√Kalimat Efektif: Pengertian, Syarat, Prinsip, Ciri, Jenis Contohnya

√Kalimat Efektif: Pengertian, Syarat, Prinsip, Ciri, Jenis Contohnya
4.8 (95.68%) 37 votes

Pengertian Kalimat Efektif

kalimat yang akan disusun juga berdasarkan kaidah-kaidah yang berlaku disebut juga ialah kalimat efektif, seperti contoh unsur-unsur penting yang harus dimiliki setiap kata ; jika kita memperhatikan pengejaan yang akan disempurnakan; serta bagaimana cara memilih kata yang tepat dalam kalimat tersebut.oleh karena itu, Kalimat yang harus memenuhi kaidah-kaidah tersebut dengan jelas akan mudah dipahami oleh pembaca.

kalimait efektif adalah

Terdapat juga pendapat dari pengertian kalimat efektif, yakni: Kalimat yang baik karena apa yang dipikirkan maupun dirasakan oleh si pembaca itu dapat diterima atau dipahami oleh pendengar sama benarnya dengan apa yang dipikirkan maupun dirasakan oleh si penulis.

Selain itu juga terdapat beberapa pengertian lain: contoh-contoh tersebut dalam komunikasi. Efek yang akan dimaksudkan di sini adalah kejelasan informasi. Kalimat efektif tidak akan menggunakan kata-kata bertele-tele,akan tetapi juga tidak kekurangan kata.

Syarat-Syarat Kalimat Efektif

a. Sesuai EYD

Sebuah kata kalimat efektif haruslah menggunakan pengejaan atau pun tanda baca yang tepat. Kata baku pun mesti menjadi perhatian agar tidak akan sampai kata yang kamu tulis ternyata tidak tepat pengerjaan nya.

b. Sistematis

Sebuah kalimat yang paling sederhana ialah yang akan memiliki susunan subjek maupun predikat,lalu kemudian tambahkan dengan objek, pelengkap, maupun keterangan. Sebisa mungkin gunakan mengefektifkan kalimat,setelah itu, buatlah kata kalimat yang urutannya tidak memusingkan. Jika memang tidak ada penegasan, subjek atau predikat harus
berada diawal kata kalimat

c. Tidak Boros atau Bertele-tele

Jangan sampai ada kalimat yang kalian buat terlalu banyak atau membuang-buang kata dan terkesan bertele-tele.jika kita Pastikan susunan kalimat yang kalian rumuskan pasti dan ringkas agar orang-orang yang akan membacanya akan mudah menangkah gagasan yang kalian tuangkan.

d. Tidak terlalu Ambigu

Syarat kalimat efektif yang terpenting ialah, kalimat efektif menjadi sangat penting untuk dapat menghindari pembaca dari multiftafsir. Dengan demikian, susunan kata yang ringkas, sistemastis, ataupun sesuai kaidah kebahasaan : pembaca tidak akan kesulitan untuk dapat mengartikan ide dari kalimat kalian sehingga tidak akan ada kesan ambigu.

Prinsip-Prinsip Kalimat Efektif

1. Kesepadanan

Setiap kata kalimat efektif harus memiliki kesepadanan bentuk kata. dengan demikian itu, unsur – unsur kalimat, contohya S, P, O, K dan Pel yang akan mendukung ataupun membentuk kesatuan kalimat.

Contohnya adalah

kakak ke pasar kemarin. (Tidak efektif)
dika pergi ke bank kemarin. (Efektif)

dina menggoreng malam mini, (Tidak efektif)
Budi memakan mie tek tek mala mini. (Efektif)

saya melihat yudi juga melihat Andi di pasar. (Tidak efektif)
saya dan yudi melihat Andi di pasar. (Efektif)

2. Penggabungan Kalimat

Suatu kata kalimat juga dapat dikatakan kalimat efektif, jika informasi yang akan terkandung tersusun dengan terpadu dan tidak terpecah – pecah.dengan demikian, Hal ini juga dicirikan dengan kata kalimat tersebut dikarenakan yang tidak bertele – tele atau tidak akan menggunakan kata daripada dan tentang di antaranya predikat atau objek.

Contohnya adalah

pertemuan kali ini membahas tentang permasalahan – permasalahan yang terjadi. (Tidak efektif)
pertemuan kali ini membahas permasalahan – permasalahan yang trjadi. (Efektif)

kita harus dapat memberikan kepada Andi buku itu. (Tidak efektif)
kita harus memulangkan buku Andi. (efektif)

3. Kelogisan

Kalimat efektif harus logis.apa Yang dimaksud dengan kelogisan adalah kalimat tersebut harus memiliki ide yang masuk akal dan mudah dipahami oleh semua orang pembaca.

