√ Konsep Dasar Geografi : Ruang Lingkup, Struktur dan Aspeknya

Diposting pada

Ruang Lingkup Geografi

Secara garis besar, terdapat 3 lingkungan yang juga diwadahi dalam ilmu Geografi yakni:

  • Lingkungan Fisik
  • Lingkungan Biologis
  • Lingkungan Sosial

√ Konsep Dasar Geografi : Ruang Lingkup, Struktur dan Aspeknya

Struktur Ilmu Geografi

Secara garis struktur Ilmu geografi, terdapaat 3 cabang utama yakni:

  • Geografi Fisik
  • Geografi Manusia
  • Geografi Teknik

Kalian pasti sudah banyak mengetahui penjelasan masing masing. Geografi fisik itu dapat berhubungan dengan sesuatu yang akan berwujud (fisika) yang merupakan yang ada di alam kita . Geografi manusia itu tentang sosial-life manusia,lalu sedangkan geografi teknik itu tentang keahlian teknis dalam mempelajari suatugeografi seperti pemetaan, pengindraan jauh, atau yang lainnya.

Aspek Aspek Geografi

Selain ilmu penunjang geografi,ada juga ruang lingkup geografi yang sering dikenal adanya aspek aspek geografi yakni:

a.Aspek Topologi seperti letak, luas, bentuk ataupun batas
b.Aspek Non biolotik seperti tanah, air,maupun iklim
c.Aspek biotik seperti manusia, hewan atau tanaman
d.Aspek Sosial contoh tradisi, adat, masyarakat, kelompok, lembaga sosial
e.Aspek Ekonomi seperti industri, perdagangan, perkebunan
f.Aspek Budaya seperti pendidikan, agama, bahasa, ataujuga kesenian
g.Aspek Politik contohnya model pemerintahan ataupun partai politik

Konsep Konsep Geografi

Ada 8 macam macam konsep geografi. Kita ketahui bahwa pengertian studi geografi merupakan suatu studi keruangan tentang gejala gejala geografi.

1). Konsep Lokasi

Konsep lokasi yang mempunyai kaitan dengan kedudukan suatu objek di permukaan Bumi yang dapat digambarkan dengan lokasi absolut atau lokasi relatif.
Pengertian lokasi absolut dalam geografi merupakan dimana lokasi yang akan ditunjukkan berdasarkan suatu garis lintang ataupun juga garis bujur sistem koordinat.

lalu Sedangkan lokasi relatif berdasarkan suatu kedudukan objek dengan objek yang lainnya. misalnya Kota Makassar yang dimana berada di Provinsi Sulawesi Selatan, posisi tersebut dapat berubah tergantung waktunya.

2). Konsep Jarak

Konsep jarak mengenal adanya 2 jarak yakni jarak relatif atau juga jarak absolut. Pengertian Konsep jarak ialah suatu ukuran ruang diantara objek.

Pengertian jarak absolut alah jarak yang diukur dengan satuan panjang yang resmi.lalu Sedangkan jarak relatif meruakan jarak yang akan diukur tidak berdasarkan satuan panjang.

3). Konsep Aksesibilitas

Pengertian konsep aksesibilitas merupakan suatu kemudahan untuk dapat menjangkau suatu objek yang telah dimaksud. Adaa beberapa hal yang akan memengaruhi aksesibilitas dalam geografi seperti medan, jarak, atau juga ketersediaan sarana transportasi.

4). Konsep Pola

Pengertian konsep pola dalam geografi meruakan dimana susunan ataupun persebaran fenomena pada ruang muka bumi.

misalnya, kondisi topografi suatu wilayah akan selalu banyak mempengaruhi pola permukiman serta struktur geologi pada daerah aliran sungai yang akan mempengaruhi pola aliran sungai.

5). Konsep Morfologi

Pengertian konsep morfologi dalam geografi adalah bentuk muka bumi yang terjadi akibat proses alam atau juga dipengaruhi oleh aktivitas manusia. misalnya konsep morfologi dalam geografi merupakan bahwa morfologi suatu wilayah di permukaan Bumi akan selalu dipengaruhi oleh suatu tingkat erosi, jenis batuan, penggunaan lahan, atau juga proses proses geologi. Konsep morfologi juga dapat mempengaruhi keberadaan manusia yakni dimana dalam masalah penggunaan lahan.

6). Konsep Aglomerasi

Pengertian konsep aglomerasi merupakan dimana kecenderungan pengelompokan fenomena suatu objek pada suatu wilayah. misalnya konsep aglomerasi dalam geografi merupkan suatu daerah KI atau kawasan Industri seperti KIMA atau juga pengelompokkan komunitas penduduk berdasarkan daerah asal ataupun juga profesi. misalnya perumahan maupun perkampungan CINA, perumahan dosen atau seterusnya.

7). Konsep Nilai Kegunaan

Pengertian konsep nilai kegunaan dalam geografi merupakan suatu manfaat maupun keungguan yang telah dimiliki suatu wilayah atau tempat. Nilai kegunaan itu sendiri bersifat relatif karena nilai kegunaan akan sangat berbeda beda untuk tiap subjek yang dimana memakainya. Selain oleh subjek, nilai kegunaan itu sendiri akan relatif akibat waktu, serta jenis penggunaannya.

misalnya, daerah pesisir pantai Bali yang mempunyai ombak tinggi akan mempunyai nilai kegunaan lebih apabila digunakan untuk lokasi wisata selancar.

8). Konsep Interaksi dan Interpendensi

Pengertian konsep interaksi atau interpendensi merupkan kenyataaan tentang keberadaan suatu wilayah yang akan memengaruhi wilayah yang lainnya atau suatu wilayah tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri.

Akibat dari adanya konsep interaksi atau interpendensi dalam geografi merupakan sering terjadinya perdagangan, migrasi, eksport import serta komunikasi antar wilayah.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang √ Konsep Dasar Geografi : Ruang Lingkup, Struktur dan Aspeknya semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Data dan Informasi : Pengertian, Ciri, Fungsi dan Perbedaannya
Lihat Juga:   √ Cerita Rakyat Jawa Barat : Asal Usul Kota Bandung
Lihat Juga:   √ Penyakit Pada Sistem Gerak : Pengertian Beserta Penyebabnya
Lihat Juga:   √Analisis Sistem : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Tahapan dan Contohnya