√Contoh Lisensi : Pengertian, Jenis , Manfaat dan Contohnya

Diposting pada

1. Pengertian lisensi

√Contoh Lisensi : Pengertian, Jenis , Manfaat dan Contohnya

sebelumnya sudah diuji oleh yang membuatnya pertama kali. Lisensi sering dimaksud sebagai bentuk pemberian izin untuk memanfaatkan hak dari keklisensi merupakan pemberian izin dalam memproduksi sebuah produk, dimana produk atau jasa tersebutayaan intelektual, agar dapat diberikan pembei lisensi kepada penerima lisensi dengan maksud agar penerima lisensi dapat melakukan kegiatan usaha dengan menggunakan hak dari kekayaan intelektual yang dilisensikan.

2. Jenis-jenis lisensi

ada beberapa jenis lisensi , berikut diantaranya

1). Lisensi HKI (Hak dari Kekayaan Intelektual)

Jenis lisensi hak dari kekayaan intelektual, contohnya seperti lisensi pada software komputer. Pemberi lisensi dapat memberikan hak pada para pemakai untuk menggunakan softwarenya. Lisensi dari hak intelektual ini biasanya mempunyai berbagai macam peraturan didalamnya seperti syarat serta ketentuan, wilayah penggunaan, pembaruan serta syarat lainnya yang sudah ditentukan oleh pemilik lisensi tersebut.

2). Lisensi Massal

biasanya, lisensi massal berada pada lisensi software komputer, dimana lisensi diberikan pemilik lisensi kepada perorangan untuk menggunakan software komputer tersebut. Lisensi secara rinci umumnya tertulis dalam EULA (End User License Agreement).

3). Lisensi Merek Barang dan Jasa

Pemilik lisensi dapat memberikan izin lisensinya kepada organisasi atau perusahaan, dengan maksud dan tujuan untuk organisasi atau perusahaan tersebut dapat menjual produk dan jasa di bawah pemilik lisensi merk dagang tersebut. Dengan lisensi tersebut, maka pengguna lisensi dapat memakai merek dagang atau jasa pemilik lisensi, tanpa rasa khawatir dituntut secara hukum oleh pemilik lisensi sebab sebelumnya sudah memperoleh persetujuan pemilik lisensi tersebut.

Lihat Juga:   √Contoh Tajuk Rencana : Pengertian, Aspek, Syarat, Ciri dan Contohnya

4). Lisensi Hasil Karya Seni & Karakter

Pemilik lisensi dapat memberikan izin kepada organisasi atau perusahaan sehingga bisa mengcopy serta menjual hak cipta yang mengandung material seni dan karakter. Misalkan saja ada sebuah perusahaan memproduksi serta memasarkan mainannya dengan karakter tsum-tsum, dalam memproduksi serta memasarkan mainan karakter tersebut sebelumnya atau sudah mendapatkan izin dari pencipta karakter tersebut.

5). Lisensi Bidang Pendidikan

lisensi di bidang pendidikan berbentuk gelar akademis. Suatu perguruan tinggi sebagai pemilik lisensi dapat memberikan gelar kepada seseorang untuk dalam memakai gelar akademisnya setelah menimba ilmu dalam kurun waktu tertentu atau dapat juga gelar akademis tersebut diberikan kepada seseorang sebagai bentuk penghargaan.

3. Manfaat lisensi

Manfaat lisensi bagi penerima lisensi adalah mereka bisa menggunakan merek pemberi lisensi dengan aman, sehingga penerima lisensi dapat menjalankan usahanya secara lancar jika merek yang dipakai sudah terkenal serta mempunyai reputasi yang baik di mata konsumen maka akan mendapatkan banyak sekalikeuntungan dalam menjalankan usahanya. Sedangkan keuntungan yang di dapatkan bagi pemilik lisensi, umumnya akan mendapatkan royalti yang besarnya telah disepakati oleh kedua belah pihak yakni antara pemilik lisensi serta penerima lisensi.

4. contoh lisensi di era digital

terdapat beberapa contoh lisensi di era digital

a. Lisensi Perangkat Lunak (software)

Lisensi ini biasanya berada pada sistem operasi windows. Lisensi ini tertanam di dalam mesin PC. misalnya kamu beli laptop baru dengan windows pre-installed maka lisensinya hanya berlaku pada laptop itu saja, alias tidak bisa dipindah ke laptop lain.
OEM hanya salah satu dari beberapa jenis lisensi yang dipakai oleh microsoft, selain itu ada juga lisensi Retail, Volume, dll.

Lihat Juga:   √Apa yang Dimaksud Dengan Dialog : Pengertian , Syarat, Manfaat , Jenis dan Tujuan

b. Freeware

freeware adalah perangkat lunak ber-hak cipta yang gratis untuk digunakan. Seseorang tidak perlu mengeluarkan biaya untuk bisa menggunakannya. Beberapa contoh freeware diantaranya: LibreOffice, Dropbox, Avast Free, Chrome, dan lain-lain.

c. Shareware

Gratis digunakan tanpa biaya seperti hal nya freeware. namun shareware umumnya banyak batasannya karena penggunaan serta fitur-fiturnya. Nah, supaya penggunaan software-nya tidak dibatasi caranya ialah membeli lisensi versi lengkapnya.

 

demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang menjelaskan tentang Contoh Lisensi : Pengertian, Jenis , Manfaat dan Contohnya semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membacanya dan menambah ilmu pengetahuan anda