Contohnya adalah

Kepada Pak rt, waktu dan tempat kami diperbolehkan. (Tidak efektif)
Kepada Pak rt, kami perbolehkan untuk penyampaian pidatonya. (Efektif)

Untuk menghemat waktu, mari langsung kita mulai acara ini. (Tidak efektif)
Untuk menghemat waktu, mari kita mulai acara ini. (Efektif)

Ciri-Ciri Kalimat Efektif

Untuk dapat membuat kalimat efektif akan mudah asalkan sudah memahami ciri-ciri suatu kata kalimat dikatakan efektif dengan demikian, Berikut ini adalah 5 ciri-ciri sehingga suatu kata kalimat efektif.

1. Keseimbangan Struktur

Hal yang 1 harus diamati adalah kelengkapan struktur dan penggunaan nya. Inilah yang akan dimaksud dengan keseimbangan struktur. setelah itu, Ada beberapa hal yang akan menyangkut ciri-ciri yang satu ini.

a. Pastikan kalimat yang akan dibuat mengandung unsur-unsur klausa minimal yang akan lengkap, yaitu subjek atau predikat.
b. Jangan kita taruh kata di depan subjek karena akan mengacaukan pelaku di dalam kalimat tersebut.

2. Penghematan Kata

Karena itu salah satu syarat-syarat kalimat efektif yaitu singkat atau jelas,dengan demikian, kalian tidak diperbolehkan untuk menyusun kata-kata yang bermaksud sama di dalam sebuah kata kalimat. Ada 2 hal yang akan kemungkinan kalimat membuat kalimat yang boros sehingga tidak efektif. Yang 1 akan menyangkut kata jamak atau yang 2 mengenai kata-kata persamaan. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini adalah contoh mengenai kesalahan dalam kata jamak dan persamaan yang akan9 menghasilkan kalimat tidak efektif.

Contoh Kata Jamak:
para mahasiswa sedang mengerjakan soal ujian masuk perguruan tinggi. (tidak efektif)
mahasiswa sedang mengerjakan soal ujian masuk perguruan tinggi. (efektif)

Ketidak efektifan akan terjadi karena adanya kata para merujuk pada jumlah jamak, sementara mahasiswa juga mengarah pada jumlah

siswa yang lebih dari 1. Jadi setelah itu, hapus salah satu kata yang merujuk pada hal jamak tersebut.

5. Contoh Kalimat Efektif

a.Karena terlambat makan, dia terkena serangan penyakit.
b.dina memakai celana pendek.
c,Sesudah diperhatikan dan dihayati pancasila harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
d.soal itu sangat mudah bagi saya.
e.Semua siswa-siswi harus membayar uang sekolah sebelum tanggal 24 desember 2016.

Jenis-Jenis Kalimat Efektif

Kalimat yang akan kita gunakan sehari-hari ataupun untuk kepentingan umum memiliki macam yang perlu kita ketahui sebagai penempatan yang baik dan benar. Berikut ini macam-macam kalimatnya :

1. Berdasarkan Isi atau informasi

a. Kalimat Berita
Kalimat berita adalah kata kalimat yang akan digunakan untuk memberikan informasi sesuatu. Biasanya diakhiri pada tanda titik

contohnya : banteng menyerang war dengan ganasnya.

b. Kalimat Tanya
Kalimat tanya mengharapkan jawaban sebagi respon maupun reaksi pemberitahuan informasi yang diharapkan, biasanya diakhiri pada

tanda tanya . kata tanya yang akandigunakan mengapa, bagaiana, apa, dimana dsb. Contoh kalimat tanya adalah bagaimana proses motor itu?

c. Kalimat Perintah
Kalimat yang bertujuan untuk mengintruksikan seseorang untuk melakukan sesuatu.kata Kalimat perintah biasanya diakhiri pada

tanda seru. dengan demikianitu, jika diakatan langsung atau lisan biasanya akan ditandai dengan intonasi tinggi. Contoh :

ambilkan laptop saya di kamar !

d. Kalimat Ajakan
Kalimat ajakan ialah kalimat yang mengadu minat lawan bicara. Kata yang sering digunakan adalah Ayo, Mari dsb. Biasanya juga ada pada iklan. Contoh kalimat ajakan adalah ayo,pakai hp merek ini!

Demikian artikel tentang √Kalimat Efektif: Pengertian, Syarat, Prinsip, Ciri, Jenis Contohnya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat

Lihat Juga:   √Contoh Bibliografi : Pengertian, Jenis, Unsur, Fungsi, Manfaat dan Contohnya
Lihat Juga:   √ Ciri Pisces : Pengertian, Ciri, Struktur dan Klasifikasi
Lihat Juga:   √ Contoh Paragraf Induktif : Pengertian , Ciri dan Jenisnya
Lihat Juga:   √ Oligopoli Adalah : Pengertian, Jenis, Ciri, Kelebihan dan Kekurangan Pasar Oligopoli
/* */
Click to Hide Advanced Floating Content

Send this to a friend