Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Strategi : Pengertian Secara Umum, Menurut Para Ahli, Manajemen strategi Adalah, Strategi Bisnis, Perbedaan Strategi dan Taktik, Strategi Dalam Bisnis, Contohnya, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini :
Pengertian Strategi Secara Umum
Strategi merupakan suatu pendekatan yang semua yang akan berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan serta eksekusi dalam aktivitas yang banyak memiliki kurun waktu tertentu.
Strategi yang baik ada pada koordinasi dalam tim kerja, mempunyai tema, serta melakukan identifikasi faktor pendukung yang sesuai dengan prinsip pelaksanaan gagasan yang rasional, efisien dalam melakukan pendanaan, serta juga memiliki cara untuk agar dapat mencapai sebuah tujuan secara efektif maupun efisien.
Strategi ini memiliki perbedaan dalam taktik yang akan dimilikinya, ruang lingkup lebih sempit serta waktu yang juga yang dimiliki lebih pendek, meskipu begitu, secara umumnya orang sering mempersatukan ke dua kata tersebut.
Pengertian Strategi Menurut Para Ahli
-
-Siagaan
Menurut Siagaan strategi ialah serangkaian keputusan sarta tindakan yang akan mendasari yang telah dibuat oleh menejemen puncak maupun akan diterapkan kesemua jajaran dalam organisasi untuk pencapaian tujuan organisasi itu.
-
-Craig dan Grant
Strategi merupakan penetapan sasaran atau tujuan dalam jangka panjang.
-
-Pearce
Menurut Pearce Strategi mererupakan suatu rencana dari suatu perusahaan, yang akan mencerminkan kesadaran perusahaan mengenai kapan, dimana serta bagaimana harus bersaing dalam menghadapi lawan dengan maksud maupun tujuan tertentu.
-
-Carl Von Clausewitz
Stategi merupakan suatu pengetahuan terhadap penggunaan pertempuran agar dapat memenangkan sebuah peperangan. Dan perang itu sendiriialah akan kelanjutan dari politik.
-
-Morrisey
Strategi merupakan suatu proses untuk dapat menentukan arah yang harus dituju oleh perusahaan agar bisa tercapai oleh segala misinya tersebut.
-
-Rangkuti
Strategi merupakan alat untuk dapat mencapai suatu tujuan tertentu.
-
-Kaplan dan Norton
Menurut Kaplan atau Norton strategi ialah seperangkat hipotesis dalam model hubungan suatu cause atau effect yakni hubungan yang dapat diekspresikan dengan hubungan antara if dan then.
-
-Scholes dan Johnson
Strategi adalah arah atau ruang lingkup dari organisasi ataupun lembaga dalam jangka yang panjang. Yang akan mencapai keuntungan melalui suatu konfigurasi dari sumber daya dalam lingkungan, untuk memenuhi kebutuhan pasar.
-
-Halim
Halim mengemukakan suatu strategi yaitu cara dimana organisasi ataupun lembaga yang akan mencapai sebuah tujuan yang sesuai dengan peluang dan ancaman lingkungan eksternal yang akan dihadapi dan kemampuan internal serta sumber daya.
-
-Syafrizal
Strategi merupakan suatu cara untuk dapat mencapai tujuan berdasarkan analisa terhadap faktor internal maupun eksternal.
-
-Robinson
Menurut Robinson strategi merupakan rencana dari perusahaan, yang akan mencerminkan kesadaran suatu perusahaan tentang kapan, dimana serta bagaimana merka harus berlomba dalam yang akan menghadapi lawan dengan tujuan ataupun maksud tertentu.
Manajemen Strategi Adalah
Manajemen strategis adalah seni dan ilmu pelaksanaan, penyusunan dan pengevaluasi keputusan lintas sahashanashsa finisnya, manajemen strategis berfokus pada proses organisasi sebuah penetapan tujuan, Untuk mencapai pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mengalokasikan sumber daya untuk menegakkan kebijakan dan rencana untuk tujuan organisasi.
Pengertian Strategi Bisnis
Sebuah strategi bisnis bisa diartikan sebagai arah tindakan atau serangkaian keputusan untuk membantu pengusaha untuk mencapai tujuan tertentu dan merupakan kombinasi dari semua keputusan yang diambil oleh pengusaha demi tujuan bisnis dan mengamankan posisi kompetitif di pasar.
Strategi ini dapat digambarkan sebagai perencanaan bisnis jangka panjang. Sebagai aturan, itu akan mencakup jangka waktu sekitar 3-5 tahun (kadang bahkan lebih).
