Diskusi Adalah

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Diskusi yang mana akan mengulas mengenai : Pengertian, Materi, Tujuan, Jenis & Contohnya, mari bersama-sama kita bahas dibawah ini : Diskusi


Pengertian Diskusi

Diskusi adalah interaksi komunikasi yang terjadi antara dua orang atau dalam kelompok di mana tujuannya adalah untuk membahas masalah atau topik tertentu untuk menghasilkan kesepakatan pendapat.

Pendapat lain menyatakan bahwa pengertian diskusi adalah proses pertukaran pikiran, ide dan pendapat, yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, untuk mencapai kesimpulan atau kesepakatan secara bersama.

Diskusi termasuk kedalam salah satu cara untuk mendorong kebiasaan demokratis dan juga dapat meningkatkan intelektual seseorang. Diskusi dapat berlangsung di mana saja, tetapi secara umum, kegiatan ini biasanya dilakukan dalam suatu organisasi atau komunitas atau lembaga pendidikan.


Fungsi Dan Manfaat Diskusi

Berikut dibawah ini merupakan fungsi dan manfaat diskusi, yaitu :

Fungsi Diskusi

  • Dapat memecahkan suatu masalah dengan bersama-sama
  • Dapat membantu sebagai Wadah Untuk Mengembangkan Diri

Manfaat Diskusi

  • Menanamkan sikap demokrasi
  • Membiasakan sikap saling menghargai
  • Mengembangkan daya berfikir
  • Melatih kemampuan berbicara
  • Mengembangkan pengetahuan dan pengalaman
  • Mewujudkan proses kreatif dan analitis
  • Mengembangkan kebebasan pribadi
  • Melatih kemampuan berbicara di depan umum, dan lain-lain.

Macam-Macam Diskusi dan Contoh

Diskusi terbagi atas dua macam atau jenis yaitu Diskusi Formal dan Diskusi Non Formal, berikut dibawah ini penjelasannya :

Jenis-Jenis Diskusi Formal

Berikut dibawah ini merupakan jenis-jenis Diskusi Formal, yaitu :

  1. Seminar
    Pasti anda sudah sering sekali mendengar kata seminar, terutama saat ini dengan banyak profesi baru di dunia kerja atau pengusaha. Banyak seminar diselenggarakan untuk menjelaskan suatu produk, masalah atau sesuatu yang dibuat untuk menarik minat dari masyarakat. Pada seminar tersebut, beberapa ahli di bidangnya mendiskusikan topik-topik tertentu untuk mencapai kesepakatan.
  2. Lokakarya / Sanggar Kerja
    Lokakarya ini juga merupakan bagian dari diskusi yang tentunya akan fokus pada profesi atau pekerjaan tertentu. Tidak hanya itu, mungkin sebuah karya dari seseorang yang ahli dapat dibahas dalam diskusi lokakarya.
  3. Simposium
    Simposium adalah diskusi yang diadakan oleh beberapa orang atau kelompok untuk membahas tujuan dari pokok masalah tertentu. Diskusi ini juga digunakan untuk memperoleh kesepakatan atau solusi bersama.
  4. Diskusi Panel
    Pengertian dasar dari diskusi panel adalah diskusi untuk memperluas pemahaman tentang isu-isu yang saat ini sedang hangat dibahas oleh banyak orang, serta melibatkan para ahli yang merupakan penulis atau pembicara pada diskusi tersebut.
  5. konferensi
    Konferensi adalah pertemuan yang diselenggarakan untuk tujuan berunding atau bertukar pendapat tentang masalah yang dihadapi peserta dalam diskusi. Konferensi ini juga merupakan kesempatan untuk menyampaikan pendapat untuk mendapatkan solusi yang diharapkan oleh semua pihak yang terlibat.
  6. Diskusi Pleno
    Diskusi pleno ini dilakukan untuk melaporkan hasil diskusi sebelumnya dan kemudian menindaklanjuti masalah tersebut.
  7. Debat
    Debat sering kali diadakan di hampir semua diskusi, karena setiap orang yang mengungkapkan pendapat tentu memiliki sudut pandang dan pendapat yang berbeda. Setiap peserta dalam diskusi akan berdebat untuk argumen dan idenya.
  8. Kongres
    Kongres biasanya dipimpin oleh aktor politik atau perwakilan dari suatu organisasi, tujuan kongres ini adalah untuk memikirkan masalah bersama dalam pengambilan keputusan.
  9. Forum Diskusi
    Forum diskusi atau wadah atau tempat yang diselenggarakan oleh peserta dalam diskusi untuk menggabungkan dialog tertentu. Biasanya, ada demokrasi yang tinggi dalam forum diskusi.
  10. Diskusi Kasualis
    Diskusi ini adalah bentuk dari penelitian suatu masalah konkret yang berisi beberapa solusi. Biasanya, diskusi antara para kasualis ini dilakukan untuk menemukan jalan keluar secepat mungkin.
Lihat Juga:   √Aplikasi Adalah

