√Surat Lamaran Kerja : Pengertian, Cara Menulis, Syarat, Fungsi dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran pekerjaan meruapakan surat dari seseorang yang membutuhkan pekerjaan kepada orang yang bisa memberikan pekerjaan atau jabatan. Surat lamaran pekerjaan bisa diartikan sebagai surat dari calon karyawan kepada calon majikan yang berisi permintaan agar karyawan diberi pekerjaan oleh calon majikan. Surat lamaran pekerjaan umumnya bersifat formal atau resmi, misalnya surat untuk melamar pekerjaan menjadi karyawan atau jabatan tertentu sesuai dengan iklan yang ditawarkan.

√Surat Lamaran Kerja : Pengertian, Cara Menulis, Syarat, Fungsi dan Contohnya

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Benar

Bagi orang yang ingin melamar kerja cara penulisan amplop surat lamaran kerja sangatlah penting, baik itu format penulisan maupun alamat pada amplop surat lamaran yang dituju. Selain itu desain dan kemasan dari amplop juga harus diperhatikan untuk mengatur tata letak dan cara penulisannya.

a). Kerapihan dan Kebersihan

Ini menjadi hal yang utama pada saat kamu menulis amplop di surat lamaran sebab hal ini bisa memberikan penilaian bagi perusahaan kepada kamu Sebuah amplop yang kusam dan berlipat-lipat akan menggambarkan karakter dari diri kamu sebagai pelamar kerja. Untuk itu kerapihan dan kebersihan sangat penting dan perlu diperhatikan.

b). Menulis identitas diri secara lengkap

mengisi identitas diri secara lengkap harus diperhatikan untuk memudahkan perusahaan memberikan informasi kepada kamu sebagai pelamar baik itu informasi terkait panggilan interview, informasi kelulusan tes maupun informasi yang lainnya.

c). Tujuan surat

dapat dibayangkan jika kamu mengirim surat lamaran tanpa mencantumkan tujuan kemana surat tersebut akan dikirim? dapat dipastikan surat tersebut tidak akan sampai ke tujuan. Jadi, penting untuk menuliskan alamat tujuan secara lengkap dan jelas agar memudahkan dalam mengirim surat lamaran kamu.

Syarat-Syarat Surat Lamaran Kerja

Berikut dibawah ini beberapa syarat yang harus dilakukan ketika membuat surat lamaran kerja

1). Surat lamaran harus memakai bahasa indonesia yang baik.
2). Surat lamaran ditulis tangan yang rapi.
3). Surat lamaran ditulis dengan bahasa yang sopan dan simpatik
4). Surat lamaran harus berisikan hal-hal tentang identitas pelamar, riwayat pendidikan, maksud pelamar dan lampiran.

Fungsi Surat Lamaran Kerja

dibawah ini beberapa fungsi surat lamaran kerja yaitu :

1). Sebagai bukti tertulis atas pengajuan surat permohonan pekerjaan

Melalui surat lamaran ini, pelamar menulis langsung identitasnya, dan lampiran yang berupa ijazah sebagai bukti telah lulus sekolah, fotokopi KTP, foto, dan riwayat hidup. Selain itu, tanda tangan sebagai bentuk pertanggung jawaban penulis terhadap yang ditulisnya.

2). Sebagai media atau alat komunikasi

di surat lamaran ada beberapa lampiran, seperti KTP, ijazah terakhir, pengalaman bekerja, dan lain-lain. Bagian penerima lamaran akan dengan jelas mengetahui identitas sang pelamar, ijazah terakhir, dan pengalaman bekerja dari surat lamaran yang diberikan pelamar kepada perusahaan melalui perwakilannya.

3). Sebagai bahan pertimbangan penerimaan pekerjaan

umumnya perusahaan yang memerlukan pegawai baru dengan jabatan yang cukup penting pada istansi atau perusahaan tertentu mempunyai banyak pertimbangan bahkan tes demi tes dilakukan secara ketat untuk mempekerjakan calon pegawai yang lebih berkualitas.

Contoh surat lamaran kerja

jakarta, 20 juni 2014

Hal : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 1 berkas

Kepada : Yth. Kepala bagian personalia
PT kopi-ireng
jalan kusuma bangsa semarang
di tempat

Dengan hormat

Saya yang bertanda tangan :

Nama                                      : Budi Santoso.
Tempat tanggal lahir           : Semarang, 12 april 1988.
Pendidikan terakhir             : SMK N 8 jakarta teknik mesin.
Status                                      : Belum Kawin.
Alamat                                    : Jln. melati no 5 semarang.
no HP                                      : 0823456712

Saya bertujuan mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan Bapak/Ibu pimpin. Saya mempunyai pengalaman sebagai seorang teknisi dibidang mesin di perusahaan mesin terkemuka di kota jakarta

untuk pertimbangan Bapak/Ibu bersama surat ini saya lampirkan.

1. Daftar riwayat hidup.
2. Fotocopy ijazah pendidikan terakhir.
3. Fotocopy SKCK dari kepolisian.
4. Fotocopy Kartu identitas.
5. Surat pengalaman kerja.( bila ada )
6. Pas foto ukuran 4×6 .

Demikian surat lamaran ini saya ajukan. Besar harapan saya bisa diterima bekerja diperusahaan Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian serta waktu yang di berikan saya ucapkan banyak sekali terima kasih.

Hormat saya

( tanda tangan )

Budi Santoso

 

Demikianlah artikel tentang √Surat Lamaran Kerja : Pengertian, Cara Menulis, Syarat, Fungsi dan Contohnya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Jenis Talak : Pengertian, Hukum, Rukun dan Macam
Lihat Juga:   √ Jenis-Jenis Kenakalan Remaja : Pengertian, Faktor, Dampak, Cara Mengatasi dan Contohnya
Lihat Juga:   √ Contoh Teks Tantangan : Pengertian, Ciri, Struktur, Kaidah dan Contohnya
Lihat Juga:   √Trombosit : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Batasan Fungsi, Struktur dan Proses Terbentuknya