√Customer Servis Adalah : Pengertian, Fungsi, Tugas dan Syarat

Diposting pada

Pengertian Customer Service

Customer service merupakan setiap kegiatan yang akan diperuntukkan atau akan ditujukan untuk dapat memberikan kepuasan akan melalui pelayanan yang diberikan seseorang secara memuaskan. Pelayanan yang diberikan termasuk menerima keluhan atau masalah yang sedang dihadapi.oleh Seorang customer service harus pandai dalam mencari jalan keluar untuk dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh tamunya.

√Customer Servis Adalah : Pengertian, Fungsi, Tugas dan Syarat

Customer relations merupakan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan sebagai salah satu stakeholders dalam yang membangun opini publik agar tercipta kepercayaan pelanggan atau citra positif perusahaan.

Dalam hal ini, customer service akan berperan sebagai customer relations yang berperan penting sebagai penghubung antara perusahaan dengan konsumen, memberikan pelayanan kepada pelanggan terutama pada pelayanan komunikasi.Customer service yang merupakan segala aktivitas perusahaan dalam hal yang akan memberikan pelayanan jasa kepada pelanggan yang juga biasanya berada di kantor depan perusahaan . Bagaimana dan apa yang akan dilakukan oleh customer service dalam memberikan pelayanan kepada para pelanggannya agar dapat memberikan pengaruh terhadap kepuasan pelanggan tersebut.

Hampir setiap perusahaan akan mempekerjakan customer service atau kebutuhan akan tenaga ahli dalam memberikan pelayanan bermutu terus meningkat. Bersamaan dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya customer service, para petugas yang ahli atau berpengalaman maka akan dianggap sebagai kontributor yang akan sangat berarti bagi keuntungan atau keberhasilan sebuah perusahaan.

Fungsi Customer Service

Berfungsi sebagai Penerima pelanggan. Fungsi seorang customer service akan menjadi bagian terdepan dalam menerima tamu yang akan memiliki masalah-masalah mengenai produk perusahaan. Customer service menjadi pendengar dan akan melayani dengan baik dan ramah setiap pertanyaan, aduan dan permintaan pelanggan dengan baik serta akan memberikan solusi atas masalah-masalah pelanggan. Customer service ini akan selalu memberikan perhatian kepada setiap pelanggan dengan senyum, sopan, suara jelas dan bahasanya akan mudah dapat dimengerti.

Berfungsi sebagai Customer Relation Officer. Fungsi ini yang artinya seorang customer service merupakan bagian dari perusahaan yang akan mampu membina hubungan baik dengan pelanggan/tamu. Jika tercipta hubungan yang baik, maka customer akan merasa puas, senang atau semakin percaya kepada layanan produk perusahaan.

Berfungsi sebagai Komunikator.yang Artinya seorang customer service akan dituntut untuk dapat memberikan informasi-informasi terkait kebutuhan pelanggan serta mampu menampung semua keluhan-keluhan dari pelanggan. Seorang customer service akan cepat atau tanggap dalam memberikan pelayanan.

Tugas Customer Service

customer service juga akan mempunyai tugas sesuai dengan fungsi di atas. Adapun tugas customer service sesuai dengan fungsinya yakni. sebagai berikut :

a. Sebagai resepsionis

Untuk menerima tamu yang akan datang dengan ramah tamah, sopan, tenang, simpatik, menarik, atau menyenangkan. Dalam hal ini customer service harus akan bersikap selalu memberi perhatian kepada tamu,selalu berbicara dengan suara yang lembut atau jelas. Selama melayani sih pelanggan, customer service tidak boleh diperkenankan merokok, makan, minum atau mengobrol banyak sesama karyawan.

b. Sebagai deskman

Untuk memberikan informasi mengenai suatu produk-produk perusahaan,akan menjelaskan manfaat dan ciri-ciri produk, menjawab pertanyaan pelanggan akan mengenai produk serta dapat membantu pelanggan yang akan membutuhkan pertolongan seperti mengisi formulir tersebut.

c. Sebagai salesman

Untuk menjual produk;akan melakukan cross selling;yang mengadakan pendekatan atau akan mencari pelanggan baru; berusaha membujuk pelanggan yang baru dan berusaha dalam mempertahankan pelanggan yang lama; serta akan berusaha mengatasi setiap suatu permasalahan yang dihadapi pelanggan, termasuk keberatan ataupun keluhan pelanggan.

d. Sebagai customer relation officer

Sebagai custom relation officer, tugas dimana seorang customer serive merupakan menjaga image atau citra perusahaan. Tugas yang detailnya adalah membina hubungan baik dengan seluruh pelanggan, sehingga pelanggan merasa sangat senang, puas, maupun semakin percaya kepada perusahaan tersebut. Tugas yang paling terpenting adalah sebagai penghubung diantara perusahaan dengan seluruh pelanggan.

Syarat Customer Service

Syarat Customer Service (syarat yang pada umumnya), bisa di baca di bawah ini yakni:

a.Syarat Fisik

  • Dapat Menarik dari segi wajah atau penampilan.
  • Memiliki tingga badan serta berat badan harus proporsional. contohnya seperti: tinggi badan ideal untuk laki-laki minimal 160 cm maupun untuk perempuan minimal 155 cm.
  • Terpenting Memiliki kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani.

b.Syarat Mental

Memiliki mental yang kuat dalam melayani klien, sebab itu akan memberikan kepercayaan diri yang lebih baik, dapat banyak memberikan keyakinan atau akan menimbulkan sifat kejujuran ataupun tanggung jawab yang besar terhadap apa saja yang telah dilakukannya.

c.Syarat Kepribadian

  • Energik atau juga gesit.
  • Rasa humor & selalu ingin maju kedepan.
  • Mampu mengendalikan diri sendiri.
  • Tidak mudah emosi maupun tempramental.

Demikianlah artikel tentang √Customer Servis Adalah : Pengertian, Fungsi, Tugas dan Syarat dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √Asosiatif Dan Disosiatif
Lihat Juga:   √ Manajemen Persediaan : Pengertian, Tujuan, Jenis dan Contohnya
Lihat Juga:   √ Definisi Masyarakat Menurut Para Ahli : Pengertian, Ciri dan Fungsinya
Lihat Juga:   √ Jenis Hujan : Pengertian, jenis, Manfaat dan Proses Terjadinya