√Contoh Prosa : Pengertian, Jenis dan Cirinya

Diposting pada

Pengertian Prosa

Prosa merupakan karya sastra yang akan berbentuk juga tulisan bebas.ini akan Bersifat bebas yang artinya dalam prosa tidak akan terikat dengan aturan-aturan tulisan seperti rima, diksi, irama,atau yang dll. Makna kata dalam prosa yang sifatnya denotative ataupun akan mengandung makna yang sebenarnya. Jika pun akan terdapat kata-kata kiasan, mereka hanya menjadi ornament yang ada di beberapa bagian untuk dapat menekankan ataupun memperindah tulisan dalam prosa tersebut. Kata kias dalam prosa juga akan berfungsi sebagai ornament, tidak seperti puisi yang akan sebagian besar akan menggunakan kata konotasi ataupun kata kiasan juga sehingga yang akan membutuhkan penafsiran secara cermat.

Jenis-Jenis Prosa

1).Prosa Lama

Prosa Lama merupakan bentuk karya sastra yang belum akan dipengaruhi oleh kebudayaan barat. Prosa lama ini asal mulanya yang akan disampaikan secara lisan karena pada saat itu belum mengenal tulisan. Setelah agama ataupun juga kebudayaan islam masuk ke Indonesia, masyarakat lalu mulai akan mengenal tulisan. Berikut ini merupakan bentuk-bentuk prosa lama :

a.Hikayat

Hikayat merupakan karya fiktif ayang tidak akan masuk akal yang akan menceritakan tentang kehidupan para peri, pangeran, putri kerajaan, dewi serta raja-raja yang akan memiliki kekuatan gaib yang sangat luar biasa. Contoh hikayat antara lain Hikayat Hang Jebat, Hikayat Raja Bijak atau yang lain sebagainya.

b.Sejarah

Sejarah (Tambo) merupakan bentuk prosa lama yang akan berisi tentang cerita yang akan diambil dari peristiwa sejarah. Cerita dalam sejarah dapat dibuktikan bahwa dengan fakta. Selain itu juga berisikan peristiwa sejarah, sejarah juga berisi tentang silsilah raja.yang Contohnya sejarah yang antara lain: Sejarah Melayu karya datuk Bendahara Paduka Raja alias Tun Sri Lanang yang akan ditulis pada tahun 1612.

c.Kisah

Kisah merupakan cerita tentang perjalan ataupun juga pelayaran seseorang dari suatu tempat ke tempat yang yang lainnya.Contoh kisah yang antara lain :Kisah Perjalanan Abdullah ke Negeri Kelantan atau juga Kisah Abdullah ke Jedah.

2).Prosa Baru

Prosa baru merupakan karangan prosa yang akan muncul setelah mendapat yang akan pengaruh dari sastra ataupun budaya barat. Berikut ini ialah bentuk-bentuk prosa baru:

a.Roman

Roman merupakan bentuk prosa baru yang akan menceritakan kehidupan pelaku utama dalam suka dukanya. Roman ini akan menceritakan tentang kehidupan pemeran yang utamanya dari anak-anak hingga dewasa ataupun bahkan sampai meninggal dunia. Berdasarkan kandungan isinya, roman juga dibagi menjadi beberapa macam yakni roman trasendensi, sosial, sejarah, psikologis, maupun detektif. Berikut ini merupakan contoh roman: Layar berkembang oleh Sutan Takdir Alisyahbana, Neraka Dunia oleh Adinegoro, Surapati oleh Abdul Muis, Belenggu oleh Armijn Pane, Kasih Tak Terlerai oleh Suman HS atau yang lain sebagainya.

b.Novel

Novel merupakan bentuk prosa baru yang akan melukiskan sebagian kehidupan pelaku yang pada utamanya yang akan terpenting, paling menarik, atau yang mengandung konflik. Contoh novel antara lain yaitu: Ave Maria oleh Idrus, Perburuan oleh Pramoedya Ananta Toer, Ziarah oleh Iwan Simatupang, Surabaya oleh Idrus dan masih banyak yang lainnya.

c.Cerpen

Cerpen merupakan bentuk prosa baru yang akan menceritakan sebagian kecil kehidupan tokohnya yang akan terpentingt ataupun paling menarik. contoh cerpen yang antara lain yakni: Radio Masyarakat oleh Rosihan Anwar, Bola Lampu oleh Asrul Sani, atau yang lain sebagainya.

