anyaman

    Seni kriya anyaman adalah teknik untuk membuat bahan dasar dengan mengubahnya menjadi pola tertentu. Bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan anyaman adalah bambu, pandan,rotan, kertas, tali dan lainnya.

  5. Seni Kriya Bordir

    Seni kerajinan bordir adalah seni menempatkan hiasan dari benang yang dijahit pada kain dan berfungsi sebagai penghias dan untuk memperindah atau mempercantik tampilan kain.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul SENI KRIYA adalah – Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis, Contoh, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.