√ Konsep Pembangunan : Pengertian, Tujuan, Ciri dan Teori

Diposting pada

Pengertian Pembangunan

Di Indonesia istilah pembangunan seringkali berkonotasi maupun juga berarti dalam membangun infrastruktur dan fasilitas fisik.yang Pada dasarnya, pengertian pembangunan secara umum merupakan suatu proses perubahan yang akan terus menerus untuk dapat menuju kekeadaan yang akan lebih baik yang berdasarkan suatu norma-norma tertentu. Dalam pengertian pembangunan, para ahli lalu kemudian banyak memberikan penjelasan yang juga bermacam-macam sama dengan halnya dengan perencaan.

√ Konsep Pembangunan : Pengertian, Tujuan, Ciri dan Teori

Istilah pembangunan dapat juga didefinisikan maupun juga diberikan pengertian yang berbeda-beda oleh satu orang dengan orang yang lainya, negara satu dengan negara yang lainnya. Namun pada umum terdapat kesepakatan bahwa pembangunan merupakan proses untuk melakukan perubahan. Pembangunan merupakan suatu seperangkat usaha yang terencana atau terarah dalam dapat menghasilkan sesuatu yang dapat dimanfaatkan dalam memenuhi suatu kebutuhan atau juga dapat meningkatkan kesejahteraan hidup manusia.

Tujuan Pembangunan

Menimbang banyaknya aspek harus dibangunnya, maka pembangunan seringkali dilakukan akan secara bertahap. Tahapan pembangunan tersebut tidak dapat di sesuaikan dengan adanya skala yang akan diutamakan. Pembangunan tersebut menyangkut kepentingan yang akan didahulukan.

Adapun tujuan pembangunan Indonesia yang tersirat. pada umunnya suatu terdapat dalam pembukaan UUD 1945 yang dimana tujuan pembangunan merupakan sebagai berikut yakni:

  • Melindungi segenap bangsa atau jumlah seluruh tumpah darah Indonesia
  • Memajukan kesejahteraan umum
  • Mencerdaskan kehidupan bangsa
  • Ikut dalam melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan perdamaian abadi dan juga keadilan sosial.

Ciri-Ciri Pembangunan

Perencanaan dimana pembangunan tersebut harus direncanakan dalam setiap tahap-tahap dari pembangun, dari hal tersebut,yang akan dibutuhkan sebuah pembangunan berkelanjutan yang akan mempertibangkan berbagai aspek khususnya lingkungan hidup. Olehnya, terdapat ciri-ciri pembangunan yang memperhatikan berbagai aspek yang dapat dilihat dibawah ini. Menjamin dalam pemerataan atau juga keadilan. Strategi pembangunan yang akan berkelanjutan yang dilandasi oleh pemerataan distribusi sumber lahan atau faktor produksi, pemerataan kesempatan bagi perempuan, atau juga pemerataan ekonomi demi peningkatakn kesejahteraan.

Teori Pembangunan

a.Teori Pembangunan Adam Smith

Teori ini juga sering dikenal dengan Teori Hukum Alam. Teori ini juga meyakini dimana berlakunya doktrin hukum alam dalam persoalan ekonomi maka wajar jika ia akan menganjurkan kebijakan pasar bebas dalam ekonomi. Kekuatan yang tidak akan terlihat yakni pasar persaingan sempurna yang merupakan suatu mekanisme menuju keseimbangan secara otomatis atau cenderung memaksimumkan kesejahteraan nasional.

b.Teori Pembangunan Ricardian

Teoripembangunan yang akan dibangun oleh David Richardo yakni dimna teori mengenai hubungan antara 3 kelompok perekonomian yakni tuan tanah, kapitalis atau buruh. Keseluruhan pendapatan nasional akan dibagikan pada 3 kelompok tersebut sebagai uang sewa, keuntungan atau juga upah.

c.Teori Pembangunan Malthus

Dalam teori ini, Thomas Robert Malthus akan menganggapi bahwa proses pembangunan ekonomi itu tidak akan terjadi dengan sendiri, namun apabila membutuhkan berbagai usaha yang konsisten dari pihak rakyat. Jadi proses pembangunan merupakan suatu proses naik turunnya aktivitas ekonomi lebih daripada sekedar lancar mtidaknya aktivitas ekonomi tersebut.

d.Teori Pembangunan Mill

Dalam teori ini, John Stuart Mill akan menganggap bahwa pembangunan ekonomi sebagai fungsi tanah, tenaga kerja atau juga modal. Peningkatan kesejahteraan hanya mungkin jika tanah atau juga modal mampu meningkatkan produksi lebih capat jika dibandingka dengan angkatan kerja.

e.Teori Pembangunan Marxis

Ada 3 hal yang akan disumbangkan Karl Max dalam teori pembangunan nasional yakni dalam arti luas memberikan tafsiran sejarah dari sudut ekonomi, dalam arti sempit merinci kekuatan yang akan mendorong perkembangan kapitalis atau juga menawarkan jalan alternatif tentang pembangunan ekonomi terencana. Dalam penafsiran sejarah, semua peristiwa sejarah merupakan suatu hasil perjuangan ekonomi yang akan terus menerus di berbagai kelas maupun juga kelompok masyarakat.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang √ Konsep Pembangunan : Pengertian, Tujuan, Ciri dan Teori semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √Konsep Gaya Hidup : Pengertian, Jenis, Indikator, Faktor yang Mempengaruhinya
Lihat Juga:   √ Manajemen Persediaan : Pengertian, Tujuan, Jenis dan Contohnya
Lihat Juga:   √Contoh Larutan Elektrolit : Pengertian, Jenis, Ciri, Fungsi, Khasiat dan Contohnya
Lihat Juga:   √ Pengertian Kebudayaan : Pengertian, Unsur, Fungsi dan Contohnya