√ Oligopoli Adalah : Pengertian, Jenis, Ciri, Kelebihan dan Kekurangan Pasar Oligopoli

√ Oligopoli Adalah : Pengertian, Jenis, Ciri, Kelebihan dan Kekurangan Pasar Oligopoli
5 (100%) 2 votes

Pengertian Oligopoli

Pasar oligopoli merupakan sebuah bentuk pasar persaingan tidak sempurna, karena hanya ada beberapa produsen atau penjual dengan banyak pembeli di pasar tersebut. Beberapa contoh industri yang termasuk dalam kategori ini ialah industri rokok, industri mobil, industri semen dan juga jasa penerbangan serta lain sebagainya.

√ Oligopoli Adalah : Pengertian, Jenis, Ciri, Kelebihan dan Kekurangan Pasar Oligopoli

Jenis Pasar Oligopoli

Berdasarkan jenisnya, pasar oligopoli secara umum terbagi menjadi dua jenis, berikut dibawah ini penjelasannya

Oligopoly Murni

Cirinya merupakan jenis barang yang dihasilkan sejenis atau identik. biasanya jenis yang termasuk dalam jenis pasar ini ialah industri-industri yang bergerak dalam bidang penyedia barang yang masih mentah.

Oligopoli Diferensial

Cirinya merupakan jenis barang yang dihasilkan berbeda-beda atau mempunyai banyak variasi produk, sehingga antara hasil produksi barang antar perusahaan dengan perusahaan yang lain dapat dikelompokan secara mudah dan juga masing-masing mempunyai ciri khas maupun keunikan tersendiri.

Ciri-ciri Oligopoli

Berikut dibawah ini beberpa ciri-ciri pasar oligopoli

1). Hanya Sedikit Penjual yang Menjual Produk Substitusi

Penyebabnya merupakan penawaran dari satu jenis barang dikuasai sepenuhnya oleh beberapa perusahaan. Dampaknya yang terjadi dapat menyebabkan perang harga dikarenakan hanya sedikit penjual yang menjual produk subtitusi dipasara tersebut.

2). Adanya Rintangan untuk Memasuki Industri Oligopoli

Mengapa disebut banyak rintangan? Hal ini dikarenakan untuk membangun perusahaan jenis ini memerlukan modal yang relatif besar, jadi perusahaan dengan jenis ini hanya sedikit jumlahnya. tetapi rintangan ini tidak juga kuat dibandingkan dengan pasar monopoli.

3). Keputusan Harga yang Stabil oleh sebuah Perusahaan Harus Dipertimbangkan oleh Perusahaan yang lain Dalam Industri

Harga produk yang mengalami penurunan dari sebuah perusahaan akan berdampak pada perusahaan lainnya sehingga ikut juga menurunkan harga agar tidak kehilangan pelanggan. Dan sekiranya masih ada perusahaan yang masih menaikkan harga maupun harga masih cenderung tinggi tentu akan kehilangan pelanggan serta perusahaan lain yang relatif lebih murah akan bertambah jumlah pelanggannya.

4). Menghasilkan Barang Standar maupun Barang Berbeda Corak

Pasar oligopoli menciptakan barang yang banyak ragamnya, baik barang standar maupun barang yang berbeda coraknya.

5). Melakukan Promosi Melalui Iklan

Aktivitas promosi melalui iklan pada saat ada dipasar oligopoli aktif dilakukan, mengapa? hal ini bertujuan untuk menarik minat pembeli baru serta disisi lain jugA mempertahankan pembeli lama.

Kelebihan dan Kekurangan pasar oligopoli

Berikut dibawah ini kelebihan dan kekurangan pasar oligopoli

A. Kelebihan Pasar Oligopoli

1). Barang yang Diproduksi Berbeda Corak

Para penjual yang ada di dalam pasar oligopoli memproduksi sesuai yang diinginkan masyarakat hal ini agar menghasilkan bermacam-jenis barang yang berbeda corak. Agar pasar tersebut akan terus menyebar ke golongan masyarakat luas.

2). Efisiensi dalam memakai Sumber-Sumber Daya

Pasar oligopoli jika dilihat dari syarat efisiensi sesungguhnya tidaklah mmakai sumberdaya secara efisien. Namun apabila dilihat dari sudut pandang skala ekonomi yang didapat maka kemungkinan diperoleh bahwa para penjual dalam pasar oligopoli mengeluarkan biaya yang lebih rendah dalam produksi barang dibandingkan dalam pasar persaingan sempurna.

3). Pengembangan Teknologi dan Inovasi

Pasar oligopoli merupakan struktur pasar yang paling memberikan dorongan untuk melakukan inovasi maupun menyampaikan teknologi.

B. Kekurangan Pasar Oligopoli

1). Terjadi Persaingan Harga yang Ketat

Persaingan harga pada pasar oligopoli akan terjadi apabila ada produk baru yang masuk ke pasar, mengapa dapat terjadi ? sebab pada saat produk masuk ke dalam pasar agar bisa menguasai pasar lazimnya seorang produsen baru akan menurunkan harga agar produk yang sudah lama dapat tergeser. Tentu hal ini akan merugikan pihak produsen lama.

2). Adanya Rintangan yang Kuat untuk Masuk ke Pasar Oligopoli

Produsen baru yang ingin memasuki pasar ini akan mengalami kesulitan hal ini desebabkan memerlukan investasi yang tinggi.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang √ Oligopoli Adalah : Pengertian, Jenis, Ciri, Kelebihan dan Kekurangan Pasar Oligopoli semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √Definisi Stratifikasi Sosial : Pengertian, Ciri, Sifat, Bentuk, Fungsi dan Proses Pembentukan
Lihat Juga:   √ Pancasila Sebagai Sumber Nilai : Pengertian, Ciri dan Macamnya
Lihat Juga:   √Kalimat Efektif: Pengertian, Syarat, Prinsip, Ciri, Jenis Contohnya
Lihat Juga:   √Apa Itu Supervisi : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Jenisnya
/* */
Click to Hide Advanced Floating Content

Send this to a friend