Jenis-Jenis Diskusi Non Formal

Berikut dibawah ini jenis-jenis Diskusi Non Formal, yaitu :

  1. Kelompok Belajar
    Biasanya, kelompok belajar ini dipimpin oleh siswa / siswi sekolah yang berada dalam satu kelompok untuk mendiskusikan maple/ mata pelajaran tertentu.
  2. Kelompok Pembentuk Kebijakan
    Untuk mengatasi masalah, diperlukan kebijakan untuk membuat keputusan yang tepat. Kelompok kebijakan ini dibuat sehingga berbagai pendapat dikumpulkan untuk menghasilkan keputusan yang bijak.
  3. Komite atau pertemuan para orang tua murid
    Pertemuan orang tua murid dengan guru adalah hal biasa di sekolah untuk masalah yang mengganggu bagi sekolah atau bagi siswa.

Unsur-Unsur Diskusi

Berikut dibawah ini beberapa unsur-unsur diskusi, yaitu :

  1. Moderator

    Moderator adalah orang yang bertanggung jawab untuk memimpin diskusi. Seorang moderator harus mampu menghidupkan suasana diskusi. Namun, dia juga harus bisa mengendalikan suasana jika ada argumen yang mengarah pada perselisihan.

  2. Panelis atau Narasumber

    Seorang panelis atau narasumber adalah orang yang akan memberikan materi selama diskusi. Tugas seorang panelis adalah untuk menyampaikan masalah dan juga beberapa solusi alternatif. Narasumber atau panelis harus siap memberikan jawaban atas pertanyaan dari peserta diskusi.

  3. Notulis

    Notulis bertanggung jawab untuk merekam jalannya setiap diskusi dari awal hingga akhir. Dia juga harus bisa meringkas ide-ide atau gagasan yang diungkapkan oleh para peserta, baik pendapat, pernyataan dan sanggahan. Selain itu, notulis juga harus merangkum hasil diskusi.

  4. Peserta Diskusi

    Peserta diskusi adalah orang-orang yang terlibat dalam diskusi. Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh peserta dalam diskusi.

  • Mengikuti Diskusi dari awal hingga selesai sesuai dengan tata tertib
  • Secara aktif membantu menyelesaikan masalah atau mendiskusikan masalah yang diungkapkan selama diskusi

Tujuan Diskusi

Berikut dibawah ini merupakan tujuan Diskusi, yaitu :

  1. Dapat menghubungkan dan bisa menyatukan pendapat, gagasan, ide, dan persepsi dari anggota kelompok untuk tujuan pengambilan keputusan
  2. Dapat melatih keberanian untuk mengekspresikan pendapat secara sistematis dan logis
  3. Belajarlah untuk menerima dan menghargai pendapat orang lain
  4. Dapat merubah sikap dan perilaku serta dapat membentuk karakter menjadi pribadi yang matang
  5. Mendapatkan informasi-informasi untuk lebih menambah wawasan dalam berpikir

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Diskusi Adalah : Pengertian, Materi, Tujuan, Jenis & Contohnya, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.