Desain Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Desain Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Contoh & Fungsi, yuk kita bahas bersama-sama dibawah ini : Desain-adalah


Pengertian Desain

Pengertian desain adalah sebuah perancangan atau perencanaan yang dilakukan sebelum membuat suatu objek, komponen, sistem, atau struktur.

Pendapat lain mengatakan bahwa arti desain adalah proses perancangan atau perencanaan dari suatu objek yang bertujuan membuat objek yang dibuat memiliki fungsi, memiliki nilai keindahan dan bermanfaat bagi manusia.

Secara etimologis, istilah desain berasal dari bahasa Inggris, yaitu “design” yang berarti reka rupa, rencana, atau rancangan. Dalam proses desain akan memperhitungkan berbagai aspek, seperti; estetika, fungsi dan berbagai aspek lain yang diperoleh dari riset dan pemikiran manusia.

Pengertian Desain Menurut Para Ahli

  1. Ken Hurts
    Desain ialah suatu proses iterative yang menerkaitkan beberapa aktivitas tinjauan ke belakang dan pararel.
  2. Menurut Coirul Amin
    Desain merupakan sebuah kerangka bentuk, rancangan, motif, pola, corak.
  3. Dedi Nurhadiat
    Desain adalah suatu perencanaan dalam mewujudkan berbagai gagasan.
  4. Alexander
    Desain bisa di bilang berupa temuan unsur fisik yang paling objektif.
  5. Widagdo
    Desain masih ada hubungannya dengan berbagai nilai kontekstual yang menyuarakan kebudayaan.

Fungsi Desain

Derikut dibawah ini merupakan fungsi desain, yaitu :

  • Merupakan sebuah proses untuk membuat atau menciptakan obyek baru
  • Merupakan sebuah ilmu pengetahuan dan wawasan kepada manusia, supaya bisa mengerti bentuk dalam bentuk penggambaran bidang, ruang, susunan, konfigurasi, komposisi, nilai dan sebagainya.
  • Merupakan sebuah alat untuk mengkomunikasikan suatu karya cipta baru seorang desainer kepada masyarakat umum
  • Merupakan sebuah wadah untuk menampilkan objek-objek kepada masyarakat dengan suatu gambaran ataupun nyata
Lihat Juga:   Radioaktif Adalah

Tujuan Desain

Berikut dibawah ini merupakan tujuan desain yaitu :

  1. Desain bertujuan untuk menyesuaikan hasil desain dengan manusia sebagai pemakainya dan menyadari manfaat dan keterbatasan kemampuan yang dimilikinya.
  2. Desainnya dipadukan dengan unsur seni dan teknologi yang tujuannya untuk mencapai keamanan, kenyamanan, dan keindahan.
  3. Desain diciptakan untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas kehidupan manusia.

Jenis-Jenis Desain

Berikut dibawah ini merupakan jenis jenis desain, yaitu :

  1. Desain Grafis

    Desain grafis adalah bentuk komunikasi visual yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi seefisien mungkin menggunakan media gambar. Jika dalam seni grafis, teks atau tulisan juga dianggap gambar karena merupakan hasil dari abstraksi simbol yang dapat didengar.

    Desain grafis adalah bagian dari seni rupa yang berupaya memenuhi kebutuhan praktis atau fungsional manusia dari hasil komunikasi visual dalam bentuk seni cetak, seperti poster, majalah, surat kabar, logo perusahaan, undangan, pengemasan, buku, cerita gambar, kartun, dll.

    Desain grafis dapat merujuk pada metode perancangan, proses pembuatan, produk yang diproduksi atau dirancang, dan disiplin yang digunakan atau desain. Seni desain grafis meliputi keterampilan visual dan kemampuan kognitif, termasuk dalam pengolahan gambar, tata letak, tipografi, ilustrasi, dan fotografi.

  2. Desain Interior

    Desain interior adalah salah satu bidang ilmu yang didasarkan dari ilmu desain untuk menyelesaikan masalah kebutuhan ruang yang nyaman dan indah pada sebuah tempat tinggal, seperti ruang tumah tinggal, rumah sakit, restoran, sekolah,hotel ,kantor, pusat hiburan, bahkan ruang dapur dan toilet.

  3. Desain Arsitektur

    Desain arsitektur adalah kegiatan yang berupaya untuk memecahkan kebutuhan manusia akan tempat tinggal yang nyaman dan indah. Seperti rumah, kantor, rumah sakit, bangunan umum, tempat ibadah, gedung industri, dll. Dalam dunia arsitektur, ada dua sudut pandang yang berbeda. Dari kedua sudut pandang tersebut, yaitu pandangan yang menempatkan desain arsitektur di bidang keahlian teknik dan pandangan yang menempatkan desain arsitektur dalam bagian dari seni.

  4. Desain Produk

    Desain produk adalah cabang seni rupa terapan yang berupaya memecahkan masalah kebutuhan masyarakat akan benda dan peralatan sehari-hari untuk mendukung kegiatannya. Misalnya, desainer produk merancang sepatu tidak hanya untuk membuatnya cantik, tetapi juga agar nyaman dipakai dan mudah diproduksi.


Contoh Desain

Berikut dibawah ini merupakan gambar contoh desain :

gambar-contoh-desain


gambar-contoh-desain


gambar-contoh-desain


gambar-contoh-desain


gambar-contoh-desain


Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Desain Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Contoh & Fungsi, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.