√Contoh Surat Niaga : Pengertian, Jenis, Struktur, Fungsi dan Cirinya

Diposting pada

Pengertian Surat Niaga

Surat niaga merupakan surat yang akan dibuat maupun juga ditulis untuk kepentingan bisnis atau juga perdagangan. Surat niaga merupakan jenis surat yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan ataupun badan-badan usaha dalam rangka akan menjalankan usahanya. Surat niaga juga merupakan surat resmi yang pada umumnya berisi mengenai tawaran, jual-beli yang ada pada hubungannya dengan barang maupun jasa.

√Contoh Surat Niaga : Pengertian, Jenis, Struktur, Fungsi dan Cirinya

Atau juga definisi surat niaga yang lainnya adalah sebuah surat yang telah dibuat oleh orang-orang ataupun oleh suatu badan usaha dengan bertujuan untuk mencari keuntungan. Surat niaga ini juga bisa bersifat intern maupun ekstern, secara intern dapat kita diartikan surat ini dapat dipakai untuk berhubungan antar perusahaan itu sendiri baik itu dari tingkat pusat sampai pada sampai cabangnya. Dan jika secara ekstern surat ini dapat dipakai juga untuk berhubungan dengan perusahaan maupun badan usaha lain. Surat niaga ini juga sering kali disebut dengan surat dagang maupun surat bisnis.

Jenis-Jenis Surat Niaga

Surat niaga juga akan memiliki jenis yang salah satunya ialah surat pesanan. Surat ini merupakan surat yang akan dikirimkan dari pembeli kepada penjual yang berisi pesanan untuk dapat membeli beberapa barang atau jasa tertentu. Dalam membuat surat niaga juga perlu diperhatikan poin-poin berikut ini:

a.Pertama, harus menyebutkan surat pemesanan barang atau juga jasa berdasarkan dari surat penawaran atau juga iklan atau lain sebagainya yang berasal dari penjual.
b.Kedua, menyebutkan jenis atau jumlah barang atau jasa yang akan dipesan, sebaiknya juga dibuatkan dalam bentuk daftar agar lebih mudah dalam proses pengecekan.
c.Ketiga, harus dapat mencantumkan bagaimana cara pengirimannya.
d.Keempat, menyebutkan pula bagaimana cara dari pembayarannya.
e.Kelima, menyebutkan waktu pengiriman yang akan dikendaki.
f.Keenam, menyebutkan cara pengepakan atau juga packingnya.

Surat niaga juga memiliki beberapa macam seperti yang tersebut dibawah ini,yakni:

  • Surat penawaran barang maupun jasa.
  • Surat permintaan barang maupun jasa.
  • Surat pesanan barang maupun jasa.
  • Surat penerimaan pembayaran.
  • Surat penangguhan pembayaran suatu barang ataupun jasa.
  • Surat keberatan.
  • Surat aduan.

Struktur Surat Niaga

Berdasarkan contoh surat, dapat kita ketahui juga struktur atau juga unsur-unsur surat niaga. Penjelasannya sebagai berikut yakni:

a.Kop surat

Kop surat merupakan identitas suatu instansi agar penerima surat dapat mengetahui asal usul surat tersebut serta perusahaan atau juga lembaga apa yang mengirim surat kepada mereka. Kop surat juga biasanya terletak di bagian paling atas dalam surat atau juga dikenal kepala surat.

b.Nomor surat

Nomor surat ialah suatu tanda bukti berupa gabungan angka huruf yang akan dicantumkan pada surat keluar dari suatu instansi, perusahaan, organisasi, sesuai dengan buku agenda surat keluar atau juga nomor berkas yang akan bertalian dengan surat tertentu.

c.Lampiran surat

Lampiran surat dapat berupa teks, seperti contoh dokumen pendukung (misalnya daftar riwayat hidup pada surat lamaran kerja) atau berupa gambar, seperti gambar.

d.Perihal surat

Hal surat juga disebut juga perihal surat ataupun pokok surat. Yang akan dikemukakan pada perihal surat merupakan isi pokok surat yang akan diterbitkan.

e.Alamat dan tanggal surat

Pencantuman alamat atau tanggal surat akan ditujukan untuk memberikan informasi mengenai tempat atau tanggal penulisan surat tersebut. Biasanya juga tidak akan dicantumkan kembali jika tempat sdah ditulis di kepala surat yang akan berupa alamat instansi.

f.Salam pembuka

Salam pembuka berfungsi sebagai sapaan pembukaan dalam surat. Penulisan salam pembuka akan ditulis dengan huruf kapital di awal atau diakhiri oleh tanda koma.

g.Isi surat

Isi surat dapat yang akan berupa pembuka yakni alenia pertama befungsi sebagai pengantar terhadap informasi yang ingin kita disampaikan. Isi yaitu berisi informasi yang akan disampaikan. Ketiga, penutup yakni berisi ucapan terimakasih atau juga harapan dari penulis surat kepada pembaca surat.

h.Salam penutup

Salam penutup juga biasanya menggunakan kata “Hormat kami”. Penulisan salam penutup sama dengan halnya dengan salam pembuka, diawali dengan huruf kapital atau juga diakhiri tanda koma.

i.Nama jelas dan tanda tangan

Setelah salam penutup,akan terdapat nama yang jelas pengirim surat disertai dengan tanda tangannya.

j.Tembusan

Tembusan merupakan bagian surat yang akan menjelaskan pihak maupun orang yang juga berhak mendapatkan surat tersebut.

  • Surat edaran.
  • Surat tagihan.
  • Surat telegram dan penegasan

Fungsi dan Tujuan Surat Niaga

Mengacu pada pengertian surat niaga di atas, berikut ini merupakan beberapa fungsi atau tujuan dari surat tersebut yakni:

  • Surat niaga merupakan wujud nyata atau bukti sah adanya perjanjian.
  • Surat niaga juga menjadi alat pengingat yang harus diarsipkan dan bisa digunakan setiap kali diperlukan.
  • Surat niaga juga dapat menjadi wakil penulis dalam pertemuan dengan lawan bicaranya.
  • Surat ini juga dapat digunakan utuk sebagai panduan dalam menjalankan tugas.
  • Surat niaga bisa akan menjadi alat untuk promosi

Ciri-ciri Surat Niaga

kita juga dapat Mengetahui ciri-ciri surat niaga sangat penting, agar lebih memahami lebih dalam tentang surat niaga. Adapun ciri-cirinya sebagai berikut.
Surat niaga akan selalu berkaitan dengan perniagaan atau juga perdagangan atau hal bisnis.

  • Surat niaga juga dapat ditulis secara resmi di atas kertas bersegel atau materai.
  • Surat niaga akan menggunakan kata-kata persuasif atau juga menarik dan sopan.
  • Pengutaraan secara jelas.
  • Surat niaga juga bersifat simpatik.
  • Surat niaga akan cenderung memakai bentuk formulir untuk mendapatkan efisiensi kerja, penghematan waktu, tenaga, atau juga biaya.

Demikianlah artikel tentang √Contoh Surat Niaga : Pengertian, Jenis, Struktur, Fungsi dan Cirinya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Dokumentasi adalah : Pengertian, Jenis, Fungsi, Tujuan dan Peranannya
Lihat Juga:   √Contoh Larutan Elektrolit : Pengertian, Jenis, Ciri, Fungsi, Khasiat dan Contohnya
Lihat Juga:   √Contoh Rekening Giro : Pengertian, Jenis, Manfaat, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangannya
Lihat Juga:   √ Etika Bisnis : Pengertian, Prinsip, Manfaat, Tujuan dan Contoh Pelanggaran