Ciri-Ciri Prosa

Kita dapat mengenal suatu karya sastra dari karakteristiknya. Adapun beberapa ciri-ciri prosa ialah sebagai berikut yakni:

a. Bentuknya Bebas

Seperti yang akan dijelaskan pada pengertian prosa di atas, bentuk prosa tidak akan terikat oleh baris, bait, suku kata, ataupun irama.yang pada Umumnya bentuk prosa merupakan rangkaian kalimat yang akan membentuk paragraf,yang misalnya dongeng, hikayat, atau yang lainnya. Prosa dapat disajikan dalam bentuk tulisan maupun secara lisan.

b. Memiliki Tema

Setiap prosa pasti memiliki tema yang akan menjadi dasar dalam cerita dan merupakan pokok bahasa yang di dalamnya.

c. Mengalami Perkembangan

Prosa akan selalu mengalami perkembangan karena akan dipengaruhi oleh sebuah perubahan yang ada di masyarakat.

d. Terdapat Urutan Peristiwa

yang Biasanya di dalam prosa terdapat alur cerita yang akan menjelaskan urutan peristiwa. Alur peristiwa tersebut ada yang akan berbentuk alur mundur, maju, ataupun campuran.

e. Terdapat Tokoh di Dalamnya

Seperti sama halnya dengan karya sastra lain, di dalam prosa terdapat tokoh, baik itu manusia, hewan, maupun tumbuhan.

f. Memiliki Latar

Di dalam prosa juga terdapat latar pada masing-masing kejadian, baik itu latar tempat, waktu, maupun juga suasana.

 

Contoh Prosa

Hujan

Air yang perlahan lahan jatuh dan menjadikan percikan-percikan kecil di tanah yg tadinya kering,

Suara gemericik air yang seolah olah berirama.
Aroma tanah yang akan terkena hujan ataupun aku lebih suka menyebutnya bau hujan yang sangat menenangkan.

Aku memilih diam dan hanya menatap keluar jendela menikmati hujan yg turun, dengan atau tanpa pikiran yg entah dimana keberadaannya. Karena sepertinya itu yang lebih baik dilakukan daripada aku harus menghambur keluar dan membuat tubuhku terguyur hujan, seperti yang dulu sering aku lakukan ketika hujan, karena ketika itu hujan selalu mampu menyembunyikan air mata yang jatuh begitu deras bersama derasnya hujan. Tetapi bukankah sekarang lebih baik tersenyum menikmati hujan yang turun walaupun hati dan pikiran ingin menumpahkan semua bersama hujan? Biarkan semua tumpah dalam diam.

Ternyata aku begitu mencintai hujan.
Hujan yang pernah menahanmu, menahan kita untuk tetap berada di satu tempat itu walaupun tak ada lagi alasan kita untuk tetap duduk disana, tapi hujan memberikannya alasan.
Hujan yang pernah membuat aku medengar suaramu lebih lama,
Hujan yang pernah membuat aku melihat senyum dan tawa lebarmu lebih jelas karena aku selalu menyukai ujung mata yg berkerut itu ketika tersenyum lebar dan matamu yang semakin menyipit ketika tertawa.
Hujan yang membuat ku mengerti bahwa km orang yg sangat mensyukuri kedatangannya dan membenci mereka yg mengutuki turunnya hujan.
Mungkin km juga mencintai hujan sama sepertiku walaupun dengan alasan yang berbeda.

Demikianlah artikel tentang √Contoh Prosa : Pengertian, Jenis dan Cirinya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   Listrik Dinamis
Lihat Juga:   √ Alat Optik : Pengertian, Macam dan Fungsi
Lihat Juga:   Apresiasi Adalah
Lihat Juga:   √ Definisi Berita : Definisi, Jenis, Ciri, Fungsi dan Unsur