√ RAM adalah : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Macam

Diposting pada

Pengertian RAM

Pengertian RAM (Random Access Memory) merupakan sebuah hardware yang berada di dalam komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara (memori) atau juga berbagai instruksi programnya.

Isi RAM ini juga dapat diakses secara acak dan tidak bisa tergantung pengaturan tata dimana letaknya. Data ada di dalam RAM yang dapat hilang ketika komputer dinon-aktifkan maupun juga daya listrik ke power supply ini dicabut dari perangkat tertentu.

√ RAM adalah : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Macam

Kapasitas RAM di dalam suatu komputer akan berpengaruh pada tingkat kecepatan proses data maupun loading di komputer tersebut. Sehingga proses penyimpanan data, membuka data, dan juga menjalankan program, akan semakin cepat sesuai dimana besarnya RAM komputer tersebut.

Fungsi RAM

Seperti yang disebutkan pada pengertian RAM di atas, fungsi RAM pada umummnya ialah untuk membaca atau juga menyimpan data. Berikut penjelasannya:

a. Membaca Data

Semua data maupun juga informasi yang akan disimpan di dalam harddisk dapat dibuka dengan lebih cepat karena peran dari RAm komputer. Coba jika bandingkan kecepatan loading membuka file maupun juga program saat pertamakali ini juga dapat diakses dengan saat file maupun program tersebut telah dibuka pada sebelumnya. Saat program maupun juga file dibuka, maka data dibaca dan juga disimpan dalam RAM sementara sehingga akan lebih cepat dibuka kembali ketika komputer ini belum di-shutdown.

b.Penyimpanan Sementara

RAM ini juga dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara saat program di dalam komputer yang sedang dijalankan. Jadi, ketika kita akan mengerjakan sesuatu,contonya membuat makalah, maka komputer ini akan menyimpan data sementara.

Namun, data tersebut harus disimpan secara permanen untuk bisa mencegah akan terjadinya kerusakan maupun juga kehilangan karena hal-hal tidak terduga. contonya ialah, listrik padam maupun juga tonjakan arus listrik yang tidak akan stabil.

Fungsi Dan Cara Kerja Memori RAM

Fungsi RAM sendiri merupakan sebagai komponen yang bisa membantu Processor untuk dapat mempercepat proses pengolahan data, data yang akan diproses yang terlebih dahulu disimpan dalam RAM atau juga pada saat processor akan membutuhkan data tersebut baru RAM ini akan mengirim data tersebut untuk di proses dengan proses pengiriman yang sangat cepat. jadi apabila sobat memiliki kapasitas penyimpanan RAM yang besar maka komputer sobat ini akan mampu memproses data lebih cepat juga. Dari sini sobat sudah bisa memahami pengertian dan juga fungsi RAM komputer,lalu kemudian bagaimana cara kerja RAM komputer ?

Cara kerja memori komputer yakni pada saat komputer pertama kali dihidupkan, Processor akan membutuhkan data yang juga tersimpan dalam storage untuk dapat diproses. pada Sementara itu Hard Disk sebagai tempat penyimpan data tidak akan mampu untuk dapat melayani permintaan pengiriman data dengan kecepatan yang tinggi, hal ini dikarenakan teknologi yang sering digunakan pada processor dan hard disk sangat berbeda. Processor dengan teknologi digital murni sementara Hard Disk akan menggunakan mekanis digital, hal ini menjadi masalah dan akan mengakibatkan “Bottle-Neck” yang sangat parah,lalu sehinggga dibutuhkan komponen lain untuk menjebatani yang keduanya yakni dengan menambahkan komponen RAM.

Macam – Macam Jenis RAM Komputer

Teknologi RAM ini sendiri semakin hari semakin berkembang pesat dan dibawah ini utopicomputers ini akan memberikan ulasan singkat mengenai macam – macam RAM komputer sesuai dengan teknologi yang digunakan.

a.DRAM

DRAM merupakan kependekan dari Dynamic Random Access Memory yakni sebuah jenis Memori RAM yang memiliki teknologi penyimpanan data secara terpisah dalam sebuah kapasitor, Agar data tidak hilang jenis RAM ini juga memerlukan penyegaran yang akan dilakukan oleh CPU. Untuk stukturnya Memori RAM ini didesign dengan menggunakan satu kapasitor atau satu transistor per bitnya, sehingga memiliki kepadatan yang tergolong lumayan tinggi.

b.SRAM

SRAM singkatan dari Static Random Access Memory yaitu jenis RAM yang didesign dengan tidak akan menggunakan kapasitor sehingga tidak bisa memerlukan penyegaran secara berkala, teknologi ini juga menghasilkan kinerja yang sangat cepat. akan juga tetapi biaya untuk dapat memproduksinya cukup besar, sehingga hanya digunakan untuk menangani bagian – bagian yang dianggap sangat penting saja.

c.EDORAM

EDORAM singkatan dari Extended Data Out Random Accses Memory yakni jenis memori RAM dengan teknologi penyimpanan dan juga pengambilan data yang bisa dilakukan bersama -sama, sehingga kemampuan untuk membaca dan menulisnya lebih cepat. memiliki bentuk yang lebih panjang dengan jumlah pin 72 pin. RAM jenis ini sangat cocok digunakan untuk semua komputer Pentium.

d.SDRAM

SDRAM singkatan dari Synchronous Dynamic Random Acces Memory merupakan jenis memori RAM yang memiliki kecepatan yang cukup tinggi hingga 100 – 133 Mhz. Jenis RAM ini meiliki 168 pin dengan kapasitas penyimpanan 16 MB hingga 1GB. SDRAM ini dapat diletakan pada slot jenis DIMM/SDRAM pada Motherboard.

e.RDRAM

RDRAM merupakan singkata dari Rambus Dynamic Random Acces Memory yakni jenis memori RAM dinamis sinkron yang akan diproduksi oleh Rambus Corporation. Tidak semua motherboard mampu mendukung suatu memori ini karena teknologinya yang cukup canggih.

f.NVRAM

NVRAM singkatan dari Non-Volatile Random Access Memory yakni sebuah jenis RAM komputer yang akan dilengkapi dengan baterai Litium,lalu, sehingga sobat dapat mematikan komputer, data yang akan tersimpan di memori tidak akan hilang.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang √ RAM adalah : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Macam smoga bermanfaat

Baca Juga :

Lihat Juga:   √ Legenda Adalah : Pengertian, Jenis dan Cirinya
Lihat Juga:   √Debat Adalah : Pengertian, Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya
Lihat Juga:   √ Prestasi : Pengertian, Dan Macam-Macam Prestasi Menurut Para Ahli
Lihat Juga:   √ Pengertian Bola Voli : Sejarah, Peraturan dan Tekniknya