Sebuah strategi bisnis adalah tulang punggung untuk bisnis Anda karena itu seperti peta jalan yang mengarah ke tujuan yang diinginkan. Kesalahan dalam peta jalan ini dapat menyebabkan bisnis Anda akan hilang di tengah kompetisi bersaing untuk bisnis Anda.
Strategi ini berkaitan dengan sebuah masalah sumber daya utama. Misalnya, mengumpulkan dana untuk membangun pabrik atau pabrik baru. Strategi ini juga mengacu pada penentuan produk mana yang ditugaskan ke sumber daya utama. Sebagai contoh, ketika Coca-Cola memutuskan untuk membawa produk baru seperti Nutriboost ke Indonesia.
Perbedaan Strategi dan Taktik dan Contohnya
Strategi
- Definisi : Rencana, tugas, atau prosedur yang dapat dilakukan; Mungkin menjadi bagian dari strategi yang lebih besar.
- Perspektif : Luas, “gambaran besar”
- Waktu : Seiring waktu, jangka waktu yang lama, berorientasi pada masa depan.
- Contoh : Perencanaan kemana harus mengirim pasukan untuk memenangkan perang
Taktik
- Definisi : Rencana, tugas, atau prosedur yang dapat dilakukan; Mungkin menjadi bagian dari strategi yang lebih besar.
- Perspektif : Sempit, “gambaran dekat”
- Waktu : Segera atau sekarang
- Contoh : Bagaimana prajurit harus berlari dalam pola zig-zag untuk mengurangi kemungkinan ditembak
Strategi Dalam Bisnis
A. Ancaman Pendatang Baru
Dalam bidang industri, perusahaan yang akan membawa kapasitas baru serta ingin mendapatkan pangsa pasar yang laba maupun baik, namun itu semua sangat tergantung oleh suatu pada kendalan ataupun rintangan yang ada disekitarnya.
B. Daya Tawar Menawar Pemasok
Dalam suatu industri, pemasok juga dapat menjadi sebuah mancaman, sebab pemasok bisa saja menaikan harga produk yang dia jual ataupun juga dapat menguragi suatu kualitas produk. Bila harga produk pemasok baik maka harga pokok perusahaan itu juga akan ikut naik,nah, sehingga akan menaikan harga jual produk tersebut. Bila harga jual produk naik maka dengan kesesuaian hukum permintaan, permintaan akan turun juga. Begitu juga bila pemasok menrunkan kualitas produk, maka kualitas produk penghasil juga akan ikut turun, sehingga dapat mengurangi kepuasan pelanggan maupun konsumen.
C. Daya Tawar Menawar Pembeli
Pembeli akan selalu berusaha untuk bisa medapatkan suatu produk dengan kualitas yang sangat baik serta dengan harga yang terjankau murahnya. Sikap pembeli yang seperti ini akan berlaku secara universal serta memainkan peran yang cukup menentukan untuk perusahaan. Bila produk dinilai harganya jauh lebih tinggi dari kualitasnya (harga tidak akan mencerminkan yang semestinya) maka pembeli tidak akan membeli produk perusahaan tersebut.
D. Persaingan Antar Pesaing
Dalam persaingan, secara konvensional perusahaan lain mungkin saja akan membuat pansa pasar berusaha keras. Konsumen merupakana ojek persaingan dari perusahaan yang sejinis yang bermain di pasar tersebut. Siapa yang bisa memikat hati para pembeli atau konsumen maka perusahaan akan bisa memenangkan persaingan tersebut. Unutuk bisa memikat konsumen maka ada berbagai cara dilakukan oleh perusahaan dari memberikan kredit dengan syarat yang ringan, fasilitas khusus, serta memberikan harga diskon maupun murah.
Contoh Strategi
Contoh 1
Produsen obat tradisional (jamu), menggunakan:
Strategi untuk memenuhi keinginan masyarakat akan obat yang berkhasiat tinggi.
Taktik berupa penawaran harga yang murah, dalah jumlah pembelian tertentu akan mendapatkan kalender, dll.
Contoh 2
Strategi pemasaran yang bisa bikin produk cepat laku yakni buy 1 get 1.
Contoh : anda bisa menjual sabun cuci pakaian dan mengratiskan softener pada pelanggan.
Demikianlah artikel tentang Strategi : Pengertian Secara Umum, Menurut Para Ahli, Manajemen strategi Adalah, Strategi Bisnis, Perbedaan Strategi dan Taktik, Strategi Dalam Bisnis, Contohnya dari pengajar.co.id smeoga bermanfaat.